Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi

Cara membersihkan cache di hp xiaomi memang menjadi salah satu cara yang mana sering digunakan ketika ponsel sering kali mengalami lag, ataupun lemot dan juga penurunan performa, sehingga menghambat para pengguna dalam menggunakan ponsel mereka. Seperti yang kita ketahui, cache sendiri merupakan sebuah file dari system android yang berguna untuk menyimpan segala memori, aktivitas, dan juga membuat loading daripada situs yang kita akses menjadi lebih cepat.

Untuk ukuran dari cache sendiri memang tidak begitu besar, namun ketika cache yang ada di smartphone sudah menumpuk, tentunya hal ini akan mempengaruhi dari bagaimana kinerja ataupun performa dari ponsel yang terganggu karena ruang penyimpanan ponsel sudah terisi dengan cache yang terus menumpuk. Selain berguna untuk menyimpan history atau riwayat aktivitas, cache juga bisa ditemukan pada beberapa aplikasi yang membuat ponsel menjadi lebih cepat ketika mengakses aplikasi yang diinginkan.

Read More

Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi

Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi
Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi

Maka dari itu, jika mungkin kamu mengalami masalah pada ponsel seperti yang disebutkan tadi, rasanya kamu bisa mengikuti cara membersihkan cache di hp xiaomi yang akan mimin bagikan berikut ini, karena memang untuk cara-caranya sendiri cukup beragam dan bisa kamu lakukan baik tanpa menggunakan aplikasi, ataupun aplikasi tambahan, seperti

Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi Per-Aplikasi

Langkah pertama adalah kamu bisa melakukan penghapusan cache untuk tiap aplikasi yang ada di hp xiaomi kalian. Tentunya, cara ini memang akan memakan waktu yang cukup banyak jika kamu harus menghapus satu persatu cache yang ada di smartphone kalian, namun cara ini bisa jadi pilihan ketika kamu ingin menghapus hanya untuk 1 aplikasi yang cachenya cukup besar.

Terkait:  Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca

Nah, untuk caranya juga mudah banget kok

  1. Buka pengaturan atau settings di hp xiaomi kalian
  2. Setelah itu kamu bisa masuk ke apps atau manager aplikasi
  3. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache nya
  4. Kemudian, kamu bisa klik pada storage and cache 
  5. Pilih pada tombol clear cache dan tunggu beberapa saat
  6. Terakhir, klik pada force stop atau tutup paksa lalu buka kembali aplikasinya

Cara ini memang sangat mudah untuk dilakukan, karena di sini kamu tidak memerlukan bantuan aplikasi tambahan apapun, namun kembali lagi cara ini hanya disarankan untuk kamu yang ingin menghapus sebagian cache dari aplikasi yang terinstall di smartphone kalian.

Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi lewat Cleaner Bawaan Xiaomi

Kemudian untuk cara yang kedua, jika kamu ingin menghapus keseluruhan cache dari aplikasi dan juga sistem yang ada di hp xiaomi kalian, di sini kamu bisa menggunakan aplikasi cleaner bawaan dari hp xiaomi, yang biasanya bisa kamu temukan pada ponsel xiaomi yang masih menggunakan ROM MIUI. Dan caranya juga mudah banget kok

  1. Buka aplikasi Cleaner Xiaomi yang biasanya ada di folder tools atau utilities dengan icon berupa perisai berwarna hijau
  2. Setelah itu, kamu bisa klik pada tombol Scan untuk system bisa mendeteksi aplikasi dan sistem apa saja yang memiliki cache yang besar
  3. Jika sudah, kamu bisa klik pada tombol clean now atau optimasikan sekarang
  4. Proses pembersihan cache ini biasanya akan memakan waktu kurang dari 1 menit saja
  5. Selesai

Seperti cara pertama tadi, untuk aplikasi cleaner bawaan ini sendiri memang sudah include pada tiap ponsel xiaomi yang kamu miliki, terlebih lagi jika kamu masih menggunakan ROM MIUI sehingga kamu tak perlu menambahkan aplikasi apapun.

Terkait:  Harga Xiaomi Redmi 7A Terbaru

Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi lewat Google Files

Selanjutnya di langkah yang ketiga kita akan bergeser sedikit menggunakan aplikasi Google Files. Dari namanya, mungkin kamu mengira jika aplikasi ini merupakan file manager atau file explorer dari Google. Namun ternyata, aplikasi ini merupakan sebuah cleaner yang dikelola oleh Google, untuk membersihkan file sampah di ponsel pengguna, termasuk juga cache tentunya.

Cara penggunaannya juga mudah banget kok

  1. Buka Google Play Store di hp xiaomi kalian dan setelah itu klik pada pencarian dan ketikkan Google Files
  2. Jika sudah ketemu, kamu bisa klik pada tombol Install dan tunggu sampai prosesnya selesai
  3. Setelah selesai kamu bisa klik pada tombol open atau membuka aplikasinya dari app drawer ponsel kalian
  4. Nantinya akan muncul perizinan, pilih saja Izinkan untuk Google Files dapat bekerja dengan semestinya
  5. Setelah selesai, kamu akan langsung di arahkan ke tampilan awal Google Files
  6. Nah di bagian awal ini kamu bisa melihat pada tab Junk Files beserta dengan besar ukurannya
  7. Klik pada Clean/Clear Now dan tunggu sampai prosesnya selesai
  8. Jika sudah, kamu bisa langsung restart perangkat untuk system melakuan penyesuaian

Selain membersihkan file cache dan juga junk files pada smartphone, aplikasi Google Files juga bisa digunakan untuk mendeteksi beberapa file yang memiliki ukuran besar, aplikasi yang tak digunakan, duplicate files, ataupun file lain yang memiliki ukuran lebih dari 1 GB dan harus di hapus.

Tentunya, aplikasi ini harus banget terinstall di smartphone xiaomi kalian.

Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi lewat CCleaner

Kemudian untuk cara selanjutnya di sini kamu bisa menggunakan aplikasi CCleaner yang mana memang sudah tersedia dalam bentuk mobile. Seperti yang kita tau, CCleaner sendiri merupakan aplikasi pembersih yang biasa digunakan pengguna komputer ataupun laptop untuk membersihkan file sampah yang ada di perangkat mereka, dan tentu saja untuk caranya juga mudah banget kok

  1. Buka Google Play Store dan cari CCleaner Mobile lalu klik pada tombol Install
  2. Jika sudah, kamu bisa tunggu sampai proses installasinya selesai dan buka aplikasi CCleanernya
  3. Nantinya kamu akan melihat daftar aplikasi yang terinstall di smartphone
  4. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cachenya, lalu klik pada opsi Clear Now untuk penghapusan cache
  5. Tunggu hingga prosesnya selesai.
Terkait:  Cara Agar HP Tidak Ngelag saat Bermain Game

Selain membersihkan cache pada smartphone, aplikasi CCleaner ini juga bisa kamu gunakan untuk menguninstall aplikasi yang ada di hp kalian, sehingga bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih daripada sebelumnya.

Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi lewat TWRP

Kemudian untuk cara terakhir, kamu juga bisa kok membersihkan file cache dari system xiaomi lewat TWRP. Namun perlu diingat ya, cara ini sendiri hanya bisa dilakukan untuk mereka yang sudah menginstall TWRP pada ponsel xiaomi mereka, dan caranya juga mudah banget kok.

  1. Matikan ponsel kamu sampai benar-benar ter-shut down
  2. Jika sudah, nyalakan ponsel dengan menekan tombol power + volume atas secara bersamaan
  3. Tunggu beberapa saat sampai kamu masuk ke mode TWRP, dan lepas kombinasi tombol tersebut
  4. Pada menu TWRP, kamu bisa klik pada opsi Wipe > Advanced Wipe
  5. Setelah itu kamu bisa memilih opsi Dalvik/Cache dan Cache dan lakukan Swipe to Wipe
  6. Tunggu hingga prosesnya selesai
  7. Terakhir, pilih reboot system

Dengan menggunakan cara ini, secara otomatis semua cache dari system xiaomi kamu akan terhapus dan tentu saja membuat kinerja ponsel semakin baik tentunya. Dan itulah tadi cara membersihkan cache di hp xiaomi yang bisa kamu coba. Silakan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

4.8/5 – (5 votes)

Related posts