Cara Menyembunyikan Aplikasi Xiaomi

Bicara tentang cara menyembunyikan aplikasi xiaomi, hal ini memang menjadi salah satu cara yang mana banyak ditanyakan oleh pengguna ponsel xiaom yang mana bisa mereka gunakan ketika ingin menyembunyikan beberapa aplikasi agar tidak bisa diakses orang lain, atau bahkan diketahui orang lain sehingga mereka yang meminjam ponselmu tak bisa menemukan aplikasi yang kamu sembunyikan tadi.

Tentunya hal ini juga berpengaruh ke bagaimana privasi para pengguna mengenai aplikasi yang mereka install. Karena memang, kadang ada beberapa aplikasi yang harus disembunyikan agar tidak dapat digunakan atau diakses oleh pengguna yang mungkin ingin meminjam ponsel kamu. Biasanya, hal ini juga sering dilakukan ketika di dalam aplikasi tersebut ada pembahasan chat atau obrolan yang terkesan sensitif sehingga mereka harus menyembunyikan aplikasi tersebut.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Xiaomi

Cara Menyembunyikan Aplikasi Xiaomi
Cara Menyembunyikan Aplikasi Xiaomi

Seperti yang kita tau, saat ini smartphone xiaomi memang menjadi gawai yang banyak digunakan, dengan beragam fitur. Tak sampai situ saja, cara menyembunyikan aplikasi xiaomi juga bisa kamu lakukan dengan beberapa pilihan metode yang cukup mudah untuk dilakukan, seperti.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Xiaomi lewat App Hider

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi atau apps di xiaomi adalah dengan menggunakan aplikasi App Hider. Buat yang belum tau, app hider ini merupakan aplikasi yang mana bisa digunakan pada hampir seluruh smartphone android yang belum di root. Sehingga, aplikasi ini jelas menjadi pilihan terbaik bagi para pengguna yang ingin menyembunyikan aplikasi di smartphone, dan caranya juga mudah banget kok.

  1. Silakan download terlebih dahulu aplikasi App Hider dari google play store dengan mengetikkan kata kunciApp Hiderdi kolom pencarian
  2. Setelah proses instalasi dan downloadnya selesai, kamu bisa membuka aplikasi App hider dari daftar aplikasi ataupun dari google play storenya langsung
  3. Jika sudah, kamu bisa klik pada tombol atau opsiAdd App
  4. Pada tampilan Add App, kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin kamu sembunyikan
  5. Jika sudah, kamu bisa klik pada opsicreate shortcutuntuk mengganti icon aplikasi menjadi shortcut yang mana bisa kamu klik ketika ingin membuka aplikasi yang kamu sembunyikan.
Terkait: Cara Merekam Layar Hp Samsung A12

Seperti yang mimin jelaskan tadi, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi baik pada smartphone xiaomi, ataupun untuk smartphone lain selain xiaomi. Dan tentu saja, dengan cara yang mudah ini, kamu bisa leluasa menyembunyikan aplikasi yang ingin kamu hide.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Xiaomi lewat App Lock

Kemudian untuk opsi kedua, kamu juga bisa menggunakan bantuan dari aplikasi App Lock yang mana menjadi salah satu aplikasi bawaan dari xiaomi di beberapa versi MIUI yang mendapatkannya. Seperti yang kita tau, aplikasi ini biasa digunakan untuk mengunci sebuah aplikasi baik dengan password, pola, ataupun pin, sehingga ketika pengguna membuka aplikasi yang kamu lock tadi, mereka harus memasukkan password yang sudah kamu buat sebelumnya.

Tapi ternyata, selain daripada fungsi utamanya tadi, kamu juga bisa kok menyembunyikan aplikasi dengan mudah, dengan menggunakan aplikasi App Lock, dengan cara.

  1. Masuk kepengaturanatausettingsdi smartphone xiaomi kalian
  2. Setelah masuk ke menu pengaturan, kamu bisa mencari menukunci aplikasidan klik pada menu tersebut
  3. Jika sudah, kamu bisa melihat daftar aplikasi mana saja yang ingin kamu lock atau kamu kunci
  4. Nah, untuk mengaktifkan fitur hide apps di sini, kamu bisa klik pada iconpengaturanatauicon geardi bagian pojok kanan atas
  5. Kemudian kamu bisa aktifkan pada opsiApl tersembunyiuntuk mengaktifkan fitur hide apps
  6. Setelah fitur Apl tersembunyi di aktifkan, kamu bisa lihat di bagian bawah yang bertuliskankelola aplikasi tersemubunyi
  7. Di dalam menu kelola aplikasi tersembunyi, kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu sembunyikan dari home screen
  8. Setelah memilih, kamu bisa tekan tombol back untuk kembali ke layar utama.
Terkait: Cara Menyimpan Gambar dari Google ke Galeri Hp Android

Walaupun cara ini terbilang mudah dan menjadi fitur bawaan dari ponsel xiaomi, namun ketika fitur apl tersembunyi di aktifkan, maka secara otomatis juga kamu tidak akan menemukan shortcut atau icon dari aplikasi yang kamu sembunyikan, sehingga jika kamu ingin membuka aplikasi yang kamu sembunyikan tadi, kamu bisa masuk ke bagian pengaturan seperti cara di awal tadi, lalu menghilangkan daftar aplikasi yang disembunyikan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Xiaomi lewat Ruang Kedua

Selanjutnya pada cara ketiga ini, kita masih akan memanfaatkan fitur bawaan dari xiaomi yang bernama ruang kedua atau second space, di mana fitur ini sendiri sebenarnya sering kali digunakan pengguna xiaomi untuk menduplikasi aplikasi ataupun memindahkan aplikasi ke ruang lain yang ada di ponsel mereka, namun kamu juga bisa loh menggunakan fitur ini untuk menyembunyikan aplikasi, caranya.

  1. Masuk kesetelanataupengaturandi hp xiaomi kalian masing-masing
  2. Setelah itu kamu bisa mencari menuruang keduaatausecond space
  3. Jika sudah masuk ke dalam ruang kedua, kamu bisa aktifkan fitur tersebut
  4. Setelah fiturnya aktif kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang akan masuk ke dalam ruang kedua kamu
  5. Dan langkah terakhir, kamu bisa memberi password untuk ruang kedua yang kamu buat tadi.
  6. Selesai.

Berbeda dengan cara yang sebelumnya, untuk cara ini sendiri sebenarnya tidak menyembunyikan aplikasi kamu secara menyeluruh, namun ketika pengguna membuka aplikasi yang kamu masukkan ke dalam ruang kedua tadi, mereka akan diminta untuk memasukkan password untuk bisa di arahkan ke ruang kedua yang kamu buat sebelumnya. Jadi, dengan cara ini kamu bisa bebas dan tetap aman ketika ada orang iseng yang berusaha untuk membuka aplikasi di perangkat kamu.

Terkait: Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi

Cara Menyembunyikan Aplikasi Xiaomi lewat Nova Launcher

Kemudian untuk cara yang terakhir adalah kamu bisa menggunakan bantuan dari Nova Launcher. Buat yang belum tau, Nova Launcher ini merupakan aplikasi launcher yang mana sering digunakan pada beberapa ponsel android untuk melakukan customisasi pada tampilan android mereka. Dan tentu saja, kamu bisa menyembunyikan aplikasi dengan cara yang mudah.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Nova Launcher di Google Play Store kalian
  2. Jika sudah, kamu bisa langsung menunggu proses installasinya selesai
  3. Kemudian, kamu bisa back ke tampilan home, lalu tekan tombolhomedi android kamu
  4. Nantinya kamu akan diminta untuk memilih launcher default untuk ponsel kamu, pilih sajaNova Launcherlalu klik pada opsiselalu
  5. Jika sudah, kamu bisa tap icon pada aplikasi yang ingin kamu hide, laluhilangkan centanagpada pilihanapps
  6. Secara otomatis, aplikasi yang kamu pilih tadi akan menghilang dan tersembunyi sehingga tidak dapat di akses
  7. Untuk mengembalikannya, kamu bisa masuk ke bagiannova settingsdengan caratap agak lamapada layar utama di android kamu, lalu pilihsettings
  8. Setelah masuk ke nova settings, kamu bisa klik padaapps
  9. Lalu, kamu bisa cari menuhide appsdan hilangkan centang pada aplikasi yang tersembunyi tadi
  10. Secara otomatis juga, aplikasi kamu akan muncul kembali ke layar utama android kalian
  11. Selesai

Dan itulah tadi cara menyembunyikan aplikasi xiaomi yang bisa kamu coba, silakan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts