Cara Agar HP Tidak Ngelag saat Bermain Game

Cara agar hp tidak ngelag saat bermain game memang menjadi pertanyaan yang saat ini banyak sekali ditanyakan para pengguna ponsel yang mana saat ini senang bermain game di ponsel, karena seperti yang kita ketahui juga, smartphone yang ada sekarang ini memiliki spesifikasi yang mana mendukung para pengguna untuk memainkan game di ponsel mereka, ntah itu game online, ataupun game offline.

Namun kadang kala, masalah yang sering dialami para pengguna smartphone ketika hendak bermain game di smartphone atau ponsel adalah kondisi lag atau lemot ntah itu patah-patah, crash, dan ponsel cepat panas. Dan biasanya, hal ini sering kali di alami para pengguna yang memainkan game online seperti mobile legends, free fire, pubg mobile, dan lain sebagainya.

Read More

Cara Agar HP Tidak Ngelag saat Bermain Game

Cara Agar HP Tidak Ngelag saat Bermain Game
Cara Agar HP Tidak Ngelag saat Bermain Game

Karena beberapa hal inilah tak jarang jika banyak pengguna yang menanyakan perihala cara agar hp tidak ngelag saat bermain game, yang tentu saja menjadi cara yang cukup banyak ditanyakan, serta menjadi alternatif bagi mereka yang ingin bermain game di smartphone mereka masing-masing.

Dan tentu saja, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan agar lebih lancar ketika bermain game di hp kalian masing-masing, seperti

1. Gunakan Gaming Mode

Untuk beberapa jenis smartphone yang saat ini kita temukan, hampir beberapa dari ponsel tersebut sudah memiliki fitur gaming mode atau mode gaming, yang mana bisa digunakan untuk pengguna ketika hendak bermain game, adapun untuk fitur gaming mode ini, akan membantu pengguna lebih fokus untuk bermain game tanpa gangguan dari notifikasi ataupun panggilan di hp mereka, dan untuk cara mengaktifkannya juga mudah banget kok.

  1. Masuk ke bagianpengaturanatausettingsdari ponsel kalian
  2. Setelah itu kamu bisa masuk kepengaturan lainnyaatauadvanced settings untuk mengakses fitur lain dari pengaturan ponsel
  3. Cari opsigaming modedan aktifkan fitur gaming mode dengan memindahkan toggle nya ke arahON
  4. Setelah itu, kamu bisa memilih game yang hendak kamu mainkan untuk masuk ke dalam daftargaming mode
  5. Selesai, kamu bisa langsung memainkan game di hp seperti biasa dengan gaming mode yang sudah ON
Terkait: Cara Menambah RAM

Nah, untuk cara ini sendiri gaming mode akan mengatur ponsel kamu berada di dalam mode tidak dapat diganggu atau fokus ke dalam game saja. Sehingga, ketika ada panggilan masuk ntah dari whatsapp ataupun telegram, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi yang mengganggu, sehingga kamu bisa bermain game tanpa gangguan sama sekali.

Namun kembali lagi, untuk fitur gaming mode ini tentu bisa ditemukan sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan. Ada yang mengharuskan kamu untuk masuk ke dalam pengaturan atau settings ponsel, ada juga yang sudah bisa langsung ditemukan di daftar aplikasi, ataupun dari quick tile di status bar. Jadi, sesuaikan saja dengan tipe ponsel yang kamu miliki ya.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Kemudian untuk cara yang kedua adalah kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang mana memang tidak dibutuhkan atau sudah tidak lagi digunakan di dalam smartphone kalian masing-masing.

Hal ini tentu sangat berpengaruh ke penyimpanan ponsel yang mana juga mempengaruhi bagaimana sebuah game dapat berjalan dengan lancar dan baik tanpa lag, ketika mereka mendapatkan ruang penyimpanan yang masih luas, sehingga tidak ada gangguan ketika game dijalankan.

Untuk uninstallnya sendiri, kamu bisa ikuti cara berikut ini

  1. Masuk ke bagianpengaturanatausettingsdari ponsel kalian
  2. Setelah itu, kamu bisa klik pada opsiaplatauaplikasiuntuk masuk ke manajemen aplikasi
  3. Kemudian, kamu bisa pilih pada aplikasi mana yang ingin kamu hapus karena memang sudah tak lagi digunakan
  4. Setelah itu, silakan coba buka game yang ingin kamu mainkan

Walaupun cara uninstall ini terbilang mudah, namun kamu harus benar-benar tau aplikasi apa saja yang ingin kamu hapus. Jangan sampai kamu salah menghapus aplikasi penting yang sebenarnya masih kamu gunakan di hp.

Terkait: Cara Mengganti Password Gmail yang Lupa

3. Hidupkan Mode Do Not Distrub

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu bisa menggunakan mode DND atau Do Not Distrub, yang mana memang akan mengubah pengaturan dari ponsel kalian, dalam bermain game sehingga tidak timbul masalah lag saat bermain. Dan caranya juga mudah banget kok

  1. Bukapengaturanatausetelan ponselkalian
  2. Setelah itu kamu bisa masuk ke menudo not distrubataumode dilarang ganggu
  3. Aktifkan mode tersebut dengan menggeser toggleONuntuk mengaktifkan mode DND tadi
  4. Jika sudah, silakan buka aplikasi game yang ingin kamu mainkan

Nah, untuk mode DND ini akan mengubah pengaturan sistem dari ponsel kalian, yang mana ketika kamu bermain game, tidak akan muncul notifikasi pop up yang biasa muncul di status bar, ataupun panggilan telpon whatsapp yang sangat mengganggu dan menyebabkan lag ketika bermain game.

4. Bersihkan Cache sebelum Bermain Game

Kemudian untuk cara yang keempat kamu bisa melakukan penghapusan cache terlebih dahulu pada aplikasi game yang ingin kamu mainkan. Di mana cara ini akan membuat storage atau penyimpanan dari game yang kamu mainkan jadi lebih lega, dan membuat sistem bisa melakukan penyesuaian agar game yang kamu mainkan tidak mengalami lag.

Caranya juga mudah banget kok

  1. Kamu bisa masuk ke pengaturan ponsel lalu pilih pada opsiaplikasi
  2. Cari game yang hendak kamu mainkan dan klik pada nama gamenya
  3. Kemudian jika sudah, kamu bisa masuk ke dalam opsistorage & cache
  4. Pada halaman storage dan cache, kamu bisa klik pada iconclear cachelaluforce stopataupaksa berhenti
  5. Jika sudah, silakan jalankan game kalian seperti biasa dan coba untuk bermain game
Terkait: Cara Membersihkan Cache di HP Vivo

Nah, selain lewat pengaturan tadi, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti Google Files, untuk melakukan pembersihan dari cache di seluruh sistem ponsel, ataupun junk Files yang membuat kinerja dari smartphone jauh lebih baik.

5. Gunakan Jaringan yang Stabil

Kemudian untuk cara yang terakhir adalah kamu bisa menggunakan jaringan yang lebih stabil. Sebab, kondisi lag pada game online yang dimainkan di hp ini sangat berpengaruh dari bagaimana jaringan yang mereka gunakan. Terlebih lagi, untuk beberapa pengguna yang masih menggunakan mobile data dari SIM Card sebagai jaringan utama mereka.

Di sini, kamu bisa memindahkan jaringan dengan menggunakan WiFi, dan juga menghidupkan mode pesawat terlebih dahulu. Memang, cara ini terdengar aneh sepertinya, namun ada beberapa ponsel yang sudah bisa loh menggunakan mode pesawat namun dapat menghidupkan wifi untuk terhubung ke jaringan yang lebih stabil, sehingga tidak terjadi lag saat bermain game online di hp.

Dan itulah tadi ulasan singkat mengenai cara agar hp tidak ngelag saat bermain game yang bisa kamu coba. Silakan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah untuk dilakukan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts