Cara Agar Telegram Tidak Lemot

Bagaimana cara agar Telegram tidak lemot? Telegram sekarang semakin populer sebagai aplikasi chatting online terbaik di dunia. Di Indonesia, jumlah penggunanya sudah mencapai puluhan juta orang dan nyaris aktif setiap hari.

Aplikasi Telegram bahkan punya beberapa keutamaan yang tidak dimiliki oleh saingannya, yakni WhatsApp sebagai aplikasi serupa. Kamu bukan sekadar saling balas pesan dan telepon, melainkan mampu menonton film apa saja dengan mengakses channel atau grup di dalamnya.

Walaupun semakin berkembang dan populer, sayangnya masalah seperti lemot dan lag kerap mengintai para penggunanya. Oleh karena itu, kamu harus mengatasinya dengan cara agar Telegram tidak lemot dengan benar.

Kamu bukan sekadar memperhatikan perangkat smartphone yang sedang digunakan. Pasalnya, aplikasinya tidak hanya membutuhkan RAM yang mumpuni saja, namun kebiasaan penggunanya untuk membersihkan semua obrolan jika sudah selesai berinteraksi dengan orang lain.

Cara Agar Telegram Tidak Lemot
Cara Agar Telegram Tidak Lemot

Penyebab Telegram Lemot

Ada beberapa alasan yang mengakibatkan aplikasi Telegram menjadi lemot. Kondisi ini tidak hanya disebabkan oleh pengguna HP dengan RAM kecil, tapi juga terdapat faktor-faktor lainnya. Simak beberapa penyebabnya di bawah ini:

  • Bergabung dengan Beberapa Grup
    Setiap orang pasti merasa senang jika bergabung dengan beberapa grup di Telegram. Akan tetapi, situasi ini justru tidak dianjurkan bagi kamu yang menggunakan HP dengan RAM sangat kecil. Jika grup tersebut sangat ramai dan tidak terlalu penting, sebaiknya kamu bisa keluar.
  • Chat yang Menumpuk
    Penyebab selanjutnya yang mengakibatkan aplikasi Telegram lemot adalah terlalu banyak chat menumpuk dan belum dibaca. Walaupun tampak sepele, semua obrolan tersebut bisa membuat sistem aplikasinya butuh waktu lama untuk membuat setiap chat untuk ditampilkan.
  • Data Cache Menumpuk
    Cache merupakan file sampah akibat hasil penggunaan suatu aplikasi atau website, termasuk Telegram. Tak bisa dimungkiri jika data tersebut dibiarkan menumpuk, biasanya aplikasi yang sedang dibuka akan menjadi lemot. Jadi, kamu harus hapus file cache Telegram setiap hari.
  • Banyak Download File Besar
    Seperti kami sampaikan sebelumnya bahwa Telegram punya keutamaan di mana kamu bisa download file dan data berukuran lebih besar, salah satunya film. Meski begitu, kamu tidak boleh mengunduh file nya terlalu sering guna menjaga performa aplikasinya tetap kencang.
  • Aplikasi Belum Diperbarui
    Penyebab terakhir yang mengakibatkan aplikasi Telegram lemot adalah kamu belum update ke versi terbaru. Jika kamu ingin meningkatkan kinerjanya, maka bisa perbarui aplikasinya melalui Google Play Store atau App Store sesuai dengan jenis smartphone yang digunakan.
Terkait: Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang

Cara Agar Telegram Tidak Lemot

Barangkali kamu masih belum tahu cara agar Telegram tidak lemot dan lag, sebaiknya ikuti dan simak informasi lengkapnya melalui artikel kami ini. Kamu sudah menyiapkan panduannya supaya kamu bisa meningkatkan kinerja dan performa aplikasinya lebih kencang dan stabil.

Jika kamu sudah tahu penyebab utama Telegram semakin lemot di atas, sebaiknya hindari bahkan hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga. Jika kurang maksimal, kamu harus tahu solusinya sesuai dengan ulasan kami selanjutnya.

Langkah 1: Buka Menu Pengaturan

Cara Agar Telegram Tidak Lemot
Cara Agar Telegram Tidak Lemot

Cara agar Telegram tidak lemot yang pertama adalah membuka menu Pengaturan atau Setting dari HP kamu. Jika sudah dibuka, geser ke bawah secara perlahan sampai muncul opsi Aplikasi atau Aplikasi dan Notifikasi, ketuk opsi tersebut.

Langkah 2: Tekan Telegram

Cara Agar Telegram Tidak Lemot
Cara Agar Telegram Tidak Lemot

Pada halaman Aplikasi dan Notifikasi, kamu akan melihat daftar aplikasi sistem dan unduhan yang sudah terpasang pada smartphone. Cari Telegram dengan menggeser layar ke bawah atau ketik nama aplikasinya ke dalam kolom pencarian yang tersedia.

Langkah 3: Klik Penyimpanan

Cara Agar Telegram Tidak Lemot
Cara Agar Telegram Tidak Lemot

Langkah selanjutnya adalah menekan tombol Penyimpanan atau Storage pada halaman Informasi Aplikasi. Selain itu, kamu pun dapat mengetuk opsi lain sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Langkah 4: Tekan Hapus Cache

Cara Agar Telegram Tidak Lemot
Cara Agar Telegram Tidak Lemot

Cara agar Telegram tidak lemot yang terakhir adalah menekan tombol Hapus Cache atau Clear Cache. Jika tombolnya sudah ditekan, tunggu beberapa saat sampai semua memori yang digunakan akan terhapus dan kembali menjadi 0 MB.

Cara Agar Telegram Tidak Lemot Lewat Hapus Chat

Chat yang menumpuk dan belum dibuka ternyata dapat mengakibatkan aplikasi Telegram semakin lemot, lho. Jika kamu ingin meningkatkan performanya, sebaiknya ikuti cara agar Telegram tidak lemot dengan hapus chat sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telegram dari HP kamu.
  • Cari dan pilih obrolan tidak penting yang ingin dihapus.
  • Kemudian, tekan dan tahan kolom obrolannya sampai muncul pemberitahuan di bagian atas.
  • Centang atau tekan logo tempat sampah yang berada di atas.
  • Jika muncul notifikasi konfirmasi, centang kolom Hapus juga untuk atau Also Delete for (Nama Kontak) (contoh: Also Delete for Budi).
  • Klik Hapus Obrolan atau Delete Chat.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai chat tersebut sudah terhapus secara otomatis.
Terkait: Penyebab RPM Mobil Karburator Naik Turun

Cara Agar Telegram Tidak Lemot Lewat Keluar Grup

Bagi kamu yang merasa aplikasi Telegram merasa sangat lemot, kemungkinan besar disebabkan oleh banyak grup di sana. Jadi, solusinya adalah keluar dari sebagian besar grup yang dirasa tidak penting lagi. Cara agar Telegram tidak lemot dengan keluar grup adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telegram melalui smartphone kamu.
  • Cari dan pilih grup yang ingin dihapus.
  • Berikutnya, tekan dan tahan kolom nama grup yang akan dihapus.
  • Jika muncul notifikasi, tekan logo tempat sampah yang berada di bagian atas layarnya.
  • Pada bagian Konfirmasi, klik Keluar Grup atau Exit Group.
  • Terakhir, grup tersebut akan hilang dari akun Telegram kamu.

Cara Agar Telegram Tidak Lemot Lewat Matikan Fitur Download Otomatis

Jika kamu menggunakan Telegram untuk sekadar mengunduh drama atau film Korea dan lainnya, sebaiknya jangan menggunakan fitur download otomatis karena mengakibatkan aplikasinya lemot. Jika sudah terlanjur, simak cara agar Telegram tidak lemot dengan nonaktifkan fiturnya di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telegram dari HP kamu.
  • Jika aplikasinya sudah dibuka, tekan tombol tiga garis horizontal yang berada di samping kiri atas.
  • Tekan Pilihan Lainnya atau More Options.
  • Klik Pengaturan atau Setting.
  • Pilih menu Data dan Penyimpanan atau Data and Storage.
  • Pada bagian Unduh Media Otomatis, matikan semua opsi yang berada dalam menu tersebut.
  • Terakhir, semua data dan file lainnya tidak akan terunduh secara otomatis lagi.

Cara Agar Telegram Tidak Lemot Lewat Update Aplikasi

Cara agar Telegram tidak lemot yang terakhir adalah dengan memperbarui aplikasinya. Bagi pengguna Android dan iPhone, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone) terlebih dulu.
  • Ketik Telegram pada kolom pencarian di bagian atas.
  • Klik Cari atau Search.
  • Jika sudah ketemu, klik Update pada aplikasinya.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai aplikasinya sudah diperbarui ke versi terbaru.
Terkait: Cara Mengatasi HP Restart Sendiri

Jika kamu masih merasa aplikasi Telegram lemot bahkan kurang responsif, maka bisa menggunakan salah satu cara agar Telegram tidak lemot dari kami di atas. Cek terlebih dulu penyebab utamanya agar kamu dapat menangani masalahnya dengan lancar. Selamat mencoba!

Related posts