Cara Membuka Situs yang Diblokir di Laptop

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Laptop

Cara membuka situs yang diblokir di laptop memang menjadi salah satu topik yang saat ini cukup banyak dicari pengguna ketika mereka ingin mengakses situs ataupun website dari browser mereka, namun terkena blokir oleh provider ISP atau jaringan internet mereka sehingga situs yang dituju tidak dapat diakses dengan normal, atau diarakan ke laman not found akibat terdeteksi sebagai situs yang berbahaya atau menimbulkan kerugian bagi pengguna.

Salah satu faktor dari mengapa hal ini terjadi karena memang pemerintah sudah menetapkan peraturan internet baik atau yang sering disebut dengan internet positif guna melakukan filterisasi pada beberapa situs dewasa ataupun situs yang mengandung konten negatif di dalamnya. Sehingga, para pengguna akan mendapatkan notifikasi jika situs yang mereka kunjungi berstatus tidak aman dan diarahkan ke laman yang lain.

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Laptop

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Laptop
Cara Membuka Situs yang Diblokir di Laptop

Walaupun begitu, pada faktanya tidak semua situs memang memiliki kredibilitas yang buruk. Karena, ada beberapa situs lain seperti reddit yang mana sebenarnya digunakan pengguna internet untuk mendapatkan informasi terbaru dari internet, ataupun dari beberapa topik yang mereka kunjungi. Namun, pemerintah melakukan pemblokiran pada situs tersebut, sehingga banyak pengguna yang mencari cara membuka situs yang diblokir di laptop, untuk dapat membuka situs yang sebenarnya tidak mengandung hal negatif di dalamnya.

Dan tentu saja, di sini kamu bisa menggunakan beberapa cara mudah untuk membuka situs yang terblokir, dari laptop kalian, seperti:

Terkait:  Cara Bagi Layar Laptop

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Laptop dengan Psiphon

Cara pertama adalah kamu bisa menggunakan bantuan dari aplikasi yang bernama Psiphon. Buat yang belum tau, aplikasi ini juga mirip dengan vpn yang biasa kita temukan pada smartphone android ataupun iOS, dan tentu saja aplikasi ini multiplatform sehingga bisa kamu gunakan di laptop untuk membuka situs yang terblokir, caranya.

  1. Silakan download psiphon dari situs resminya di https://psiphon.ca/id/download.html
  2. Kemudian kamu bisa pilih pada opsi Download untuk Windows
  3. Tunggu sampai proses downloadnya selesai, dan jika sudah kamu bisa install seperti biasa psiphon nya hingga selesai
  4. Setelah selesai, kamu bisa tutup browser yang sedang digunakan, lalu buka Psiphon
  5. Setelah psiphon terbuka, kamu bisa langsung klik pada tombol connect untuk memulai proses perubahan IP yang berbeda
  6. Jika sudah muncul tulisan connected  maka kamu bisa langsung buka browser dan coba untuk mengakses situs yang terblokir tadi

Perlu untuk diperhatikan, walaupun aplikasi ini bisa membantu kamu dalam mebuka situs yang diblokir, namun kamu harus mengetahui negara mana yang memang memiliki jaringan stabil untuk digunakan, dan pastikan juga kamu memberikan batas waktu terhubung dengan jaringan dari psiphon dalam waktu yang masih wajar.

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Laptop dengan NordVPN

Kemudian untuk cara yang kedua kamu bisa menggunakan bantuan dari NordVPN, yang mana memang dikenal sebagai salah satu VPN paling bagus untuk membuka situs yang diblokir, baik pada perangkat laptop ataupun smartphone. Nah, kebetulan untuk versi laptop sendiri kamu bisa menggunakan NordVPN baik dari extension Google Chrome, ataupun Aplikasinya langsung, dan caranya.

  1. Silakan download aplikasi NordVPN untuk laptop, atau kamu juga bisa mengunjungi Chrome Store untuk mendapatkan NordVPN Extention
  2. Setelah itu, kamu bisa menginstall NordVPN seperti biasa hingga selesai
  3. Untuk pengguna aplikasi, kamu bisa install sampai benar-benar selesai dan muncul NordVPN di laman Desktop, sedangkan untuk pengguna chrome extention, kamu bisa melihatnya di bagian toolbar Google Chrome
  4. Jika sudah, kamu bisa langsung membuka NordVPN dan login atau daftar untuk bisa mengakses layanan VPN dari NordVPN
  5. Kemudian kamu bisa memilih negara mana yang ingin kamu gunakan untuk terhubung dan langsung saja klik pada tombol Connect
  6. Tunggu hingga proses authentikasinya selesai dilakukan dan kamu sudah terhubung dengan jaringan VPN dari NordVPN
  7. Terakhir, silakan buka situs yang terblokir tadi.
Terkait:  Biaya Ganti Keyboard Laptop Asus

Walaupun cara ini terbilang mudah namun kamu harus melakukan pendaftaran dulu untuk bisa menggunakan layanan dari NordVPN. Dan untuk mendapatkan pilihan jaringan yang lebih luas dan banyak lagi, kamu bisa melakukan pembelian ataupun trial terlebih dahulu.

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Laptop dengan Hide Me VPN

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu juga bisa kok menggunakan bantuan dari vpn lain yang bernama hide.me atau hide me vpn. Nah, aplikasi ini masih mirip dengan NordVPN yang mimin bahas sebelumnya, namun untuk fitur dan layanannya, hide.me jauh lebih lengkap untuk digunakan karena kamu bisa menginstall aplikasinya atupun menggunakan bantuan dari websitenya. Caranya mudah banget kok.

  1. Untuk kamu yang ingin menggunakan hide.me vpn secara sementara atau dadakan karena harus mengunjungi situs yang terblokir, kamu bisa mengunjungi situs https://hide.me/id/proxy di browser Google Chrome kalian
  2. Setelah itu, kamu bisa mengetikkan url atau alamat website yang ingin kamu kunjungi
  3. Lalu, pilih pada lokasi proxi sesuai keinginan
  4. Jika sudah, kamu bisa langsung klik pada tombol pergi untuk menuju ke situs yang terblokir tadi, dan dapat kamu kunjungi secara anonim dengan menggunakan proxy dari hide.me VPN

Cara ini terbilang mudah, karena biasanya sering digunakan pengguna laptop ketika mereka harus mengunjungi situs yang terblokir di laptop, dengan menggunakan proksi. Namun, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Hide Me VPN dengan cara yang mudah juga kok

  1. Buka browser di laptop kalian, dan setelah itu kunjungi situs https://hide.me/id/software/windows 
  2. Jika sudah, kamu bisa langsung klik pada tombol Unduh sekarang
  3. Tunggu sampai proses downloadnya selesai
  4. Setelah selesai kamu bisa langsung install aplikasi Hide Me VPN seperti biasa hingga installasinya selesai
  5. Tutup browser yang ada di laptop kalian, dan kamu bisa buka aplikasi Hide Me VPN 
  6. Pilih lokasi negara yang ingin kamu hubungkan lalu tekan connect
  7. Tunggu hingga statusnya menjadi connected lalu buka browser kalian dan kunjungi situs yang terblokir tadi
Terkait:  Cara Merawat Laptop Asus

Baik dari cara pertama ataupun kedua, tentu masing-masingnya memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun jika kamu ingin menggunakan Hide Me VPN lebih lama, kamu bisa menggunakan cara kedua yakni dengan menginstall aplikasi Hide Me VPN di laptop kalian.

Kesimpulan

Dari beberapa cara di atas tadi, tentunya masih ada pilihan maupun cara yang bisa kamu gunakan, namun yang mimin bagikan di atas menurut mimin adalah yang paling mudah untuk kamu gunakan. Tapi perlu juga untuk diingat ya, cara ini tidak dianjurkan untuk kamu membuka situs dewasa, ataupun situs yang memang mengandung unsur negatif di dalamnya. Jadi, gunakan dengan bijak, ya.

Nah itu di tadi beberapa ulasan singkat mengenai cara membuka situs yang diblokir di laptop, silakan sesuaikan dengan cara yang mana menurutmu paling mudah. Gunakan cara ini dengan bijak, selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Similar Posts