Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi

Bagaimana cara mengunci jaringan 4G Xiaomi semua tipe? Di Indonesia, jaringan 4G adalah koneksi paling kencang dan stabil. Walaupun demikian, beberapa wilayah sekarang sudah mendukung jaringan 5G untuk provider tertentu saja.

Kalau HP sudah terkunci pada jaringan 4G, maka kamu bisa mengakses internet lebih cepat dan mudah. Tak hanya itu, kamu pun dapat berkomunikasi lebih nyaman tanpa khawatir terjadi masalah seperti sinyal lemah bahkan hilang (SOS). Hal ini dikarenakan kamu sudah menguncinya terlebih dulu.

Read More

Cara mengunci jaringan 4G Xiaomi tidak bisa dilakukan sembarangan, lho. Kamu harus tahu aturan dan syaratnya terlebih dulu, di mana hanya beberapa perangkat saja yang mampu memanfaatkan koneksi 4G dengan maksimal. HP Xiaomi kamu biasanya harus mendukung sambungan jaringan seluler 4G atau LTE.

Jika masih menggunakan sinyal 3G bahkan 2G, alangkah baiknya upgrade perangkatnya dulu. Pasalnya, mayoritas smartphone sekarang hampir mendukung jaringan 4G guna menikmati akses internet dan layanan komunikasi yang lancar setiap hari.

Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi
Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi

Ketentuan dan Syarat Mengunci Jaringan 4G Xiaomi

Bagi kamu yang ingin tahu cara mengunci jaringan 4G Xiaomi, sebaiknya ketahui ketentuan dan syaratnya terlebih dulu. Kamu harus memenuhi persyaratannya sebagai berikut:

  • Tempat Tinggal Mendukung Jaringan 4G LTE
    Jika kamu menggunakan smartphone Xiaomi terbaru, bukan jaminan kalau koneksinya bisa terhubung ke jaringan 4G setiap hari. Pasalnya, tempat tinggalmu harus mendukung sinyal tersebut agar prosesnya dapat berjalan lancar. Jika tidak, kamu akan sulit menangkap jaringan paling bagus dan stabil.
  • Perangkat Sudah Mendukung Jaringan 4G LTE
    Bagi kamu yang bermukim di kawasan perkotaan dan sekitarnya, biasanya wilayah tersebut sudah mendukung jaringan 4G. Oleh sebab itu, gunakan smartphone Xiaomi yang mendukung penggunaan koneksi LTE, sehingga kamu dapat mengunci jaringannya dengan mudah. Kamu bisa akses internet lebih lancar setiap hari.
  • Kartu SIM Mendukung Jaringan 4G LTE
    Poin selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kartu SIM. Pasalnya, kamu harus menggunakan SIM card yang mendukung jaringan 4G LTE. Beberapa provider sekarang sudah menunjang koneksi tersebut, bahkan ada pula yang menunjang sinyal 5G untuk kawasan tertentu.
Terkait: Cara Mematikan MIUI Optimization

Mengapa Perlu Mengunci Jaringan 4G Xiaomi?

Kamu pasti bingung mengapa HP Xiaomi harus mengunci jaringan 4G LTE, bukan? Secara umum banyak orang melakukannya dengan alasan logis, lho. Jaringan 4G sekarang sudah menjadi koneksi paling bagus dan digunakan semua pengguna smartphone di wilayah mana pun.

Bagi kamu yang hampir sering menghabiskan waktu di dunia maya, jaringan 4G LTE bahkan mempunyai tingkat kecepatan download hingga 1 Gbps, sedangkan kecepatan upload menembus angka 250 Mbps dan kamu tidak perlu waktu lama untuk akses semuanya di media sosial.

Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi

Cara mengunci jaringan 4G Xiaomi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Pengguna HP Xiaomi semua tipe bisa melakukannya dengan atau tanpa aplikasi apapun, lho. Sinyal 4G LTE memang menjadi andalan untuk siapa saja yang sering berkomunikasi via media sosial seperti WA, Telegram, dsb.

Jika kamu masih sering menggunakan jaringan 2G/3G, alangkah baiknya upgrade sekarang juga. Kami akan membantumu meningkatkan kualitas sinyalnya melalui pembahasan artikel ini yang wajib disimak dengan baik.

Langkah 1: Buka Menu Pengaturan

Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi
Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi

Cara mengunci jaringan 4G Xiaomi yang pertama adalah membuka menu Pengaturan atau Setting pada halaman utama. Jika menunya sudah terbuka, tekan tombol Kartu SIM dan Jaringan Seluler atau SIM Card and Network.

Langkah 2: Tekan SIM 1

Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi
Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi

Pada bagian Kartu SIM dan Jaringan Seluler, periksa opsi Dual 4G terlebih dulu. Kamu harus tetap mengaktifkannya agar kedua kartu SIM dapat selalu terhubung ke jaringan 4G. Selain itu, perhatikan kartu ponsel mana yang diakses ke data selulernya. Jika menggunakan SIM 1, maka bisa menekan tombol SIM 1 atau sebaliknya.

Langkah 3: Pilih Menu Tipe Jaringan Prioritas

Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi
Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi

Jika kamu diarahkan ke halaman Setelan Kartu SIM, pastikan opsi Gunakan VoLTE selalu aktif agar kamu dapat menikmati kualitas panggilan suara lebih bagus dan jernih. Kemudian, tekan tombol Tipe Jaringan Prioritas untuk memastikan koneksinya sudah terhubung ke jaringan 4G.

Terkait: Cara Mengunci Jaringan 4G

Langkah 4: Tekan Prioritas LTE

Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi
Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi

Cara mengunci jaringan 4G Xiaomi yang terakhir adalah menekan tombol Prioritas LTE pada halaman Tipe Jaringan Prioritas. Selain itu, ada dua pilihan lain yakni Prioritas 3G dan 2G saja. Kami tidak merekomendasikan kedua opsi tersebut karena kualitas jaringannya cukup buruk bahkan sangat lemot.

Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi Lewat Kode USSD

Jika kamu ingin mencoba cara mengunci jaringan 4G Xiaomi lebih mudah dan praktis, gunakan kode dial yang bisa dihubungi melalui panggilan telepon secara gratis. Simak langkah-langkahnya yang wajib kamu tahu di bawah ini:

  • Buka menu Telepon atau Phone dari HP Xiaomi kamu.
  • Ketik *#*#4636#*#* atau *#*#364633#*#*.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul menu Pengujian yang ditampilkan oleh Mi Fans.
  • Cari dan tekan opsi yang mengarahkanmu ke pilihan kartu SIM.
  • Jika data seluler terhubung dengan SIM 1, tekan SIM 1.
  • Pilih menu Atur Jaringan yang Disukai atau Set Preferred Network.
  • Tekan Hanya 4G atau 4G LTE Only.
  • Terakhir, jaringan 4G LTE akan langsung terkunci pada HP Xiaomi kamu.

Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi Lewat Pengaturan

Kamu bisa mencoba mode penguncian jaringan 4G LTE melalui menu pengaturan, khususnya opsi tentang ponsel. Biasanya koneksi tersebut akan langsung terhubung dan terkunci secara otomatis lho. Cara mengunci jaringan 4G Xiaomi melalui setelan perangkat adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Xiaomi kamu.
  • Pilih menu Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Jika terdapat opsi Memori Internal, ketuk opsi tersebut sebanyak tujuh kali.
  • Kemudian, tekan SIM 1.
  • Pilih menu 4G/LTE sebagai jaringan seluler yang direkomendasikan.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai jaringannya sudah berubah ke 4G LTE secara otomatis.
Terkait: Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi Lewat Aplikasi Lock 4G

Jaringan 4G LTE pun dapat dikunci dengan menggunakan aplikasi ketiga, salah satunya adalah Lock 4G. Aplikasi ini bisa diunduh melalui browser secara gratis. Cara mengunci jaringan 4G Xiaomi dengan aplikasi Lock 4G adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Lock 4G terlebih dulu.
  • Jika sudah terpasang dan dibuka, geser ke bawah sampai terdapat menu Informasi Tambahan atau Additional Information, ketuk opsi tersebut.
  • Pilih menu Pengujian.
  • Klik Informasi Perangkat atau Device Information.
  • Tekan Atur Jaringan yang Disukai atau Set Preferred Network.
  • Klik Hanya LTE atau 4G LTE Only.
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya sampai jaringan 4G berhasil terkunci secara otomatis.

Demikian informasi tentang cara mengunci jaringan 4G Xiaomi semua tipe dengan atau tanpa aplikasi. Jika kamu gagal mengunci koneksinya, penuhi semua persyaratannya dan ikuti panduan kami di atas agar jaringannya dapat tetap kencang dan stabil saat digunakan. Semoga bermanfaat!

Related posts