Cara Membuat Hyperlink di Telegram (7 Langkah) Cepat dan Mudah

Cara Membuat Hyperlink di Telegram
Cara Membuat Hyperlink di Telegram

PindahLubang.com | Kamu pasti pernah berkomunikasi melalui Telegram, bukan? Aplikasi ini semakin diminati banyak orang karena diklaim lebih baik dibandingkan WhatsApp, lho. Meski begitu, mayoritas penggunanya masih belum tahu cara membuat hyperlink di Telegram dengan benar.

Telegram sudah menjadi aplikasi percakapan online yang mempunyai berbagai macam fitur berkualitas. Bahkan, kamu tidak akan menemukan fitur-fiturnya pada aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini hanya saja belum mendukung layanan update status seperti WA.

Telegram juga menyediakan fitur hyperlink atau mempersingkat link agar kamu dan siapa saja dapat diarahkan ke halaman internet dengan mudah. Jika kamu punya media sosial yang ingin dipromosikan, maka bisa memanfaatkan fitur tersebut.

Cara buat hyperlink di Telegram bahkan tidak perlu menggunakan aplikasi ketiga, lho. Pasalnya, kamu cukup berkomunikasi dengan tools bot yang akan membantumu membuat link tersebut. Kami akan membantumu menyelesaikan prosesnya melalui pembahasan artikel ini.

Pengertian Hyperlink

Hyperlink adalah sebuah link atau URL pada halaman website tertentu yang dipersingkat ke dalam kata maupun kalimat yang akan mengarahkan siapapun ke situs-situs tersebut. Hyperlink biasanya digunakan untuk membuat desain tautannya menjadi lebih indah, jelas dan singkat.

Seperti kamu tahu bahwa sebuah tautan yang disisipkan ke dalam suatu obrolan biasanya terlihat sangat panjang. Alhasil, banyak orang malas membaca inti laman yang dimaksud. Maka dari itu, fungsi hyperlink itu sendiri adalah mempersingkat URL yang akan mengarahkan siapapun.

Terkait:  Biaya Bikin SIM C

Hal Penting Sebelum Membuat Hyperlink di Telegram

Bagi kamu yang akan membuat hyperlink pada akun Telegram, alangkah baiknya memperhatikan dan mengetahui hal-hal penting sebelum menyisipkan tautan tersebut sebagai berikut:

  • Tautan Asli Disembunyikan
    Secara umum fungsi utama hyperlink adalah menyembunyikan tautan atau URL asli yang akan diberikan kepada orang lain. Siapapun pasti akan penasaran dengan link yang disebarkan, sehingga mereka dapat klik untuk diarahkan ke halaman website tersebut. Orang lain hanya bisa menekan hyperlink nya saja, bukan tautan aslinya.
  • Langsung Digunakan
    Kamu tidak perlu repot membagikan setiap tautan kepada orang-orang di Telegram. Sebab, kamu cukup memanfaatkan hyperlink dengan menggunakan layanan short link seperti bit.ly. Maka dari itu, kamu akan menerima hasilnya saja tanpa khawatir orang yang klik tidak diarahkan ke website tersebut.
  • Link Dipersingkat
    Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa hyperlink akan memudahkanmu untuk membuat sebuah link atau URL semakin indah, jelas dan singkat. Jadi, kamu tidak perlu lagi copy dan paste tautan aslinya terlalu panjang. Orang lain pun dapat membacanya dengan jelas dan akan diarahkan kalau klik link tersebut.
  • Harus Diperiksa Rutin
    Tak menutup kemungkinan kalau layanan ini bisa saja mengalami masalah yang mengakibatkan tautannya dihapus. Maka dari itu, kamu harus memeriksa hyperlink secara berkala. Tujuannya agar kamu dapat memastikan bahwa link yang sudah disisipkan tetap dapat diklik dan diakses.

Cara Membuat Hyperlink di Telegram

Cara Membuat Hyperlink di Telegram
Cara Membuat Hyperlink di Telegram

Cara buat hyperlink di Telegram sebenarnya sangat mudah dan praktis, lho. Jika kamu belum pernah melakukannya, sebaiknya ikuti dan simak pembahasan artikel ini sampai selesai. Kami akan bantu kamu dan pengguna Telegram lainnya yang ingin membuat tautan tersebut.

Terkait:  Cara Membuat Rekening BCA Online

Hyperlink memang semakin sering dimanfaatkan banyak orang jika berniat share suatu unggahan ke Telegram. Jadi, orang lain alias penerima cukup klik link nya saja, sehingga tidak perlu repot membacanya yang terkesan sangat panjang.

Langkah 1: Buka Aplikasi Telegram

Cara Membuat Hyperlink di Telegram
Cara Membuat Hyperlink di Telegram

Cara membuat hyperlink di Telegram yang pertama adalah membuka aplikasinya terlebih dulu. Jika sudah dibuka, tekan tombol kaca pembesar alias menu Pencarian di samping kanan atas. Ketik Toolkit Bot dan jika sudah ketemu, buka obrolannya.

Langkah 2: Klik Start

Cara Membuat Hyperlink di Telegram
Cara Membuat Hyperlink di Telegram

Jika obrolan dengan Toolkit Bot sudah dibuka, kamu akan diarahkan ke halaman percakapan yang masih kosong. Kamu bisa menekan tombol Mulai atau Start yang berada di bagian bawah.

Langkah 3: Pilih Menu Create Post

Cara Membuat Hyperlink di Telegram
Cara Membuat Hyperlink di Telegram

Kamu akan menerima pesan balasan dari bot untuk menggunakan salah satu menu yang tersedia. Tak hanya itu, setiap menu punya fungsinya masing-masing. Cara membuat hyperlink di Telegram selanjutnya adalah memilih menu Create Post.

Langkah 4: Buat Pesan

Cara Membuat Hyperlink di Telegram
Cara Membuat Hyperlink di Telegram

Langkah selanjutnya adalah buat balasan apa saja yang diinginkan. Contohnya adalah Halo Semuanya, kemudian tekan tombol panah untuk mengirimnya ke bot, tunggu beberapa saat sampai muncul balasan lagi. Kemudian, tekan tombol + di bawah pesan terkirim tadi.

Langkah 5: Ketik Pesan Terkait

Cara Membuat Hyperlink di Telegram
Cara Membuat Hyperlink di Telegram

Cara buat hyperlink di Telegram berikutnya adalah membalas pesannya lagi, namun pesan tersebut harus berkaitan dengan link yang akan dikaitkan. Contohnya, kamu bisa membalasnya dengan pesan Jangan Lupa Subscribe (Nama Akun YouTube) dan kirim lagi ke Toolkit Bot.

Langkah 6: Masukkan Link

Cara Membuat Hyperlink di Telegram
Cara Membuat Hyperlink di Telegram

Toolkit Bot akan mengirim balasan yang memberitahukan bahwa kamu harus memasukkan link atau URL. Jika kamu sudah menyalin tautannya, tekan dan tahan kolom pesannya selama beberapa saat sampai muncul opsi Tempel atau Paste, tekan tombol tersebut dan kirim lagi.

Terkait:  Biaya Buat Rumah Ukuran 6x9

Langkah 7: Hyperlink Sudah Dibuat

Cara Membuat Hyperlink di Telegram
Cara Membuat Hyperlink di Telegram

Kalau URL sudah dikirim ke Toolkit Bot, tunggu beberapa saat sampai muncul pesan balasan bahwa linknya baru saja disisipkan ke chat awal, sedangkan kamu dapat meninjaunya dan cara buat hyperlink di Telegram berhasil.

Cara Membuat Teks Link di Telegram

Jika kamu sudah paham dengan panduan di atas, kami akan memberitahumu cara membuat teks link di Telegram yang benar dan mudah. Bagaimana caranya? Simak panduannya sebagai berikut:

  • Pertama, siapkan link atau tautan yang akan digunakan.
  • Buka aplikasi Telegram dari HP kamu.
  • Cari salah satu obrolan yang diinginkan.
  • Jika sudah dibuka, ketik pesan apapun ke penerimanya.
  • Kemudian, tekan dan tahan pesan tersebut selama beberapa saat.
  • Ketuk opsi titik tiga yang berada di samping kanan atas.
  • Pilih menu Buat Link atau Create Link.
  • Klik Tempel atau Paste tautan yang sudah disalin ke kolom URL tersedia.
  • Terakhir, klik Kirim atau Send untuk mengirimkan pesan tersebut.

Cara Membuat Link Username di Telegram

Kamu pun dapat mencoba cara buat link username di Telegram. Link ini biasanya dikaitkan dengan pengguna Telegram lainnya. Berikut langkah-langkahnya yang bisa dicoba, di antaranya:

  • Buka aplikasi Telegram melalui smartphone kamu.
  • Tekan Menu atau tombol tiga garis horizontal yang berada di samping kiri atas.
  • Pilih menu Pengaturan atau Setting.
  • Klik Nama Pengguna atau Username.
  • Berikutnya, tekan dan tahan link nya sampai tersalin secara otomatis.
  • Jika sudah disalin, buka salah satu obrolan yang ada.
  • Klik Tempel atau Paste untuk memasukkan link nya ke obrolan tersebut.
  • Terakhir, tekan tombol Send guna mengirimkan pesannya ke pihak penerima.

Demikian informasi tentang cara membuat hyperlink di Telegram dengan benar dan mudah. Bagi kamu yang belum pernah menyisipkan link ke obrolan pada aplikasi ini, maka bisa mengikuti panduan kami di atas untuk memasukkan URL apa saja agar dapat diakses banyak orang. Semoga membantu!

Related posts