Cara Cek HP Xiaomi

Monday, February 17th, 2020 - Cara Cek, Xiaomi
Bagikan Ke:

Bagaimana langkah cara cek HP Xiaomi untuk memastikan keaslian produk? Cara cek hp xiaomi pertama kali diaktifkan sangat penting untuk dilakukan. Dan yang tak kalah pentingnya untuk dilakukan lainnya adalah cara cek hp xiaomi touchscreen.

Xiaomi sebagai salah satu perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing terus dan selalu berinovasi untuk mengembangkan setiap produk terbaru yang baru dirilisnya. Produk yang sukses dirilisnya sendiri sangat beragam jenisnya, mulai dari aksesoris, tas, power bank, televisi, hingga smartphone yang kini tengah populer di kalangan pecinta gadget tanah air.

Tak sedikit orang yang melirik smartphone keluaran Xiaomi, hal ini berkaitan dengan harga yang ditawarkan untuk setiap produknya relatif murah serta dibawai dengan spek gahar. Sehingga membuat jutaan pasang mata tertarik untuk membeli ponsel pintar dari Xiaomi ini.

Meski ponsel Xiaomi diisukan membawa virus c0rona belakangan ini, tak menjadikan para pecinta Xiaomi gencar untuk mempertahankan smartphone miliknya. Bahkan, tak sedikit pula yang hendak membeli hp Xiaomi baru.

Dalam membeli handphone baru, haruslah terlebih dahulu memperhatikan beberapa hal penting mulai dari keaslian produk, kualitas produk, hingga semua sensor berfungsi dengan baik. Harus lebih teliti serta melakukan pengecekan mendetail terhadap HP Xiaomi sebelum membelinya.

Bagi yang hendak membeli hp Xiaomi bekas, selain melakukan pengecekan body luarnya juga harus memperhatikan dan mengecek HP Xiaomi secara mendalam. Hal ini berhubungan dengan keaslian dan kualitas HP Xiaomi yang hendak kita beli.

Jika kamu belum tau cara cek HP Xiaomi dengan benar, maka bisa memperhatikan beberapa metode pengecekan yang akan dituangkan dalam paragraf berikut.

Cara Cek HP Xiaomi

Cara Cek HP Xiaomi

Cek HP Xiaomi

Mengecek HP Xiaomi haruslah dilakukan secara lebih detail sebelum membeli HP Xiaomi baru ataupun bekas. Hal ini dilakukan agar dapat mengetahui HP Xiaomi rusak atau tidak. Adapun cara untuk melakukan pengecekan HP Xiaomi bisa dimulai dari beberapa hal penting dibawah ini.

Cara Cek HP Xiaomi Bagian Body

Ini berlaku untuk pembelian hp Xiaomi baru dan bekas, tahap awal yang harus dicek adalah pada bagian bodi HP. Tentu saja, sebagai pembeli kita ingin mendapatkan body yang masih mulus tanpa adanya kerusakan sedikitpun bukan? Nah untuk itu, beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk mengecek body HP Xiaomi adalah:

1. LCD
LCD HP harus dalam keadaan bersih. Jangan ada retak apalagi pecah. Touchscreennya juga harus masih normal.

2. Body
Body HP sebisa mungkin tidak retak atau pecah. Jika ada lecet pemakaian, itu masih wajar.

3. Tombol
Tombol HP waktu ditekan usahakan masih normal. Maksud normal disini adalah tidak keras, atau copot (Kadang ada yang begini).

4. Kamera
Kamera adalah fitur penting HP. Pastikan pada lensa kamera tidak ada lecet, apalagi ada retak.

Sebagai saran lain, bahwa jika terdapat HP Xiaomi yang mana segelnya sudah terbuka atau rusak, maka jangan diambil atau dibeli ya. Hal ini bertujuan agar jika terjadi kerusakan bisa langsung diperbaiki ke Service Center resmi.

Terkait:  Cara Cek HP Asus

Cara Cek HP Xiaomi Lewat Kode Rahasia

Setelah dilakukan pengecekan pada bagian body, kita lanjutkan dengan mengecek semua sensor software dan hardware. Apakah masih bekerja/berfungsi dengan baik, ataukah sudah ada yang mengalami kerusakan. Cara mengecek HP Xiaomi melalui Engineering Mode:

  • Buka kunci HP Xiaomi yang kita pegang saat ini.
  • Buka menu Telepon.
  • Ketik dan masukkan kode *#*#64663#*#*
  • Tanpa menekan tombol Panggil, maka akan langsung tampil mode Engineering yang dapat digunakan untuk mengecek komponen Xiaomi.
  • Terlihat banyak menu pilihan komponen-komponen apa saja yang bisa di cek. Atau, agar lebih jelasnya berikut beberapa fungsi dari menu-menu tersebut.

Fungsi Menu Engineering Mode Xiaomi :

Keypad : untuk mengecek fungsi tombol pada HP Xiaomi. Tombol ini termasuk Power, Volume Up, Volume Down, Menu, Home dan Back.

Backlight : untuk mengecek apakah layar bisa meredup atau tidak. Ini penting, karena backlight ini erat kaitannya dengan kecerahan pada layar (masih normal atau tidak).

LCD : tester untuk mengecek warna pada layar. Cara kerjanya yaitu dengan menampilkan warna Merah, Hijau dan Biru. Pastikan semuanya normal.

Touchpal : untuk mengecek apakah layar sentuh error atau tidak. Melalui touchpal, Anda akan diperintahkan untuk menggeser jari Anda ke salah satu sisi layar, ke sisi yang lain secara keseluruhan. Touchpal ini tes yang wajib kita lakukan. Karena jika gagal saat tes, itu berarti Touchscreenya ada yang rusak.

Led Indicator : untuk mengecek indicator (Lampu notifikasi) pada bagian body HP Xiaomi. Pastikan masih nyala (Kecuali Anda cuek ya tidak apa-apa).

Battery : Nah ini yang terpenting. Di pengecekan baterai ini Anda akan disuruh untuk menyambungkan kabel USB ke HP Xiaomi tersebut, untuk dicek apakah masih normal atau tidak.

Bluetooth : HP akan secara otomatis mendeteksi apakah ada error pada bluetooth atau tidak. Jadi cukup klik saja.

Terkait:  Cara Cek HP Sony

GPS : pengecekan GPS akan dilakukan secara otomatis. Jika Anda tidak melihat ada masalah pada hasil tes, tutup menunya.

Speaker : Kita akan diberi sekitar 3 atau 4 jenis suara yang berbeda-beda. Suara percakapan, Ringtone dan musik. Pastikan seluruh suara yang keluar dari speaker normal dan tidak pecah-pecah (Bisa pengaruh ke jelas tidaknya suara pada saat telepon nantinya).

Proxymity Sensor : untuk mendeteksi pergerakan pada HP Xiaomi yang bisa membuat HP jadi mati secara otomatis (Misal : saat mengangkat telepon layar jadi mati).

Gyro Sensor : untuk mendeteksi pergerakan sekaligus perubahan layar pada HP Xiaomi. Misalnya : HP dimiringkan ke kanan >> Otomatis layar akan berubah jadi mode landscape. Atau HP diarahkan keatas >> maka layar akan berubah jadi mode portrait.

MiuiMainCamera (Dan FrontCamera) : untuk mengecek kamera pada HP Xiaomi (depan belakang) masih normal atau tidak. Pastikan waktu pengetesan gambar pada kamera tidak ada yang aneh / error. Ini penting, soalnya banyak sekali orang yang mengalami kamera mereka error dan tidak bisa dibuka.

Headset : untuk mengecek apakah Portnya masih normal atau tidak.

Cara Cek IMEI HP Xiaomi

Selanjutnya melakukan pengecekan IMEI HP Xiaomi, Dimana tahap dan langkahnya bisa dilakukan dengan beberapa metode. Adapun caranya adalah:

1. Cek IMEI HP Xiaomi Lewat Dus Book

Dalam membeli HP Xiaomi tentunya ada sebuah dus handphone yang sering menjadi wadah ponsel tersebut. Nah, di dalam dus tersebut terdapat nomor IMEI HP Xiaomi yang letaknya biasa ada di belakang dus. Catat IMEI tersebut apabila perlu, atau kita juga bisa mengecek keaslian IMEI tersebut melalui website imei.info.

2. Cek IMEI HP Xiaomi Lewat Kode Dial

  • Buka kunci HP Xiaomi yang kita pegang saat ini.
  • Buka menu Telepon.
  • Ketik dan masukkan kode *#06#
  • Kemudian tekan tombol Panggil/Call.
  • Maka akan langsung tampil nomor IMEI HP Xiaomi tersebut.

3. Cek IMEI HP Xiaomi Lewat Body

Siapa bilang body HP Xiaomi tidak ada nomor IMEI nya. Perlu diketahui bahwa pada body HP Xiaomi telah didapati dengan nomor IMEI yang biasanya terletak dibagian belakang bodi. Cek sekarang juga IMEI tersebut, catat bila perlu.

4. Cek IMEI HP Xiaomi Lewat Menu Setting

  • Buka kunci HP Xiaomi yang kita pegang saat ini.
  • Buka menu utama ยป Settings / Pengaturan
  • Pilih dan tekan menu About.
  • Tekan Status.
  • Maka akan langsung muncul nomor IMEI HP Xiaomi tersebut.
  • Cocokkan dengan IMEI yang ada di dus book.

Cara Cek IMEI HP Xiaomi via Online

Untuk mengetahui keaslian HP Xiaomi yang telah kita pegang saat ini, adalah dengan mengecek IMEI melalui website resminya. Caranya:

Terkait:  Cara Cek Garansi iPhone

Cek Keaslian Xiaomi Lewat Mi Product Verification

Cara Cek HP Xiaomi Bagian Jaringan

Yang tak kalah penting selanjutnya adalah melakukan pengecekan jaringan HP Xiaomi yang telah kita pegang saat ini. Adapun cara cek jaringan HP Xiaomi dibagi dalam beberapa bagian diantaranya :

1. Kartu SIM : Pastikan kedua slot kartu SIM masih terbaca. Terutama SIM 1, karena sinyal utama ada pada SIM 1.

2. WIFI : Coba sambungkan HP ke WIFI (Bisa pakai Hotspot dari HP lain).. Tujuannya untuk mengecek, apakah ada error pada WIFI atau tidak (Tidak bisa tersambung misalnya).

3. Sinyal : Pastikan sinyal masih muncul. Tidak lemah, muncul hilang, apalagi sama sekali tidak ada sinyal. Ini penting, karena jika ada yang rusak, masalah sinyal sulit diperbaiki.

Dan, coba lakukan Test Internet. Coba gunakan untuk browsing apapun. Pastikan waktu browsing lancar dan tak dijumpai kendala. Tes juga telepon dan SMS, supaya HP benar-benar bisa dipastikan normal.

Cara Cek Tipe HP Xiaomi

Bagi yang mungkin tidak tau tipe HP Xiaomi apa yang kita pegang saat ini, bisa melakukan pengecekan dengan tahapan seperti berikut ini.

Lewat Dus Ponsel

  • Cari dan Pegang dus HP Xiaomi.
  • Dibagian depan dus, biasanya terdapat tipe HP Xiaomi tersebut.
  • Seri atau tipe HP xiaomi akan terlihat yang paling besar tulisannya.
  • Setelah tau tipenya, selanjutnya bisa dipakai untuk cek spesifikasi lengkap hp Xiaomi tersebut.

Lewat Menu

  • Buka kunci ponsel Xiaomi yang telah kamu pegang saat ini.
  • Buka Menu ยป Settings / Pengaturan.
  • Pilih dan tekan sub menu About Phone / Tentang Ponsel.
  • Perhatikan pada Model number, maka akan terlihat tipe dan seri berapa HP Xiaomi yang telah kita pegang sekarang.

Mungkin hanya itu saja yang dapat dilakukan mengenai cara cek HP Xiaomi dengan berbagai metode yang benar. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-temanmu yang ingin membeli HP Xiaomi ya! ๐Ÿ˜‰

Apa Pendapatmu?

Topik Terkait:

  • Cek hp xiomi baru beli
Latest posts by PNS Cantik (see all)
Bagikan Ke:
Cara Cek HP Xiaomi | PNS Cantik | 4.5

Tulung ojo di copy ya lur...