Cara Mengetahui ID Telegram

Telegram merupakan aplikasi chatting online yang memudahkanmu untuk berinteraksi dengan siapapun setiap hari. Aplikasi ini punya perbedaan dengan WA yang mana penggunanya memiliki ID masing-masing. Namun, bagaimana cara mengetahui ID Telegram kita dan orang lain?.

ID Telegram hampir sama dengan username, di mana fungsinya sebagai identitas dari penggunanya sendiri. Kamu bisa melihatnya melalui profil maupun bantuan bot. Bot merupakan program khusus yang akan membalas semua pesanmu secara otomatis.

Read More

Kalian pun bukan sekadar melihat ID Telegram masing-masing, sedangkan ID orang lain dapat diketahui dengan mudah. Cara mengetahui ID Telegram kita dan orang lain bisa dilakukan kurang lebih 5 menit saja, lho.

Jika kamu merasa kesulitan mencari tahu ID Telegram sendiri, ternyata hal tersebut dapat diketahui melalui setelan perangkat masing-masing. Bagi kamu yang belum pernah mengecek ID Telegram, maka bisa menemukan panduannya melalui artikel ini dan kami sudah merangkum informasinya secara lengkap.

Cara Mengetahui ID Telegram
Cara Mengetahui ID Telegram

Pengertian ID Telegram

ID Telegram adalah identitas unik yang dipakai setiap pengguna Telegram. Secara umum ID tersebut sama seperti username yang berguna untuk menambah teman maupun mengundang siapapun supaya bisa bergabung ke grup di Telegram.

Pengguna Telegram bisa menggunakan ID sebagai kontak utama jika tidak ingin membagikan nomor ponsel, lho. Meski begitu, semua orang tetap mampu mengundangmu sebagai teman mereka ke akun Telegram masing-masing, kendati hanya menggunakan ID saja.

Keutamaan Telegram

Telegram mempunyai berbagai macam keutamaan yang tidak dimiliki aplikasi chatting online mana pun. Bagi kamu yang ingin tahu, maka bisa mengetahui beberapa keunggulannya sebagai berikut:

  • Obrolan Rahasia atau Secret Chat
    Fitur ini sudah menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Telegram. Pasalnya, kamu bisa melakukan percakapan rahasia dengan siapapun di sana. Obrolannya pun hanya bisa diketahui dan dilihat oleh penerima dan pengirim saja, lho.

    Telegram sudah menyediakan fitur ini sejak aplikasinya diluncurkan ke khalayak umum. Kamu akan merasa nyaman saat berkomunikasi dengan siapapun, sedangkan data dan privasi akan tetap aman dan dirahasiakan.

  • Tingkat Keamanan yang Tinggi
    Beberapa orang mengklaim bahwa Telegram adalah aplikasi chatting online paling aman digunakan, lho. Jika dibandingkan dengan WhatsApp, Telegram masih lebih unggul soal keamanan dan privasi penggunanya.

    Tak bisa dimungkiri bahwa banyak pengguna WhatsApp semakin beralih menggunakan Telegram. Kondisi ini disebabkan aplikasinya sangat mudah diretas, di mana semua data dan file mampu diakses dan dibaca oleh orang tidak dikenal.

  • Sistem Cloud Server untuk Menyimpan Data
    Telegram mempunyai sistem cloud server yang bisa menyimpan semua data maupun file ke smartphone masing-masing. Selain itu, sistemnya pun memungkinkan pengguna untuk mengakses semua data yang sudah tersimpan.

    Kamu tidak perlu khawatir jika data dan file nya hilang, meski aplikasinya diakses melalui perangkat lain. Sebab, semuanya akan tetap tersimpan dengan dukungan teknologi mutakhir dari sistem cloud server tersebut.

Cara Mengetahui ID Telegram

Barangkali kamu masih belum tahu cara mengetahui ID Telegram kita dan orang lain, sebaiknya ikuti dan simak pembahasan artikel kami sampai akhir. Kami sudah merangkum panduannya agar kamu dapat melihat ID Telegram sendiri atau teman dengan mudah.

Kamu pun dapat menggunakan aplikasi langsung atau menu setelan perangkat dari ponsel masing-masing. ID tersebut bisa digunakan sebagai kontak pribadi guna memudahkan siapapun agar mereka mengundangmu ke grup Telegram. Nomor HP kamu akan tetap aman dan tidak diketahui orang lain.

Langkah 1: Buka Aplikasi Telegram

Cara Mengetahui ID Telegram
Cara Mengetahui ID Telegram

Cara mengetahui ID Telegram yang pertama adalah membuka aplikasinya dari HP kamu. Jika sudah dibuka, tekan tombol kaca pembesar atau menu Pencarian di samping kanan atas. Ketik get_id_bot dan ketuk opsi kontaknya sekali saja.

Langkah 2: Tekan Mulai

Cara Mengetahui ID Telegram
Cara Mengetahui ID Telegram

Kamu akan diarahkan ke halaman percakapan dengan get_id_bot. Namun, mereka bukan manusia asli dan akan membalas semua pesan secara otomatis. Cara mengetahui ID Telegram kita selanjutnya adalah menekan tombol Mulai atau Start di bagian bawah.

Langkah 3: Lihat ID Telegram

Cara Mengetahui ID Telegram
Cara Mengetahui ID Telegram

Cara mengetahui ID Telegram kita yang terakhir adalah tunggu beberapa saat sampai get_id_bot membalas pesan awal secara otomatis. Mereka akan memberikan informasi tentang ID dan username akun Telegram kamu.

Cara Mengetahui ID Telegram Sendiri Lewat Pengaturan

Jika kamu ingin melihat ID Telegram tanpa aplikasi, maka bisa menggunakan menu setelan dari perangkat smartphone masing-masing. Cara mengetahui ID Telegram kita melalui pengaturan adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting dari HP kamu.
  • Pilih menu Akun dan Sinkron atau Account and Sync (setiap smartphone punya menu berbeda sesuai merknya masing-masing).
  • Cari Telegram dalam daftar aplikasi yang tersedia.
  • Jika sudah ketemu, ketuk opsinya dan ID Telegram akan langsung muncul secara otomatis.

Cara Mengetahui ID Telegram Teman

Bagi kamu yang ingin tahu ID Telegram teman dalam aplikasi tersebut, ternyata informasinya dapat diketahui dengan mudah. Cara mengetahui ID Telegram teman adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telegram melalui smartphone kamu.
  • Tekan tombol tiga garis horizontal yang berada di samping kiri atas.
  • Pilih menu Kontak atau Contact.
  • Cari salah satu kontak yang ID Telegram nya akan dilihat.
  • Jika sudah dipilih, tekan foto profil kontak tersebut.
  • ID Telegram temanmu akan terlihat secara otomatis.

Cara Mengetahui ID Telegram Orang Lain

Kamu pun dapat melihat ID Telegram orang lain yang tidak dikenali, lho. Tak sedikit orang kurang mempercayai hal ini, tapi faktanya memang bisa dilakukan dengan mudah. Cara mengetahui ID Telegram orang lain adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telegram melalui HP atau PC.
  • Ketuk opsi tiga garis yang terdapat di samping kiri atas.
  • Pilih menu Pengaturan atau Setting.
  • Nomor HP dan username bakal ditampilkan secara otomatis.
  • Jika perlu, salin juga tautan profil untuk menambahkan pengguna tersebut.

Cara Membuat ID Telegram

Apa kamu baru bergabung sebagai pengguna Telegram? Kamu pasti belum punya ID nya, kan? Jangan khawatir, kamu bisa memilikinya dengan cara membuat ID Telegram yang mudah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telegram dari HP kamu.
  • Ketuk opsi tiga garis yang berada di samping kiri atas.
  • Pilih menu Pengaturan atau Setting.
  • Pada bagian Akun, klik Username yang masih kosong.
  • Buat username sesuai dengan keinginanmu.
  • Pastikan ID atau username belum pernah digunakan orang lain.
  • Jika sudah dibuat, tekan tombol centang yang berada di atas.

Cara Mengundang Teman Lewat ID Telegram

Kamu bisa menambah atau mengundang teman ke grup atau kontak dengan menggunakan ID Telegram. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telegram melalui smartphone kamu.
  • Pilih menu Pengaturan atau Setting.
  • Pada bagian Profil, klik Username.
  • Lihat URL di bawah keterangan This link opens a chat with you, klik link tersebut.
  • Gunakan tautan tersebut untuk menyimpan kontaknya atau dibagikan ke temanmu yang lain.

Demikian informasi tentang cara mengetahui ID Telegram sendiri dan orang lain yang mudah dilakukan. Bagi kamu yang masih awam dengan aplikasi ini, ikuti panduan kami di atas untuk melihat ID Telegram masing-masing. Semoga membantu!

Terkait: Biaya Berlangganan Zoom

Related posts