Cara Mendinginkan HP Samsung

Cara mendinginkan hp samsung memang menjadi salah satu cara yang saat ini cukup banyak ditanyakan para pengguna ponsel samsung yang mana mengalami masalah overheat pada perangkat mereka sehingga suhu dari ponsel yang mereka gunakan menjadi di atas rata-rata. Memang, hal ini biasanya sering kali di alami para pengguna hp samsung yang mana menggunakan ponsel mereka tanpa batasan waktu, sehingga mesin atau processor pada ponsel mereka menjadi cepat panas, dan menyebabkan overheat.

Memang, hal ini bukanlah sebuah hal yang menakutkan atau menyebabkan kerusakan parah pada ponsel, namun jika ponsel sering mengalami overheat akibat penggunaan yang berlebihan, maka jelas akan ada penurunan daya ataupun performa dari ponsel sehingga performa yang dirasakan tidak sebagus seperti pada awal membeli ponsel.

Cara Mendinginkan HP Samsung

Cara Mendinginkan HP Samsung
Cara Mendinginkan HP Samsung

Nah, jika mungkin hal ini juga terjadi pada kalian di mana ponsel yang kamu gunakan mengalami overheat atau panas berlebih maka cara mendinginkan hp samsung berikut ini bisa kamu coba untuk mengatasi permasalahan overheat yang terjadi pada ponsel yang kamu gunakan. Nah, untuk caranya sendiri cukup beragam kok, seperti.

Cara Mendinginkan HP Samsung lewat Mode Pesawat

Langkah pertama adalah kamu bisa menggunakan mode pesawat pada hp samsung yang mengalami overheat. Biasanya, cara ini sendiri kerap dilakukan pada mereka yang mengalami overheat ketika mungkin hp yang digunakan sudah melebihi batas wajar ntah untuk bermain game, ojek online, atau bahkan yang lainnya.

Terkait: Cara Mengecek Touchscreen Samsung

Untuk itu, kamu bisa ikuti langkah berikut ini.

  1. Buka ponsel samsung kamu yang mengalami overheat atau panas berlebih
  2. Kemudian tarik padastatus barsamsung dari bagian atas hingga muncul quick tile atau setting cepat
  3. Klik pada iconmode pesawatyang mana akan mengarahkan kamu ke airplane mode
  4. Atau jika kamu tidak menemukannya, kamu bisa masuk ke bagiansettings ataupengaturan
  5. Kemudian kamu bisa klik pada opsinetwork/jaringanlalu aktifkan padamode pesawatatauairplane mode

Dengan menggunakan cara ini, ponsel samsung kamu yang panas tadi memang tidak akan langsung dingin seketika, namun diperlukan waktu sekitar 3 – 5 menit setelah mode pesawat dihidupkan untuk melakukan penyesuaian suhu dan penghentian sistem karena ketika mode pesawat dihidupkan, seluruh jaringan data dan mobile kamu akan diputus, sehingga sistem bisa lebih memiliki waktu untuk melakukan penghentian dan membuatnya lebih dingin.

Cara Mendinginkan HP Samsung lewat Lepas Backdoor dan Baterai

Kemudian untuk cara yang kedua, untuk beberapa tipe hp samsung yang mungkin mengalami masalah pada overheat dan masih menggunakan baterai tidak tanam, kamu bisa melepas casing atau backdoor bagian belakang ponsel, dan kemudian meletakkannya pada media yang dingin, seperti lantai, atau bahkan kamu juga bisa menaruhnya di tempat yang memiliki suhu dingin seperti meja marmer yang ada AC di atasnya, dan lain sebagainya.

Setelah melepas backdoor, jika ponselmu memang menggunakan baterai tidak tanam, kamu bisa melepas baterainya agar ponsel kamu tershut down atau turn off sehingga tidak ada aktivitas yang dilakukan sistem android sehingga bisa lebih cepat dingin.

Dan biasanya, kamu hanya perlu menunggu sekitar 10 – 15 menit saja untuk ponsel bisa lebih dingin daripada sebelumnya.

Terkait: Cara Cek Memori Hp Samsung

Cara Mendinginkan HP Samsung lewat Lepas Casing

Kemudian untuk cara yang ketiga, jika kamu memiliki hp samsung yang mana menggunakan casing baik itu hard case ataupun soft case, kamu bisa melepasnya terlebih dahulu, dan kemudian meletakkan ponsel di media yang dingin seperti lantai, dan lain sebagainya.

Atau jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat, kamu bisa menaruhnya ke dalam plastik dan pastikan semua bagian dari ponsel kamu tertutup dengan baik oleh plastik tersebut, lalu kemudian kamu bisa menaruhnya ke dalam kulkas dalam kurun waktu 3 – 5 menit saja.

Pastikan juga tidak ada embun air ketika selesai di taruh dari kulkas, agar tidak terjadi konsleting pada ponsel baik dari segi baterai dan lain sebagainya.

Cara Mendinginkan HP Samsung lewat Mematikan Ponsel

Kemudian untuk cara yang terakhir adalah kamu bisa mematikan ponsel yang overheat, untuk mengurangi suhu pada ponsel agar kembali seperti normal. Untuk mematikannya sendiri, kamu bisa menggunakan tombol power yang mana jika ditekan agak lama sekitar 3 – 5 detik, akan muncul opsi untukrestartdanturn offataushut down.

Klik pada opsi turn off atau shut down tadi, lalu kamu bisa menunggu sampai ponselmu benar-benar tidak aktif lagi. Diamkan ponsel selama kurang lebih 5 – 10 menittanpa di chargeagar suhu dari ponsel kamu jadi normal lagi seperti semula dan tidak mengalami overheat. Baru kemudian kamu bisa menyalakan ponsel seperti biasa.

Penyebab HP Samsung Cepat Panas

Selain daripada cara di atas, tentu kamu harus tau dulu penyebab dari ponsel menjadi overheat, seperti

Penggunaan Ponsel yang Melebihi Batas

Penyebab pertama tentu adalah penggunaan dari ponsel yang berlebih, akan menyebabkan ponsel menjadi cepat panas atau overheat. Biasanya, hal ini sering dilakukan oleh pengguna ponsel yang tak bisa lepas dari ponsel ntah untuk membuka sosmed, googling, atau bahkan melakukan panggilan telepon whatsapp dalam waktu yang sangat lama.

Terkait: Cara Screenshot Samsung A70

Untuk itu, kamu bisa mengontrol penggunaan ponsel kamu agar tidak terjadi overheat.

Penggunaan GPS yang terlalu Lama

Kemudian yang kedua, ponsel samsung yang sering kali diguanakan para driver ojek online tentu tak bisa lepas dengan fitur GPS yang ada di Ponsel mereka. Nah, biasanya penggunaan GPS yang terlalu lama juga bisa menjadi pengaruh dari ponsel menjadi cepat overheat. Terlebih lagi, ponsel para driver ojek online harus selalu menyala, untuk dapat menerima orderan atau melihat maps.

Penggunaan Ponsel untuk Bermain Game tanpa Batas Waktu

Kemudian yang ketiga, ada juga loh saat ini para pengguna hp samsung yang mana memang sering memainkan game di hp mereka. Namun, ada juga pengguna ponsel samsung yang suka berlebihan ketika bermain game, alhasil ponsel yang dimiliki akan cepat panas, apalagi jika game yang dimainkan memang cukup berat dan membuat ponsel menjadi cepat lag.

Penggunaan Brightness Penuh pada Malam Hari

Kemudian untuk yang terakhir, penyebab ponsel cepat panas ialah dimana ketika pengguna mengatur pencahayaan atau brightness dari ponsel mereka ke tingkat yang paling tinggi atau paling terang, bahkan pada malam hari. Tentunya, hal ini sangat tidak disarankan. Untuk itu kamu bisa mengatur pencahayaan hp secara otomatis, ataupun menggunakan tingkat yang terendah ataupun di bagian normal (tengah) agar hp tidak cepat overheat.

Dan itulah tadi beberapa cara mendinginkan hp samsung yang bisa kamu coba. Terlepas dari banyaknya cara yang mimin bagikan di atas tadi, kamu bisa sesuaikan dengan cara yang mana menurutmu paling mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts