Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri

Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri Versi Paling Baru

Pindahlubang.com | Teknologi yang semakin canggih membuat berbagai hal yang dahulu rasanya tidak mungkin bisa dilakukan kini menjadi semakin mudah. Salah satunya adalah memeriksa saldo rekening. Kamu tidak perlu datang ke ATM untuk mengetahui saldo rekening Mandiri. Cek saldo rekening Mandiri bisa dilakukan dengan beberapa cara, yakni lewat SMS Banking, Internet banking, atau Mobile Banking. Nah, cara cek saldo SMS banking Mandiri juga sangat mudah.

Jika kamu ingin mengetahui bagaimana cara melakukannya, silakan simak hingga akhir artikel.

Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri

Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri
Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri

Mandiri SMS banking atau Mandiri SMS merupakan layanan perbankan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan via SMS. Transaksi perbankan yang dapat dilakukan lewat SMS banking Mandiri tidak hanya cek saldo, melainkan juga melakukan transfer antar rekening maupun antar bank, membayar tagihan kartu kredit, beli pulsa, mutasi, dan sebagainya.

Selain mudah dan tidak perlu mendatangi ATM untuk melakukan transaksi perbankan, SMS banking juga bisa digunakan di berbagai tipe HP mulai smartphone hingga model lawas atau jadul sekalipun.

Sama halnya dengan mengirim SMS, layanan ini juga ada biaya setiap mengirimkan format transaksi atau menerima notifikasi. Adapun biaya SMS pada setiap transaksi berbeda-beda tergantung provider yang digunakan. Untuk provider Telkomsel sekitar Rp500 – Rp550 per SMS dan provider  XL/ Indosat adalah sebesar Rp500 – Rp 1.000 per SMS.

Nasabah yang bisa menggunakan layanan SMS banking adalah pemilik kartu ATM Mandiri dari rekening simpanan Mandiri, tabunganKu, dan Giro berstatus aktif.

Terkait:  Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri

Namun perlu diketahui bahwa untuk menggunakan layanan SMS banking Mandiri maka harus mendaftar terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mendaftar SMS banking Mandiri.

Cara Daftar SMS Banking Mandiri Via ATM

Cara daftar SMS banking Mandiri dapat dilakukan melalui ATM atau lewat Customer Service dengan mendatangi kantor cabang terdekat. Adapun cara daftar Mandiri SMS banking lewat ATM adalah sebagai berikut:

  • Pertama, datang ke ATM Mandiri terdekat, lalu masukkan kartu dan PIN kamu.
  • Kemudian, klik Transaksi Lain.
  • Pilih opsi Pendaftaran e-Banking.
  • Klik Lanjut untuk konfirmasi notifikasi dari bank Mandiri.
  • Selanjutnya, masukkan nomor HP yang masih aktif lalu pilih Lanjut.
  • Buatlah PIN untuk SMS banking Mandiri dan klik tombol Lanjut.
  • Masukkan kembali PIN yang tadi kamu buat dan klik Lanjut.
  • Langkah berikutnya adalah melakukan konfirmasi SMS banking dan klik tombol Ya.
  • Masukkan tanggal lahir, lalu klik Lanjut.
  • Mandiri akan mengirimkan kode OTP ke nomor HP kamu.
  • Masukkan kode OTP dan klik Lanjut.
  • Selesai.

Setelah melakukan pendaftaran lewat ATM, kamu bisa menggunakan fitur pada SMS banking untuk melakukan layanan non finansial seperti cek saldo dan mutasi rekening. Namun, layanan finansial seperti transfer dan lainnya tidak bisa kamu gunakan. Untuk bisa menggunakan fitur SMS banking Mandiri yang lengkap maka harus melakukan aktivasi ke kantor cabang Mandiri terdekat setelah registrasi di ATM.

Cara melakukannya sangat mudah yaitu dengan mendatangi kantor cabang Mandiri dan pergi ke bagian Customer Service. Jangan lupa untuk membawa serta struk yang didapat setelah selesai melakukan pendaftaran SMS banking di ATM tadi, KTP, buku tabungan mandiri, kartu debit/ debit Mandiri. Petugas akan membantu kamu melakukan aktivasi hingga proses berhasil.

Terkait:  Cara Cek Internet Telkomsel Pakai 9 Metode Mudah Ini!

Namun, jika kamu membutuhkan SMS banking hanya untuk cek saldo maka bisa daftar lewat ATM saja. Lalu, bagaimana cara cek saldo SMS Banking Mandiri? Berikut panduan selengkapnya!

Cara Cek Saldo Mandiri Via SMS Banking 3355

Mengecek saldo rekening Mandiri lewat SMS sangatlah mudah karena dapat dilakukan dengan mengirim format pesan khusus ke nomor 3355. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti panduan berikut:

  • Buka menu Pesan di handphone.
  • Lalu, buat pesan baru dengan mengetikkan format SAL (Spasi) 4 digit terakhir nomor rekening, contohnya SAL 8879.
  • Kirim ke nomor 3355.
  • Akan ada SMS balasan yang menginformasikan berapa saldo rekening Mandiri kamu saat ini.
  • Selanjutnya kamu akan menerima balasan SMS yang berisi informasi saldo rekening Mandiri.
Cara Cek Saldo Mandiri Via SMS Banking
Cara Cek Saldo Mandiri Via SMS Banking

Cara Cek Saldo Mandiri Via SMS Banking *141*6#

Selain dikirim ke nomor 3355, kamu juga bisa menggunakan kode dial *141*6# untuk mengetahui berapa saldo rekening Mandiri. Adapun panduan selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu telepon di handphone.
  • Lalu, ketik *141*6# dan tekan panggil.
  • Akan muncul berbagai menu pada layar HP.
  • Apabila kamu ingin mengecek saldo, maka pilih opsi nomor 2 (info).
  • Selanjutnya, ketik angka 1 untuk mengecek saldo.

Informasi mengenai saldo rekening Mandiri kamu akan langsung ditampilkan pada layar.

Cara Cek Saldo Mandiri Lewat Internet Banking

Mengecek saldo melalui internet banking Mandiri pun tak kalah mudahnya. Akan tetapi, layanan ini bisa diakses jika nasabah sudah melakukan registrasi sama seperti SMS banking. Cara registrasi internet banking Mandiri dapat dilakukan di kantor cabang terdekat. Sampaikan saja pada Customer Service bahwa kamu ingin mendaftar layanan internet banking Mandiri.

Jika Mandiri internet banking kamu sudah aktif, kamu bisa mengakses berbagai fitur yang ada termasuk cek saldo. Berikut langkah-langkah cek saldo melalui layanan Mandiri internet banking, yaitu:

  • Kunjungi alamat https://ib.bankmandiri.co.id/retail/Login.do?action=form&lang=in_ID untuk melakukan login. 
  • Masukkan user id dan password.
  • Pada layar akan ditampilkan berbagai pilihan menu, pilih Informasi rekening jika kamu ingin mengecek saldo.
  • Jika sudah, jangan lupa untuk log out akun kamu.
  • Informasi saldo tadi dapat kamu cetak maupun simpan.
Terkait:  Cara Copy Link Instagram Sendiri

Cara Cek Saldo Mandiri Lewat WA (WhatsApp)

Mengecek saldo rekening lewat SMS banking saat ini sebenarnya sudah banyak ditinggalkan. Di era digital seperti sekarang, sebagian besar nasabah menggunakan smartphone sehingga memilih cara yang lebih praktis.

Beberapa nasabah memilih layanan internet banking untuk mengecek saldo alih-alih datang langsung ke ATM. Selain itu, mereka juga memilih mengecek saldo lewat WhatsApp.

Dikutip dari laman resmi https://bankmandiri.co.id/, Mandiri menyediakan fitur chat banking yang memungkinkan nasabah melakukan layanan perbankan non transaksional, seperti cek saldo, cek mutasi rekening, hingga memblokir kartu debit. 

Nasabah bisa mengakses layanan ini kapan saja dan dimana saja. Caranya adalah melalui official business account Bank Mandiri pada aplikasi Whatsapp dengan menghubungi MITA di nomor 0811 84 14000.

MITA atau Mandiri Intelligent Assistant merupakan layanan informasi kepada nasabah berbasis teknologi chatbot yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabah.

Cara Cek Saldo Mandiri Melalui Mobile Banking

Cara lain yang banyak digunakan oleh nasabah dalam mengecek saldo atau melakukan transaksi perbankan lainnya adalah lewat aplikasi Mandiri mobile. Kamu bisa menggunakan layanan Mandiri Mobile dengan mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu di PlayStore. 

Namun, sebelum menggunakan aplikasi mobile banking Mandiri, pastikan kamu telah melakukan registrasi mobile banking dahulu di kantor cabang Mandiri. Jika sudah terdaftar dan instal aplikasi Livin’ by Mandiri, kamu bisa ikuti langkah-langkah selanjutnya seperti berikut ini:

  • Buka aplikasi Livin’ by Mandiri, lalu masukkan user id dan password.
  • Lalu, pilih rekening dan semua informasi saldo kamu akan ditampilkan.

Demikian informasi mengenai cara cek saldo SMS banking Mandiri dengan mudah. Pastikan bahwa pulsa kamu cukup sebelum mengakses layanan tersebut.

Semoga membantu!

Similar Posts