Cara Mereset HP Oppo A37 dengan Mudah, Bisa Sendiri!

Cara Mereset HP Oppo A37
Cara Mereset HP Oppo A37

Pindahlubang.com | Cara mereset HP Oppo A37 dilakukan untuk menghapus semua data secara keseluruhan. Orang-orang selalu melakukannya kalau smartphone nya tidak merespons perintah yang diinginkan. Maka dari itu, kamu harus reset ulang perangkatnya, namun cadangkan semua file dan data terlebih dulu.

Oppo A37 merupakan salah satu model smartphone besutan Oppo yang memiliki fitur, serta spesifikasi mumpuni. Kamu bisa mendapatkan ponsel ini dengan harga kompetitif, bahkan kurang dari Rp.2 juta per unit, lho.

Oppo A37 dibekali layar 5 inci dengan resolusi HD (1280 x 720 pixel) dan sudah berteknologi IPS. HP ini pun sudah didukung processor Qualcomm Snapdragon 410, RAM 2 GB dan penyimpanan internal mencapai 16 GB.

Walaupun spesifikasinya cukup bagus, tapi ternyata tidak mampu memenuhi kebutuhan penggunanya untuk menyimpan data dan file lebih banyak. Maka dari itu, kamu harus menghapus semua file tidak penting dengan cara mereset HP Oppo A37 yang bisa diketahui lewat pembahasan artikel ini.

Cara Mereset HP Oppo A37

Cara Mereset HP Oppo A37
Cara Mereset HP Oppo A37

Jika kamu belum tahu cara mereset HP Oppo A37 dengan benar, sebaiknya ikuti pembahasan artikel kami selanjutnya. Kami akan membantumu maupun semua pengguna smartphone Oppo A37 untuk reset ulang perangkatnya ke setelan awal lagi.

Terkait:  Cara Membersihkan Memori HP Oppo, Dijamin Anti Lemot!

Kamu bahkan tidak perlu menggunakan aplikasi apapun, di mana semuanya cukup lewat menu pengaturan saja. Selain itu, periksa jumlah daya baterai terlebih dulu. Hal ini dikarenakan prosesnya akan mengonsumsi baterainya cukup banyak, pastikan jumlahnya di atas 60 persen.

Langkah 1: Buka Menu Pengaturan

Cara Mereset HP Oppo A37

Langkah yang pertama adalah membuka menu Pengaturan atau Setting. Geser ke bawah secara perlahan, kemudian tekan tombol Setelan Tambahan atau Additional Setting.

Langkah 2: Pilih Menu Buat Cadangan dan Reset

Cara Mereset HP Oppo A37

Pada halaman Setelan Tambahan, geser lagi layar ke bawah. Langkah selanjutnya adalah memilih menu Buat Cadangan dan Reset. Menu ini berfungsi untuk mengubah pengaturan perangkat ke setelan pabrik.

Langkah 3: Klik Hapus Semua Konten dan Pengaturan

Cara Mereset HP Oppo A37

Jika tombol tersebut sudah ditekan, kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya. Yang harus dilakukan adalah mengetuk opsi Hapus Semua Konten dan Pengaturan di bagian bawah.

Langkah 4: Tekan OK

Cara Mereset HP Oppo A37

Kamu akan mendapatkan notifikasi pop-up yang meyakinkanmu untuk menghapus semua konten dan setelan pada HP Oppo A37. Jika benar-benar yakin, tekan tombol OK.

Langkah 5: Perangkat Restart Otomatis

Cara Mereset HP Oppo A37

Lalu tunggu beberapa saat sampai perangkat melakukan reboot alias restart dengan sendirinya. Kamu akan membutuhkan waktu cukup lama sekitar 10 menit hingga proses wipe data benar-benar berhasil.

Langkah 6: Pilih Bahasa

Cara Mereset HP Oppo A37

Kalau HP Oppo sudah hidup kembali, kamu akan melihat menu bahasa yang akan digunakan. Kamu bisa menekan tombol Bahasa Indonesia, lalu tekan tombol Berikutnya atau Next.

Langkah 7: Pilih Kawasan

Cara Mereset HP Oppo A37

Langkah selanjutnya adalah memilih kawasan atau negara asal. Geser ke bawah sampai kamu menemukan opsi Indonesia. Jika sudah ketemu, tekan tombol Berikutnya lagi.

Terkait:  Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses di HP Oppo, Cek Penyebabnya!

Langkah 8: Klik Lewati

Cara Mereset HP Oppo A37

Jika muncul menu Jaringan Wi-Fi, biasanya kamu diminta untuk menyambungkan perangkat dengan sambungan internet terdekat. Kamu bisa mengabaikannya dengan mengetuk opsi Lewati atau Skip.

Langkah 9: Klik Berikutnya

Cara Mereset HP Oppo A37

Kamu akan melihat halaman berikutnya yang menampilkan keterangan Layanan Lokasi dan Informasi Pengguna. Kamu bisa mengikuti semua petunjuknya hingga selesai, lalu tekan tombol Berikutnya.

Langkah 10: Tekan Mulai Sekarang

Cara Mereset HP Oppo A37

Pada halaman berikutnya, kamu akan melihat informasi bertuliskan Terima kasih telah memilih Oppo yang berarti perangkatnya siap digunakan. Untuk memulai prosesnya, tekan tombol Mulai Sekarang.

Langkah 11: Proses Reset Selesai

Cara Mereset HP Oppo A37

Langkah yang terakhir adalah mengecek file manager atau galeri untuk memastikan kalau semua data dan file sudah terhapus. Selain itu, pastikan kapasitas internalnya pun kembali seperti semula. Jika semuanya kosong, proses reset sudah selesai.

Cara Mereset HP Oppo A37 Lewat Recovery Mode

Jika kamu tidak ingin membuang waktu untuk mengembalikan pengaturan perangkat ke setelan pabrik, maka bisa mencoba reset HP Oppo A37 melalui recovery mode di bawah ini:

  • Matikan HP Oppo A37 terlebih dulu.
  • Tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai kamu diarahkan ke recovery mode.
  • Pilih menu Bahasa Inggris atau English.
  • Gunakan tombol power untuk memilih, serta tombol volume sebagai navigasi.
  • Pilih menu Hapus Data atau Wipe Data.
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya hingga proses reset berhasil.

Cara Mereset HP Oppo A37 Lewat Menu Lupa Kata Sandi

Kamu pun dapat mengubah pengaturan perangkat ke setelan pabrik melalui menu forgot password. Opsi ini biasanya dilakukan kalau kamu lupa kata sandi ponselmu. Langkah-langkah reset HP Oppo A37 melalui menu tersebut adalah sebagai berikut:

  • Buka HP Oppo A37 kamu.
  • Kamu akan diminta memasukkan kata sandi untuk membuka ponselnya.
  • Masukkan PIN, pola atau kata sandi yang salah sebanyak lima kali.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat hingga muncul keterangan Coba Lagi.
  • Pilih menu Lupa Kata Sandi atau Forgot Password.
  • Gunakan alamat email aktif yang sudah tersambung pada HP Oppo A37.
  • Terakhir, matikan password nya untuk membuka lagi ponselnya tanpa kata sandi apapun.
Terkait:  Cara Membersihkan Sampah di HP Oppo Agar Tetap Ngebut

Cara Mereset HP Oppo A37 Lewat Android Device Manager

Android Device Manager adalah fitur yang memungkinkanmu untuk memperbaiki atau menemukan smartphone dengan cepat dan mudah, termasuk reset juga. Cara mereset HP Oppo A37 dengan Android Device Manager adalah sebagai berikut:

  • Pertama, masuk dengan akun Google yang sudah terhubung pada HP Oppo A37.
  • Jika sudah login, muncul menu pop-up dengan opsi dering, hapus dan kunci.
  • Pilih menu Kunci.
  • Cari perangkat berdasarkan petunjuk yang ada.
  • Kalau tidak terdeteksi, refresh halamannya lagi.
  • Input kata sandi baru ke kolom yang tersedia.
  • Klik Kunci
  • Kemudian, lakukan restart pada perangkatnya.
  • Jika ponselnya sudah restart, masukkan kata sandi baru yang sudah dibuat tadi.

Cara Mereset HP Oppo A37 Lewat Aplikasi Find MyMobile

Kamu dapat mengubah setelan perangkat ke pengaturan pabrik dengan menggunakan aplikasi Find MyMobile. Aplikasinya pun dapat diunduh melalui Google Play Store secara gratis, lho. Cara mereset HP Oppo A37 melalui aplikasi Find MyMobile adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Find MyDevice melalui HP Oppo A37.
  • Jika tidak punya aplikasinya, akses websitenya via Google Chrome.
  • Login dengan akun Google yang sudah tersambung pada perangkatnya.
  • Kemudian, hapus akunmu untuk reset ponselnya.
  • Hapus akun Google sesuai dengan petunjuk yang ada.
  • Terakhir, ikuti instruksi berikutnya hingga proses reset perangkatnya berhasil.

Demikian tutorial tentang cara mereset HP Oppo A37 dengan benar dan mudah. Kamu bisa menggunakan salah satu metode kami di atas untuk mengembalikan setelannya seperti awal. Selain itu, prosesnya aman dan pastikan daya baterainya mumpuni agar semua tahapannya dapat berjalan lancar. Semoga bermanfaat!

Related posts