Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung dengan Benar

Pindahlubang.com | Bagaimana cara mengunci jaringan 4G Samsung dengan benar? Kamu pasti pernah mengalami momen di mana sinyal ponsel mendadak lemot dan lebih lambat dari biasanya. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh penurunan kualitas jaringan dari 4G ke 3G/2G.

Pengguna HP Samsung maupun merk apapun sekarang tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, kamu bisa tetap menikmati jaringan LTE dimana saja dan kapan saja. Kamu pun dapat menguncinya supaya koneksinya selalu bertahan pada koneksi 4G setiap hari.

Di Indonesia, jaringan 4G LTE masih menjadi primadona semua pengguna smartphone. Walaupun beberapa wilayah sudah tersambung ke koneksi 5G, tapi mayoritas bahkan hampir setiap orang masih mengandalkan sinyal 4G.

Seperti kamu tahu kalau jaringan tersebut mempunyai tingkat kecepatan lebih tinggi dibandingkan 2G dan 3G. Kamu pun dapat mengakses media sosial, serta mengunduh file apapun lebih cepat. Jika HP kamu masih lemot, solusinya adalah dengan cara mengunci jaringan 4G Samsung yang akan dibahas lewat artikel ini.

Kelebihan Mengunci Jaringan 4G

HP Samsung tidak berbeda dengan smartphone lain karena semuanya pasti ingin tetap menggunakan jaringan 4G. Namun, tahukah kamu? Penggunaan koneksinya terus menerus ternyata memberi beberapa keuntungan di bawah ini:

  • Bebas Buffering
    Jika kamu sering menonton berbagai macam konten seru di YouTube, alangkah baiknya segera mengunci jaringan 4G. Pasalnya, streaming pun dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja setiap hari, bahkan bebas buffering alias lemot saat melihat cuplikan video yang diinginkan.
  • Download dan Upload Lebih Cepat
    Siapapun yang sering mengunduh atau mengunggah beragam konten di media sosial, alangkah baiknya mengunci jaringan 4G pada ponselnya. Jika koneksinya bertahan pada sinyal 4G, proses download maupun upload pun dapat dilakukan dengan cepat.
  • Kurangi Latensi
    Jaringan 4G ternyata mampu mengurangi latensi alias ping dibandingkan sinyal 3G. Koneksi pun dapat semakin responsif dan stabil, lho. Kamu bahkan bisa bermain game online lebih lancar, serta bebas delay maupun hang akibat mengunci koneksi 4G setiap hari.
Terkait:  Cara Membuat Catatan di HP Samsung

Kekurangan Mengunci Jaringan 4G

Walaupun memberikan beragam manfaat yang menguntungkan, tapi ternyata penguncian jaringan 4G mempunyai kelemahan tertentu, lho. Beberapa kelemahan tersebut di antaranya:

  • Perangkat Cepat Panas
    Tak bisa dimungkiri bahwa sinyal 4G yang dikunci ternyata berdampak buruk pada performa HP kamu. Pasalnya, smartphone akan cepat panas karena bekerja ekstra untuk menangkap jaringan 4G untuk digunakan setiap hari.
  • Tidak Bisa Membuat atau Menerima Panggilan Telepon
    Jaringan 4G LTE yang kuat dan stabil, serta dikunci setiap hari ternyata membuatmu sulit mendapat atau menerima panggilan telepon. Sinyal tersebut hanya bisa digunakan untuk mengakses internet saja, sehingga kamu tidak dapat menikmati layanan SMS atau telepon.
  • Baterai Cepat Habis
    Masalah utama yang paling sering terjadi akibat penguncian jaringan 4G adalah baterai perangkat cepat habis. Hal ini dikarenakan HP Samsung akan bekerja lebih keras untuk menangkap sinyal 4G, sedangkan kondisi tersebut membuat konsumsi baterai semakin besar.

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung
Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Cara mengunci jaringan 4G Samsung bisa dilakukan dengan atau tanpa aplikasi. Jika kamu belum pernah melakukannya, sebaiknya ikuti pembahasan artikel kami selanjutnya. Kami akan membantu para pengguna HP Samsung untuk mengunci sinyal LTE dengan mudah.

Kami sudah menyiapkan panduannya agar kamu dapat mengunci jaringannya tanpa aplikasi apapun. Selain itu, prosesnya pun terbilang cepat dan simpel. Kamu cukup menggunakan kode rahasia yang dihubungi melalui panggilan telepon.

Langkah 1: Buka Aplikasi Telepon

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Langkah yang pertama adalah membuka aplikasi Telepon atau Phone, kemudian ketik *#0011# dan tunggu beberapa saat sampai muncul halaman Service Mode.

Langkah 2: Pilih Menu Lainnya

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Pada halaman Service Mode, kamu akan melihat berbagai macam informasi mengenai perangkat yang sedang digunakan. Langkah selanjutnya adalah memilih menu Lainnya yang berada di samping kanan atas.

Terkait:  Cara Mengatur Sensitif Layar Samsung Tanpa Aplikasi

Langkah 3: Klik Key Input

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Kamu akan melihat beberapa opsi pada menu Lainnya. Namun, yang harus dilakukan selanjutnya adalah menekan tombol Key Input.

Langkah 4: Masukkan Key Input

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Tahap selanjutnya adalah memasukkan key input ke dalam kolom tersedia. Kamu cukup mengetik huruf Q, kemudian tekan tombol OK.

Langkah 5: Klik Back

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Jika key input sudah dimasukkan, maka kamu bisa menekan tombol Lainnya lagi. Kamu pun dapat mengetuk opsi Back untuk kembali ke bagian awal.

Langkah 6: Masukkan Kode 0000

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Langkah berikutnya adalah kamu akan diminta memasukkan kode rahasia ke dalam kolom yang tersedia. Kamu cukup mengetik angka 0000 saja, kemudian tekan tombol OK.

Langkah 7: Pilih Menu Debug Screen

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Kamu akan diarahkan ke halaman utama atau Main Menu, di mana laman tersebut akan menampilkan beberapa menu yang bisa digunakan. Kamu bisa mengetuk opsi Debug Screen atau angka 1.

Langkah 8: Klik Phone Control

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Pada halaman Debug Screen, kamu akan melihat beberapa opsi lagi. Langkah selanjutnya adalah mengetuk opsi Phone Control atau angka 8.

Langkah 9: Pilih Menu Network Control

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Berikutnya adalah mengetuk opsi Network Control, atau tekan angka 7 pada halaman Phone Control.

Langkah 10: Klik Band Selection

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Pada halaman Network Control, ada beberapa menu lagi yang harus dipilih. Kamu harus memilih opsi Band Section atau tekan angka 2.

Langkah 11: Pilih Menu Band Selection SIM 1

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Langkah selanjutnya adalah menekan tombol Band Selection SIM 1 jika kamu ingin mengunci sinyal 4G pada SIM 1. Namun, kamu pun dapat menekan angka 2 untuk menguncinya pada SIM 2.

Langkah 12: Klik LTE All

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Jika kamu sudah menekan angka 1, maka bisa mengetuk opsi LTE 1 Band atau angka 7 pada laman berikutnya. Selain itu, kamu pun dapat menekan tombol LTE All atau angka 1 untuk mengunci semua sistemnya ke jaringan 4G.

Terkait:  Cara Screenshot Samsung A11 (3 Metode) Mudah

Langkah 13: Jaringan 4G Sudah Terkunci

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Kamu akan mendapatkan pemberitahuan LTE All Band Selected, di mana notifikasi tersebut menegaskan bahwa sinyal 4G LTE sudah dikunci. Alhasil, kamu pun dapat menikmati koneksinya setiap hari.

Langkah 14: Tutup Program

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Cara mengunci jaringan 4G Samsung yang terakhir adalah memilih menu Lainnya lagi, lalu tekan tombol End untuk menutup program tersebut.

Mengunci Jaringan 4G Samsung dengan Aplikasi Force LTE Only

Sinyal LTE pun dapat dikunci dengan menggunakan aplikasi Force LTE Only secara gratis. Cara mengunci jaringan 4G Samsung melalui aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Force LTE Only melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama, ketuk opsi LTE/3G/2G Setting atau Pengaturan LTE/3G/2G.
  • Pilih kartu SIM yang sinyalnya akan dikunci.
  • Jika sudah dipilih, tunggu beberapa saat hingga jaringannya terkunci ke 4G LTE secara otomatis.

Demikian informasi tentang cara mengunci jaringan 4G Samsung dengan atau tanpa aplikasi yang wajib kamu tahu. Jika sinyal ponselmu masih agak lemot, sebaiknya ikuti panduan kami di atas untuk mengatasi masalah tersebut. Selamat mencoba!

Similar Posts