Home » Cara Cek » Cara Cek IMEI iPhone

Cara Cek IMEI iPhone

Bagaimanakah cara cek imei iphone yang mudah dan benar? Bisakah kita melakukan cek imei iphone resmi online? Ulasan berikut ini akan membahas seputar produk smartphone kelas atas yang sering dikenal dengan sebutan iPhone.

Pernahkah kita terpikir untuk memilih iPhone sebagai smartphone andalan? Sebagaimana diketahui iPhone sering dikaitkan dengan produk kelas menengah atas yang masih jarang dimiliki oleh orang lain.

Hal ini berkaitan dengan harga yang dibanderol terbilang cukup tinggi. Namun, siapa sangka jika pemilik iPhone sering merasa bangga dengan hadirnya gambar buah apel cuil seperti termakan di belakang bodi.

Logo buah apel cuilnya pun tengah populer dikalangan masyarakat. Sehingga pemilik iPhone sering kali terlihat begitu mewah saat memakainya. Selain memiliki harga yang cukup mahal, iPhone juga akan menyuguhkan privasi yang kuat kepada setiap penggunanya.

Berbicara mengenai mahalnya harga produk iPhone, tak dapat dipungkiri bahwa banyak juga diluaran sana yang berhasil menirukan produk dari Apple ini. Sehingga menjadikan kita harus pandai memilih dan memilah produk Apple iPhone yang asli saat hendak membelinya.

Salah satu cara untuk mengetahui keaslian produk yaitu dengan mengecek IMEI iPhone. Apakah resmi ataukah tidak. Sudahkah kita mengetahui apa itu IMEI? International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP.

Fungsi IMEI iPhone

Sudah tau belum apa saja fungsi IMEI di iPhone? Sebelum mengenal fungsinya, kita perlu tau bahwa IMEI sendiri mempunyai kode yang dikenal dengan Type Allocation Code (TAC) yang dapat menunjukkan pembuat dan model dari smartphone.

Umumnya, IMEI terdiri dari 14 hingga 16 digit nomor unik. Dimana nomor ini nantinya dipakai untuk keperluan perbaikan perangkat saat mengalami kerusakan. IMEI juga sangat berfungsi jika suatu saat iPhone kita hilang ataupun dicuri. Untuk lebih mengenal apa saja fungsi IMEI pada iPhone, simak penjabaran berikut.

Kegunaan IMEI iPhone:

  • Mengetahui Identitas iPhone : Untuk mengetahui identitas iPhone secara mendetail bisa dicek melalui situs imei.info menggunakan nomor IMEI iPhone.
  • Mengecek Garansi iPhone : Untuk mengetahui masa berlaku garansi ponsel apakah sudah habis ataukah masih berlaku.
  • Melacak iPhone yang Hilang : Untuk mengetahui keberadaan ponsel iPhone yang hilang ada dimana dengan lokasi yang akurat.

Cara Cek IMEI iPhone

Cara Cek IMEI iPhone

Cek IMEI iPhone

Setelah mengetahui apa saja fungsi dari IMEI iPhone yang sangat beragam, selanjutnya adalah melakukan pengecekan nomor IMEI pada iPhone. Untuk dapat mengetahui letak nomor IMEI nya, cara mengecek IMEI iPhone bisa dilakukan dengan beberapa metode berikut ini.

1. Cek IMEI iPhone Melalui Menu Setting

Langkah paling utama yang terbilang paling mudah untuk dapat mengecek IMEI iPhone adalah dengan melalui menu Setting bawaan ponsel. Langkah-langkahnya:

  • Buka kunci iPhone kamu.
  • Buka menu utama iPhone.
  • Pilih dan tekan Settings / Pengaturan.
  • Pilih General / Umum.
  • Pilih About / Mengenai.

Maka akan langsung muncul rincian tentang ponsel mulai dari seri iPhone hingga IMEI iPhone dapat dilihat pada menu About tersebut. Kita bisa melakukan pencatatam nomor IMEI tersebut apabila suatu saat diperlukan dan agar tidak hilang.

2. Cek IMEI iPhone Melalui Kode Rahasia

Metode kedua untuk dapat mengetahui nomor IMEI iPhone adalah dengan menggunakan kode rahasia. Cara kedua ini juga dapat dipakai untuk mengetahui IMEI android. Adapun cara mengecek IMEI iPhone melalui kode rahasia yaitu sebagai berikut.

  • Buka kunci iPhone dan posisikan pada standby.
  • Buka menu Telepon / Dial Up.
  • Input dan masukkan kode *#06#
  • Tanpa menekan tombol Panggil, akan langsung muncul nomor IMEI iPhone.
  • Catat jika suatu saat diperlukan.

3. Cek IMEI iPhone Melalui Bodi iPhone

Bagi yang tidak ingin repot, sebagai perusahaan ternama Apple selalu memudahkan pengguna dengan meletakkan nomor IMEI pada bagian belakang bodi iPhone. Sehingga dapat diketahui dengan mudah.

Untuk dapat melihat nomor IMEI iPhone, langsung saja arahkan pandanganmu pada bagian belakang bodi iPhone tepatnya dibagian bawah logo atau tulisan iPhone. Maka disitu tampak secara mendetail nomor IMEI dan serian number iPhone kamu.

4. Cek IMEI iPhone Melalui Box iPhone

Hampir sama dengan metode ketiga, mengecek IMEI iPhone selanjutnya juga tidak terlalu membuat ribet. Hanya saja, kita harus direpotkan untuk mencari kembali kardus box wadah iPhone untuk dapat mengetahui IMEI iPhone.

Bagi yang hendak membeli iPhone bekas tanpa disertai box, mungkin sedikit kerepotan saat cek IMEI iPhone. Namun, alternatifnya bisa memakai metode selanjutnya untuk tau berapa nomor IMEI iPhone yang dipegang saat ini.

5. Cek IMEI iPhone Melalui Slot SIM Card

Metode kelima yang juga merupakan cara mudah cek IMEI iPhone yaitu melalui slot kartu SIM operator jaringan seluler. Dalam istilah iPhone, Slot SIM Card juga disebut dengan Tray SIM. Dimana Tray SIM merupakan tempat atau wadah pengguna iPhone untuk meletakkan kartu SIM Card.

Berbeda dengan smartphone lain, dimana Apple meletakkan nomor IMEI iPhone pada bagian pinggiran Tray SIM atau Slot Sim Card. Jika kita hendak meletakkan atau mengganti kartu SIM dan mengeluarkan slot SIM Card, maka akan langsung terlihat nomor IMEI pada Tray SIM tersebut.

6. Cek IMEI iPhone Melalui Finder dan iTunes

Masih dengan metode lain untuk mengetahui nomor IMEI iPhone selanjutnya yaitu menggunakan metode Finder dan iTunes. Sebagai pengguna iPhone, kita dapat dengan mudah mengecek IMEI iPhone kita melalui Finder atau iTunes.

iTunes merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengisi lagu pada HP iPhone. Selain menjadi aplikasi pengisi lagu, iTunes juga dapat difungsikan untuk mengecek IMEI lho! Jadi dapat dipakai untuk mengetahui keaslian iPhone kita dengan mudah.

Kita dapat menemukan nomor seri perangkat di Finder atau iTunes, Cara dan Langkahnya:

  • Sambungkan perangkat ke komputer.
  • Di Mac dengan macOS Catalina 10.15 atau versi lebih baru, buka Finder. Di Mac dengan macOS Mojave 10.14 atau versi lebih lama, atau di PC, buka iTunes.
  • Temukan perangkat. Di Finder, pastikan kita berada di tab Umum. Di iTunes, klik tab Ringkasan untuk melihat informasinya.
  • Untuk iPhone, klik Nomor Telepon di bawah nama perangkat atau model perangkat untuk menemukan IMEI/MEID dan ICCID. Untuk iPad (model seluler), klik Nomor Seri untuk menemukan CDN, IMEI/MEID, dan ICCID.

Jika ingin menempelkan informasi ini ke formulir pendaftaran atau dukungan Apple, pilih Edit » Salin Nomor Seri.

Apabila Tidak Punya Perangkat

Lalu, jika kita tidak punya perangkat bagaimana? Tenang, masih terdapat beberapa tempat yang dapat kita periksa untuk mengecek nomor seri atau IMEI/MEID. Caranya:

  • Buka appleid.apple.com di browser web di komputer.
  • Masuk dengan ID Apple yang kita gunakan di perangkat.
  • Gulir ke bawah ke bagian Perangkat. Untuk melihat nomor seri dan IMEI/MEID, pilih perangkat.

Jika Anda masih memerlukan bantuan, berikut langkah yang dapat kita coba selanjutnya:

  • Apakah kita memiliki perangkat lain dengan iOS 10.3 atau versi lebih baru yang masuk ke ID Apple? Di perangkat itu, buka Pengaturan » [Nama Kamu]. Gulir ke bawah untuk melihat perangkat yang masuk dengan ID Apple kamu. Untuk melihat nomor seri dan IMEI/MEID, ketuk nama perangkat.
  • Kamu masih menyimpan kemasan asli perangkat? Temukan nomor seri dan IMEI/MEID pada barcode.

7. Cek IMEI iPad dan iPod touch

Masih sama dengan produk Apple lainnya, sekarang bagi pengguna iPad dan iPod touch yang ingin mengetahui nomor seri atau IMEI bisa melakukan metode seperti nomor 3 diatas.

Kita dapat menemukan nomor seri iPad Pro, iPad, atau iPod touch di bagian belakang perangkat. Di iPad (model Wi-Fi + Cellular), kita juga dapat menemukan IMEI disana.

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami ulas mengenai cara cek IMEI iPhone beserta metode lengkap yang dapat dipilih sesuka hati. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman kamu ya slur! 😉

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *