Cara Melihat Spesifikasi HP Samsung

Cara Melihat Spesifikasi HP Samsung dengan Benar

Pindahlubang.com | Cara melihat spesifikasi hp samsung memang menjadi salah satu cara yang banyak sekali dicari para pengguna smartphone terutama samsung, yang mana berguna untuk mereka mengetahui spesifikasi ataupun detail dari jenis perangkat yang mereka gunakan. Biasanya, hal ini sangat berguna untuk mereka yang hendak melakukan tweaking ataupun mencocokkan apakah spesifikasi yang mereka miliki memang sesuai dengan yang tertera, atau ada miss atau kesalahan spesifikasi, sehingga mereka bisa melakukan retur ataupun mempermudah proses claim garansi ketika ponsel mengalami masalah.

Terlepas dari tujuan-tujuan di atas tadi, tentunya mengetahui spesifikasi pada ponsel samsung memang menjadi hal yang cukup penting untuk para pengguna. Di mana selain untuk melakukan tweaking, para pengguna juga bisa lebih mengetahui tentang detail dari ponsel yang mereka gunakan. Karena tak jarang, ada juga loh para pengguna yang mungkin ingin membeli ponsel second dengan merk samsung, yang mana harus diketahui dulu spesifikasinya apakah sesuai atau tidak dengan yang dijelaskan pada deskripsi penjual.

Cara Melihat Spesifikasi HP Samsung

Cara Melihat Spesifikasi HP Samsung
Cara Melihat Spesifikasi HP Samsung

Untuk itu, di sini mimin akan menjelaskan beberapa cara melihat spesifikasi hp samsung yang mungkin juga bisa menjadi referensi untuk kalian baik untuk membeli ponsel baru sesuai dengan spesifikasi yang diiklankan, membeli hp samsung dalam kondisi second, atau bahkan untuk sekedar melakukan tweaking ataupun yang lainnya. Adapun untuk cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut.

Cara Melihat Spesifikasi HP Samsung lewat Box Samsung

Dari sekian banyak cara melihat spesifikasi hp samsung, di sini kamu bisa menggunakan cara yang terbilang sangat mudah dan juga memang bisa kamu lakukan tanpa menggunakan bantuan aplikasi apapun, atau bahkan tanpa menggunakan koneksi internet. Karena di sini, kamu bisa melakukan pengecekan spesifikasi dengan mudah.

  1. Jika kamu membeli hp samsung dalam kondisi baru, pastikan kamu mendapatkan dus atau box hp dari ponsel kalian
  2. Setelah itu cek pada bagian belakang dus box tadi
  3. Nantinya, kamu akan menemukan tulisan berupa spesifikasi dari hp samsung kalian
  4. Setelah itu, kamu bisa memfoto pada bagian belakang dus box untuk memastikan atau menyimpan data dari spesifikasi hp kalian
  5. Selesai
Terkait:  Cara Hemat Baterai Samsung Tanpa Aplikasi Agar Awet Seharian

Cara ini terbilang sangat mudah, oleh sebab itu mimin menaruhnya pada urutan pertama. Namun selain daripada kamu bisa melakukan pengecekan spesifikasi lewat bagian belakang dus box, biasanya juga di dalam dus box hp samsung akan terdapat semacam buku panduan yang di dalamnya juga tertera mengenai spesifikasi dari ponsel kalian.

Cara Melihat Spesifikasi HP Samsung lewat Pengaturan

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa melakukan pengecekan spesifikasi hp samsung dengan mudah, melalui menu pengaturan ponsel. Cara ini bisa jadi alternatif yang patut untuk kamu coba, karena caranya juga sangat mudah untuk dilakukan. Yang harus kamu lakukan adalah

  1. Buka pengaturan atau settings dari hp samsung kalian masing-masing
  2. Setelah itu, kamu bisa scroll ke bagian bawah, sampai menemukan opsi about phone
  3. Klik pada menu about phone tadi, dan nantinya kamu akan di arahkan ke laman tentang perangkat
  4. Pada laman about phone ini, kamu bisa melihat detail dari spesifikasi hp samsung yang kamu gunakan, seperti besaran ram, penyimpanan, versi android, dan lain sebagainya.

Cara ini terbilang sangat mudah, karena selain kamu bisa melakukannya secara langsung dari ponsel android kalian, kamu juga tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun untuk melihat spesifikasi ponsel samsung yang kamu miliki. Dan tentu saja, kamu bisa melakukan validasi ulang dengan mengecek pada bagian belakang dus box samsung mengenai spesifikasinya.

Cara Melihat Spesifikasi HP Samsung lewat CPU-Z

Kemudian untuk cara yang kedua adalah kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi yang bernama CPU-Z yang mana memang aplikasi ini bisa menjadi salah satu cara yang mana memudahkan kalian untuk melihat spesifikasi ponsel, terutama hp samsung. Dan tentu saja, untuk cara yang bisa kamu lakukan di sini cukup mudah, seperti.

  1. Buka Google Play Store di hp samsung kalian
  2. Setelah itu kamu bisa langsung tap pada kolom pencarian lalu cari kata kunci CPU-Z 
  3. Jika sudah ketemu, kamu bisa tap pada icon CPU-Z yang berwarna ungu
  4. Kemudian kamu bisa klik pada tombl install untuk memulai proses download dan installnya
  5. Setelah proses installasi selesai, kamu bisa langsung klik pada tombol Open untuk membuka aplikasi
  6. Sesudah aplikasi terbuka, kamu bisa langsung masuk ke laman utama dari CPU-Z yang mana akan menampilkan detail dari spesifikasi ponsel samsung kalian
  7. Untuk melihat detail lebih lengkap dari spesifikasi hp, kamu bisa klik pada tab yang ada di CPU-Z, mulai dari tab display, network, battery, CPU, dan lain sebagainya.
Terkait:  Cara Merubah File Jpg ke Pdf di Android

Setelah berhasil mengetahui spesifikasi dari ponsel kalian, kamu tinggal mencocokkan dengan yang ada di dus box hp samsung kamu, apakah sesuai atau tidak. Dengan begitu, kamu bisa lebih yakin dengan spesifikasi yang ditampilkan.

Cara Melihat Spesifikasi HP Samsung lewat Website

Kemudian untuk cara selanjutnya kamu bisa melakukan pengecekan untuk spesifikasi hp samsung melalui website. Yang mana, website ini akan membantu kamu untuk melakukan pengecekan spesifikasi secara detail dengan menggunakan IMEI dari ponsel yang kamu miliki. Dan tentu saja, caranya sangat mudah untuk dilakukan.

  1. Buka browser di komputer, laptop, atau bahkan ponsel kalian masing-masing
  2. Setelah itu kunjungi situs imei.info
  3. Nantinya di laman imei info ini kamu akan menemukan kolom untuk memasukkan IMEI dari ponsel kalian
  4. Gunakan kode rahasia atau kode untuk mengecek IMEI ponsel, sehingga kamu bisa mengetahui 15 digit IMEI ponsel samsung kamu
  5. Setelah itu, kamu bisa menyalin kode IMEI ponsel dan mempastenya pada kolom yang tersedia di situs imei info
  6. Jika sudah klik pada tombol check dan tunggu sampai proses pengecekannya selesai
  7. Nantinya, di dalam situs tersebut kamu akan mengetahui detail dari ponsel kalian, baik dari status IMEI, dan juga spesifikasi ponsel.

Nah, selain melakukan pengecekan spesifikasi hp samsung, cara ini juga bisa berguna untuk kamu yang ingin mengetahui status IMEI dari ponsel kalian apakah terdaftar atau tidak. Dengan begitu, tentunya cara ini menjadi opsi yang sangat lengkap untuk melakukan pengecekan baik untuk hp samsung baru, ataupun hp samsung second untuk memastikan apakah IMEI yang digunakan terblokir atau tidak.

Disarankan: Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Nah itulah tadi beberapa cara melihat spesifikasi hp samsung yang bisa kamu coba, silakan gunakan salah satu cara yang mana menurutmu paling mudah untuk dilakukan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terkait:  Cara Melihat Password Instagram yang Tersimpan di Android dan iPhone

Similar Posts