Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh (Yang Benar)

Pindahlubang.com | HP Xiaomi tidak bisa disentuh atau tidak merespons sama sekali menjadi salah satu masalah umum yang sering dialami para penggunanya. Namun, kondisi tersebut tidak berlangsung selamanya karena cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh dapat dilakukan dengan mudah.

Kamu bahkan tidak perlu menggunakan aplikasi ketiga, lho. Smartphone apapun pasti pernah mengalami masalah di mana layarnya tidak bisa disentuh, sedangkan sensornya tidak merespons permintaanmu untuk menggeser slide dari arah mana pun.

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh bisa dilakukan dengan berbagai macam langkah sederhana, mulai dari mengelola setelan perangkat sampai mengeluarkan kartu SIM nya. Jika kamu ingin mengatur setelannya, kamu harus menekan layarnya berulang kali agar merespons, lho.

Di samping itu, kamu harus tahu penyebab HP Xiaomi sulit disentuh. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh hal-hal yang sebenarnya sepele, namun dibiarkan begitu saja. Jika kamu ingin tahu lebih jelas, semuanya akan dibahas lewat artikel ini.

Penyebab HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Secara umum banyak penyebab HP Xiaomi mengalami freeze alias tidak bisa disentuh, namun masalah tersebut hampir sering diakibatkan oleh hal-hal di bawah ini:

  • HP terkena air.
  • Kapasitas RAM penuh.
  • HP menggunakan charger lain (tidak orisinal).
  • HP terjatuh yang mengakibatkan socket ke jalur LCD lepas dan rusak, sehingga sensor sentuhannya tidak dapat merespons saat disentuh.
  • Layar HP rusak karena tertekan berbagai macam benda berat.
Terkait:  Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi dengan Benar

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh
Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh dapat dilakukan tanpa aplikasi apapun. Bagi kamu yang sedang mengalami masalah tersebut, sebaiknya ikuti dan simak pembahasan artikel kami untuk menemukan solusinya. Kami sudah menyiapkan beberapa panduan agar HP Xiaomi yang mengalami freeze dapat digunakan lagi.

Kamu bisa mengakses menu setelan untuk menonaktifkan opsi talkback, sedangkan menunya pun dapat diakses dengan menekan layar berulang kali. Jika opsinya sudah dinonaktifkan, ponselmu pasti bisa dipakai seperti biasa.

Langkah 1: Buka Menu Pengaturan

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Langkah yang pertama adalah membuka menu Pengaturan atau Setting. Walaupun ponselmu agak sulit merespon, ternyata kamu dapat mengaksesnya dengan menekan layar berulang kali. Jika sudah masuk ke setelan, klik Pengaturan Tambahan atau Additional Setting.

Langkah 2: Pilih Menu Aksesibilitas

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Pada halaman Pengaturan Tambahan, geser ke bawah secara perlahan dengan menggunakan dua jarimu. Kemudian, pilih menu Aksesibilitas atau Accesibility untuk masuk ke bagian selanjutnya.

Langkah 3: Klik TalkBack

Langkah selanjutnya adalah mengetuk opsi TalkBack yang berada di bagian atas. Menu ini biasanya harus dimatikan, sehingga ponselmu dapat bekerja kembali secara normal.

Langkah 4: Matikan Opsi Aksesibilitas

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Kamu akan diarahkan ke halaman berikutnya, di mana opsi Aksesibilitas harus dinonaktifkan. Caranya dengan menggeser slider ke samping kiri sampai berubah warna menjadi abu-abu.

Langkah 5: Klik OK

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Tahap berikutnya adalah tunggu beberapa saat sampai muncul menu pop-up, di mana isinya adalah pemberitahuan untuk menonaktifkan opsi aksesibilitas dan talkback. Jika setuju, tekan tombok OK.

Langkah 6: Matikan HP Xiaomi

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Jika sudah dinonaktifkan, maka kamu bisa mematikan HP Xiaomi dan menghidupkannya kembali. Namun, kamu pun dapat memposisikannya dalam keadaan stand by kemudian nyalakan lagi dengan memasukkan PIN, pola atau kata sandi yang aktif.

Terkait:  Cara Mengatasi HP Ngeblank

Langkah 7: HP Xiaomi Bisa Disentuh Kembali

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Langkah yang terakhir adalah membiarkan perangkat selama beberapa saat sesudah dinyalakan. Kemudian, kamu bisa menguji coba dengan menggeser layar dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Jika merespons, ponselmu dapat digunakan lagi seperti biasa.

Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Membersihkan Layar

Jika kamu merasa layar ponsel tidak merespons saat digunakan, cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh sama sekali adalah dengan membersihkan layarnya dengan benar. Caranya sangat mudah dan praktis, di mana kamu bisa menggunakan tisu basah atau kain bersih saja.

Jika sudah disiapkan, usap seluruh permukaan layar ponselmu secara perlahan. Kalau sudah dibersihkan, sentuh kembali layarnya dan jika masih freeze, kemungkinan besar sumber masalahnya dari bagian internal alias software perangkatnya.

Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Reset dari Volume

Kalau HP Xiaomi kamu terasa freeze, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan reset melalui tombol volume. Cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh sama sekali ini terbukti aman, bahkan tidak akan menghapus semua data dan file yang tersimpan, lho.

Perangkatnya hanya akan memperbarui sistem supaya layarnya bisa kembali sensitif. Kamu cukup menekan tombol volume atas dan bawah dalam waktu yang sama, kemudian tahan selama beberapa detik. Jika sudah ditahan, HP Xiaomi akan membuka kunci dan bisa dipakai lagi.

Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Hard Factory Reset

Kamu bisa mencoba cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh sama sekali dengan hard factory reset. Jika kamu belum pernah melakukannya, simak tutorial lengkapnya di bawah ini:

  • Pertama, tekan tombol Power dan Volume Bawah dalam waktu yang sama.
  • Tombolnya harus ditekan dan ditahan selama 3-5 detik.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat hingga perangkatnya melakukan reset dan pastikan kedua tombol tersebut masih ditekan.
  • Jika muncul logo Mi, terdapat beberapa opsi yang bisa dipilih.
  • Pilih menu Hapus Data atau Wipe Data.
  • Klik Bersihkan Semua Data atau Wipe All Data.
  • Pilih menu Konfirmasi atau Confirm.
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya sampai HP Xiaomi bisa digunakan kembali.
Terkait:  Cara Mengatasi HP Xiaomi Ngehang Tanpa Aplikasi, Ampuh!

Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Melepas Pelindung Layar

Kamu pun dapat mengatasi HP Xiaomi yang freeze dengan melepas pelindung layarnya. Meski begitu, kamu tidak boleh menggunakan berbagai macam benda tajam saat mengambil benda tersebut. Hal ini dikarenakan ujungnya dapat menggores layar ponselnya.

Kamu bisa menggunakan kedua tangan dengan mengambil setiap ujung pelindung layar HP Xiaomi. Jika sudah diambil, bersihkan seluruh permukaan layarnya secara merata, diamkan beberapa saat sampai perangkat benar-benar bisa disentuh kembali.

Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Restart

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh sama sekali yang paling sering dilakukan adalah dengan mematikan ulang perangkatnya. Kamu dapat melakukan restart ponselmu sendiri seperti panduan di bawah ini:

  • Pertama, tekan dan tahan tombol Power selama beberapa detik.
  • Jika sudah ditekan, tunggu beberapa saat hingga muncul opsi secara otomatis.
  • Pilih menu Mulai Ulang atau Restart.
  • Kemudian, HP Xiaomi akan restart dengan sendirinya.
  • Kalau HP Xiaomi sudah menyala lagi, sentuh dan usap layarnya dari arah mana pun untuk memastikan sensor touchscreen nya masih berfungsi dengan baik.

Demikian informasi lengkap tentang cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh sama sekali beserta penyebab utamanya yang wajib kamu tahu. Jika ponselmu mengalami freeze, sebaiknya ikuti panduan kami di atas agar HP kamu dapat digunakan lagi seperti biasa. Semoga bermanfaat!

Similar Posts