Cara Agar Tidak Terlihat Online di Telegram

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Telegram (Yang Benar)

Pindahlubang.com | Bagaimana cara agar tidak terlihat online di Telegram yang mudah? Telegram sudah menjadi salah satu aplikasi percakapan virtual yang semakin populer saat ini. Di Indonesia, popularitasnya kian melambung dan bersaing dengan rivalnya, WhatsApp.

Telegram bahkan mempunyai berbagai macam keunggulan yang tidak dimiliki WA, lho. Bagaimana tidak, kamu bisa menonton drama Korea (drakor) di Telegram dengan mudah, sedangkan filenya pun dapat diunduh atau tidak untuk menghabiskan waktu luang di rumah.

Telegram dan WhatsApp juga mempunyai salah satu persamaan yang mana penggunanya bisa menghilangkan keterangan online saat aplikasinya sedang dibuka. Jika kamu sering menggunakan WA, pasti tahu bahkan menghafalnya di luar kepala.

Bagi kamu yang jarang mengakses Telegram, cara agar tidak terlihat online di Telegram pasti sulit dilakukan. Kamu sebenarnya bisa menghilangkan jejak tersebut supaya orang lain tidak dapat mengetahui bahwa kamu sedang chat dengan siapapun. Tanda online pun biasanya diganti dengan baru saja dilihat, belakangan ini, dsb.

Cara Daftar Telegram Lewat HP

Bagi kamu yang ingin tahu cara agar tidak terlihat online di Telegram, sebaiknya daftar diri sebagai penggunanya terlebih dulu. Cara daftar Telegram melalui HP Android dan iPhone bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Download aplikasi Telegram melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone).
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama, pilih menu Mulai Pesan atau Start Messanging.
  • Swipe ke kiri hingga menemukan menu Pendaftaran, ketuk opsi tersebut.
  • Kemudian, masukkan nomor ponsel aktif yang akan didaftarkan.
  • Jika nomor HP kamu sudah ditambahkan, pihak Telegram akan mengirim kode verifikasi yang dikirim via SMS.
  • Terakhir, masukkan kode verifikasi ke kolom tersedia dan akun Telegram sudah dapat digunakan.
Terkait:  Cara Mengganti Wallpaper Telegram di Android, iPhone dan PC

Cara Daftar Telegram Lewat PC

Kamu pun dapat mendaftarkan akun Telegram melalui desktop seperti laptop atau PC, lho. Cara daftar Telegram melalui PC adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi situs resmi Telegram via web.telegram.org melalui peramban browser.
  • Klik Telegram Web.
  • Kemudian, masukkan nomor ponsel aktif ke kolom tersedia.
  • Jika sudah mendapatkan nomor verifikasi, masukkan nomor tersebut ke laman resmi Telegram Web.

Kelebihan Telegram

Telegram sudah menjadi salah satu aplikasi percakapan online yang sangat menarik perhatian banyak orang. Pasalnya, setiap penggunanya bahkan kamu sendiri akan mendapatkan beragam layanan yang menguntungkan di bawah ini:

  • Fitur Bot dan Channel
    Fitur ini memudahkanmu untuk berkomunikasi dengan siapapun tanpa batas. Meski begitu, keberadaan bot dan channel hampir sama seperti layanan radio berbentuk tulisan. Channel Telegram hanya bisa terhubung dalam satu arah, sedangkan bot dikendalikan oleh sistem kecerdasan buatan (AI).
  • Ukuran File yang Besar
    Jika dibandingkan dengan WhatsApp, Telegram menawarkan ukuran penyimpanan data dan file lebih besar. Pasalnya, kamu bisa mengirim atau menyimpan data apapun dengan kapasitas maksimum sebesar 100 MB. Angka ini berbanding terbalik dengan rivalnya yang justru hanya mampu menampung ukuran file maksimal sekitar 16 MB saja.
  • Terdapat Dua Jenis Opsi Pengiriman File
    Pengguna Telegram bisa mengirim data dan file dengan dua jalur berbeda, yakni data asli dan file yang sudah dikompresi (ukurannya diperkecil). Menariknya, kamu bisa menikmati kedua layanan tersebut, lho. Jika tidak ingin menghabiskan kuota dan ruang penyimpanan terlalu besar, sebaiknya gunakan opsi yang sudah dikompresi saja.

Kekurangan Telegram

Aplikasi media sosial mana pun pasti mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing, termasuk Telegram. Kamu harus tahu bahwa aplikasi ini memiliki kekurangan yang harus diketahui seperti di bawah ini:

  • Belum Tersedia Fitur Update Status
    Untuk hal ini, aplikasi WhatsApp masih mengungguli Telegram. Pasalnya, kamu belum bisa menikmati layanan update status karena aplikasi berwarna biru muda ini tidak didukung layanan update status gambar maupun tulisan.
  • Tidak Tersedia Video Call Grup
    Telegram masih tetap mengembangkan layanannya untuk setiap pengguna dari segala aspek, salah satunya segi komunikasi. Sayangnya, kamu masih belum bisa menikmati layanan video call grup. Fitur ini hanya bisa dinikmati antar individu seperti melakukan panggilan biasa.
  • Notifikasi Grup yang Ramai
    Grup Telegram punya sedikit perbedaan dengan WhatsApp. Pasalnya, notifikasinya bisa dibilang lebih berisik dan ramai, lho. Jika kamu menonaktifkan nada dering dan getarannya, kamu pun akan sulit mengetahui informasi yang sedang dibahas di sana.
Terkait:  Cara Mengatasi Telegram Pending

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Telegram

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Telegram
Cara Agar Tidak Terlihat Online di Telegram

Cara agar tidak terlihat online di Telegram sangat mudah dan praktis. Kamu bahkan mampu menonaktifkannya lewat aplikasinya langsung. Jika masih belum paham, maka bisa mengikuti dan menyimak panduannya lewat artikel ini, di mana kami sudah merangkum informasinya agar kamu dapat mematikan status online tersebut.

Langkah 1: Buka Aplikasi Telegram

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Telegram

Langkah yang pertama adalah membuka aplikasinya terlebih dulu. Jika sudah dibuka, maka kamu bisa mengetuk opsi Menu atau tekan tombol tiga garis horizontal yang berada di samping kiri atas.

Langkah 2: Pilih Menu Pengaturan

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Telegram

Pada bagian Menu, tekan tombol Pengaturan atau Setting. Kamu pun akan diarahkan ke halaman profil sekaligus setelan pada akun Telegram.

Langkah 3: Klik Privasi dan Keamanan

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Telegram

Kamu bisa menggeser layar ke bawah secara perlahan, kemudian temukan bagian setelan akun Telegram. Jika sudah ketemu, pilih menu Privasi dan Keamanan atau Privacy and Security pada bagian pengaturannya.

Langkah 4: Atur Waktu Terlihat

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Telegram

Pada halaman Privasi dan Keamanan, yang harus dilakukan adalah mengetuk opsi Waktu Terlihat. Kamu harus menentukan siapa saja yang bisa melihat status online saat menggunakan aplikasi ini.

Langkah 5: Tekan Tombol Tidak Ada

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Telegram

Tahap berikutnya adalah menekan tombol Tidak Ada atau Nobody pada bagian Siapa dapat melihat waktu terlihat Anda?. Jika kamu memilih opsi tersebut, siapapun tidak akan tahu kamu sedang online, lalu tekan tombol centang di samping kanan atas.

Langkah 6: Klik OK

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Telegram

Jika sudah diatur, tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan bahwa perkiraan dilihat bakan ditampilkan dengan keterangan pengganti, seperti baru saja, seminggu lalu bahkan sebulan lalu. Kamu bisa menekan tombol OK kalau setuju.

Terkait:  Cara Mendapatkan Teman di Telegram dari Luar Negeri, Mudah!

Langkah 7: Ketuk Opsi Pesan

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Telegram

Langkah selanjutnya adalah kembali ke halaman awal akun Telegram kamu. Kemudian, ketuk opsi Pesan atau Message dengan logo pensil yang berada di samping kanan bawah. Tujuannya supaya kamu bisa tahu apakah status online sudah berhasil dinonaktifkan atau belum.

Langkah 8: Status Online Sudah Dinonaktifkan

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Telegram

Nah, langkah yang terakhir adalah memeriksa setiap kontak pada akun masing-masing. Pada halaman Kontak, kamu akan melihat keterangan terlihat belakangan ini yang berarti status online sudah dinonaktifkan.

Demikian informasi lengkap tentang cara agar tidak terlihat online di Telegram yang benar dan mudah. Jika kamu tidak ingin diketahui saat mengakses akun Telegram, ikuti panduan kami di atas supaya status online nya bisa dinonaktifkan. Semoga membantu!

Similar Posts