3+ Cara Mempercepat Jaringan Hp Oppo dengan Benar

Cara Mempercepat Jaringan Hp Oppo
Cara Mempercepat Jaringan Hp Oppo

Bagaimana cara mempercepat jaringan hp Oppo? Mungkin saat kamu sedang menggunakan ponselmu, jaringannya terasa lemot sehingga cukup mengganggu apa yang sedang kamu lakukan di ponselmu. Jaringan merupakan koneksi yang dibutuhkan oleh pengguna ponsel untuk melakukan beberapa aktiviats, misalnya dibutuhkan untuk melakukan panggilan, untuk membuka browser, atau membuka aplikasi yang bisa diakses secara online. Jadi, jika jaringan pada hp mu lambat tentunya bisa menghambat aktivitasmu.

Oppo sendiri merupakan salah satu merek ponsel asal negara Tiongkok yang memiliki cukup banyak pengguna, salah satunya banyak digunakan di Indonesia. Namun mungkin saja dalam penggunaannya, khususnya masalah jaringan akan dialami oleh para pengguna hp Oppo. Tapi, tenang saja karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat jaringan di hp Oppo kamu. Jadi, kamu bisa mengembalikan jaringan yang lemot saat digunakan menjadi normal kembali. Informasi di bawah ini diperuntukkan bagi kamu pengguna hp Oppo saja.

Cara Mempercepat Jaringan Hp Oppo

Cara Mempercepat Jaringan Hp Oppo
Cara Mempercepat Jaringan Hp Oppo

Cara mempercepat jaringan hp Oppo bisa kamu lakukan dengan mudah. Agar koneksi jaringan pada ponsel kamu kembali normal, maka kamu harus memperbaikinya supaya kegiataanmu di hp Oppo tidak terganggu. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengikuti salah satu acra di bawah ini.

Mempercepat Jaringan Hp Oppo dengan Menghapus Cache

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat jaringan hp Oppo adalah dengan menghapus chace. Apa itu cache? Cache adalah proses penyimpanan sementara sebuah data, untuk mengurangi proses loading atau muat suatu website atau aplikasi. Ternyata cache yang menumpun ini juga menjadi salah satu alasan ponsel menjadi lambat ketika menggunakan jaringan.

Terkait:  Cara Merekam Video Call WhatsApp

Kamu bisa menghapus beberapa jenis cache browser di ponsel kamu. Nah, untuk menghapusnya, kamu bisa menghapus melalui File Manager atau melalui aplikaksi. Untuk lebih detailnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi File Manager atau Manager Telepon yang berada di hp Oppo kamu
  • Silakan tunggu hingga proses pemindaian selesai
  • Kemudian pilih opsi Bersihkan Memori yang berada di atas layar
  • Apabila sudah, klik opsi Hapus cache aplikasi 
  • Selanjutnya silakan tap tombol Delete atau Hapus
  • Tunggu beberapa saat hingga memebersihkan file cache tersebut selesai
  • Apabila ukuran cache yang kamu hapus ukurannya besar, maka membutuhkan waktu yang cukup lama juga ketika membersihkannya
  • Selesai

Kamu telah berhasil menghapus cache yang ada di hp Oppo kamu. Namun, apabila kamu telah melakukan cara ini dan jaringan pada hp kamu masih lemot , kamu bisa mencoba cara lain di bawah ini.

Mempercepat Jaringan Hp Oppo dengan Menggunakan VPN

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat jaringan di hp Oppo kamu adalah dengan menggunakan VPN. VPN atau yang merupakan singkatan dari Virtual Private Network ini dulunya adalah merupakan alat yang dibuat dengan tujuan untuk mengkoneksikan jaringan antargedung perkantoran secara aman. Namun, sekarang VPN sudah banyak digunakan oleh masyarakat secara umum untuk mendapatkan koneksi ke internet secara amna, pribadi, dan dapat mengakses suatu jaringan secara remote.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store. Setelah berhasil kamu unduh, selanjutnya adalah kamu akan diminta untuk melakukan beberapa pengaturan agar VPN bisa dugunakan. Berikut langkah-langkah menggunakan VPN.

  • Silakan unduh aplikasi VPN di Google Play Store terlebih dahulu, kamu bisa mengunduh Turbo VPN
  • Kemudian silakan tunggu hingga proses instalasi selesai
  • Jika sudah terinstal, buka aplikasi dan karena terbuka pertama kali, maka silakan klik tombol I Agree
  • Lalu, silakan tekan tombol dengan ikon gambar wortel untuk mengaktifkan VPN
  • Nanti akan muncul pop-up notifikasi yang meminta sambungan, klik OK
  • Silakan tunggu beberapa saat hingga VPN tersambung
  • Jika sudah tersambung, maka akan ditandai dengan ikon seperti kuncui yang terletak di kiri atas la
Terkait:  Cara Menjernihkan Video yang Pecah di Android

Kamu telah berhasil menginstal VPN dan silakan untuk mencoba menggunakan jaringan internet kamu. Apabila jaringan kamu sudah cepat maka kamu berhasil. Namun, jika masih belum berhasil maka kamu masih bisa memperbaikinya dengan cara lain di bawah ini.

Mempercepat Jaringan Hp Oppo dengan Memblokir Iklan

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat jaringan di hp Oppo kamu adalah dengan cara memblokir iklan. Iklan ini ada di  saat kamu mengakses suatu web di mana kuota internet kamu akan tersedot. Keberadaan ini juga menjadi salah satu penyebab koneksi internet menggunakan mobile data di hp kamu menjadi lambat.

Iklan akan membuat jaringan hp Oppo kamu bekerja lebih keras karena akan banyak data yang perlu diproses. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketikag yang bernama Ad Blocker. Apikasi ini akan memblokir iklan agar tidak mengganggu kamu ketika berselancar di internet. Berikut langkah-langkah menggunakan Ad Blocker.

  • Buka aplikasi Browser
  • Klik ikon Profil
  • Kemudian aktifkan opsi Ad Blocking
  • Selesai

Selain bisa menggunakan aplikasi di atas kamu juga bisa menggunakna aplikasi yang bernama Adway. Namun, kamu juga bisa melakukannya dengan mematikan personalisasi iklan di Google, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama buka aplikasi Pengaturan atau Settings di hp Oppo kamu
  • Kemudian, masuk ke opsi Google
  • Lalu pilih opsi Ads atau Iklan
  • Selanjutnya kamu akan masuk ke tampilan menu Ads
  • Silakan aktifkan opsi Opt out of Ads Personalization 
  • Selesai

Kamu berhasil menonaktifkan atau memblokir iklan di hp Oppo kamu yang bisa menghambat kecepatan jaringan. Nah, ada cara lain juga yang bisa kamu lakukan seperti cara di bawah ini.

Terkait:  Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus

Mempercepat Jaringan Hp Oppo dengan Melakukan Perubahan Provider

Kemungkinan jaringan hp Oppo kamu menjadi lambat adalah karena provider yang kamu gunakan. Bisa jadi memang jaringan yang disediakna oleh provider yang kamu gunakan memang lambat. Apalagi jika ditambah dengan cuaca yang buruk juga bisa mempengaruhi. Nah, kamu bisa mengganti provider yang akan kamu guanakan di hp Oppo kamu.

Kamu bisa meminta rekomendasi orang terdekat dan menanyakan provider yang mereka gunakan dan bagaimana jaringannya saat digunakan. Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan daerah atau tempat tinggal kamu karena kecepatan internet suatu provider berbeda-beda.

Mempercepat Jaringan Hp Oppo dengan Menggunakan Aplikasi Mempercepat Internet

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang bisa membantumu mempercepat jaringan hp Oppo kamu. Kmau bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu unduh di Google Play Store, seperti Accelerator Plus, Internet Speed Master, Network Speed Booster, dan lain sebagaiinya.

Jika kamu sudah mengunduhnya, kamu hanya tinggal membukanya dan melakukan beberapa pengaturan jika diperlukan. Silakan coba untuk menggunankna jaringan internet dan mencoba perubahan dari penggunaan aplikasi yang kamu instal.

Selain itu, kamu juga bisa beralih menggunakan jaringan Wifi. Kualitas jaringan Wifi dinilai memang lebih bagus jika dibandingkan dengan penggunaan jaringan mobile data.

Demikian beberapa cara mempercepat jaringan hp Oppo yang telah dijelaskan. Silakan untuk mencoba beberapa cara di atas agar jaringan di hp kamu bisa lebih cepat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Related posts