3 Cara Screenshot Samsung A03S dengan Benar (Update)

Cara Screenshot Samsung A03S
Cara Screenshot Samsung A03S

Pindahlubang.com | Bagaimana cara screenshot Samsung A03S ? Mungkin bagi kamu pengguna baru hp Samsung, masih belum mengetahui cara screenshot di Samsung A03S bisa dengan cara apa saja. Nah, atau mungkin kamu ingin melakukan screenshot di Samsung A03S tapi tombol fisik kamu sedang tidak berfungsi. Hal tersebut membuat kamu yang biasanya screenshot menggunakan tombol fisik jadi tidak bisa screenshot lagi.

Seperti yang kita ketahui bahwa Samsung merupakan salah satu merek ponsel asal Korea Selatan yang memiliki pengguna cukup banyak di beberapa negara, khususnya di Indonesia. Samsung A03S merupakan salah satu tipe keluaran Samsung yang dirilis pada Juni 2021 ini sudah dibekali fitur yang cukup lengkap, salah satunya fitur screenshot tanpa tombol fisik. Tentunya hal tersebut bisa memudahkanmu dan pengguna lainnya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir mengenai screenshot, karena kamu tetap bisa menggunakan cara yang lain.

Read More

Cara Screenshot Samsung A03S

Cara Screenshot Samsung A03S
Cara Screenshot Samsung A03S

Cara screenshot Samsung A03S sangatlah mudah. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara, baik menggunakan tombol fisik atau screenshot melalui layar. Screenshot sendiri merupakan kegiatan menangkap layar atau memfoto layar dan nantinya akan tersimpan dalam bentuk gambar. Untuk sekarang, screenshot salah satu kegiatan yang cukup sering dilakukan oleh pengguna ponsel. Biasanya digunakan untuk screenshot informasi penting dari internet, screensht percakapan di WhatsApp, dan lain sebagainya. Nah, berikut beberapa cara screenshot di hp Samsung A03S

Cara Screenshot Samsung A03S Lewat Tombol Fisik

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk screenshot di hp Samsung A03S adalah melalui tombol fisik, yaitu kombinasi tombol Power dan Volume Bawah. Cara ini terbilang cukup mudah dan ini juga merupakan cara yang paling umum dilakukan. Hp merek selain Samsung juga terdapat salah satu cara screenshot di hpnya. Nah, untuk menggunakan cara ini, yang harus kamu perhatikan adalah fungsi dari kedua tombol fisik tersebut. Jadi, kedua tombol fisik tersebut berfungsi dengan baik.

Terkait:  Cara Aplikasi Ganda di Samsung, Bisa Tanpa Aplikasi Lho!

Apabila kamu sudah memastikan kedua tombol tersebut berfungsi dengan baik. Kamu hanya perlu menekan kedua tombol tersebut secraa bersamaan. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan untuk menentukan bagian layar yang akan kamu screenshot
  • Apabila kamu sudah berada pada layar yang ingin kamu screenshot tersebut, silakan persiapkan dua jari yang nantinya akan kamu gunakan untuk menekan tombol
  • Silakan tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Untuk hp Samsung sendiri, saat kamu tekan tombol tersebut secara bersamaan maka kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 detik
  • Jangan lepaskan kedua jari kamu yang masih menekan kedua tombol tersebut hingga layar ponsel kamu berkedip dan mengeluarkan suara shutter
  • Layar berkedip dan suara shutter merupakan tanda bahwa kamu berhasil menangkap layar

Nah, saat layar berkedip beserta dengan suara shutter, kamu akan melihat beberapa tombol fungsi yang bisa kamu gunakan, tombol potong yang digunakan untuk crop hasil screenshot, ikon share yang digunakan untuk langsung membagikan hasil screenshot. Untuk melihat hasil screenshot yang kamu lakukan tersebut, kamu bisa melihatnya di galeri hp kamu karena akan tersimpan secara otomatis.

Cara Screenshot Samsung A03S Lewat Menu Asisten

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk screenshot di hp Samsung A03S adalah dengan menggunakan Menu Asisten. Ini merupakan salah satu fitur yang dibuat oleh Samsung untuk memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah bisa digunakan untuk screenshot tanpa menekan tombol Power dan Volume bawah. Jadi, cara ini bisa menjadi alternatif bagi kamu jika tombol fisik kamu sedang tidak berfungsi.

Untuk bentuk dari Menu Asisten yang dimiliki oleh perangkat Samsung ini kurang lebih mirip dengan Assistive Touch yang dimiliki oleh perangkat iPhone. Untuk isi dan bentuknya sendiri juga kurang lebih sama, salah satunya bisa dilakukan untuk screenshot. Jika kamu pernah melihat Assistive Touch tersebut jadi kamu cukup mengetahui bentuk dan fungsi dari Menu Asisten ini. Namun, sebelum menggunakannya, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi Pengaturan atau Settings yang terdapat di daftar menu aplikasi
  • Selanjutnya, silakan masuk ke menu Aksesibilitas
  • Kemudian pada menu Aksesibilitas, pilih menu Interaksi dan Kecelakaan
  • Lalu, pilih Menu Asisten
  • Aktifkan Menu Asisten dengan menghidupkan toggle dari Off menjadi On
  • Kemudian kamu akan melihat Menu Asisten tersebut di layar hp kamu yang mirip dengan milik iPhone
  • Lalu, kamu sudah bisa mulai melakukan screenshot
Terkait:  4 Cara Menghilangkan Glance di Xiaomi dengan Benar

Kamu bisa menggeser Menu Asisten itu ke mana saja dan kamu juga bisa mengatur kontras Menu Asisten tersebut melalui aplikasi Pengaturan sebelumnya. Selanjutnya kamu bisa langsung melakukan sreenshot, berikut langkah-langkahnya.

  • Persiapkan terlebih dahulu area layar yang ingin kamu screenshot
  • Apabila sudah, silakan klik Menu Asisten dan cari pilihan Screenshot
  • Silakan tunggu hingga layar hp kamu berkedip dan mengeluarkan suara shutter
  • Layar berkedip dan suara shutter merupakan tanda bahwa kamu berhasil menangkap layar

Nah, untuk melihat hasilnya, kamu bisa menuju Galeri hp kamu karena secara otomatis akan tersimpan ke galeri. Kamu juga bisa mengedit dan membagikannya ke orang lain. Selain cara ini, kamu masih bisa melakukan screenshot menggunakan satu cara lagi yaitu menggunakan Gesture atau usapan telapak tangan yang bisa kamu ikuti di bawah ini.

Cara Screenshot Samsung A03S Lewat Usapan Telapak Tangan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk screenshot di Samsung A03S adalah melalui usapan telapak tangan. Cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai alternatif jika tombol fisik kamu sedang tidak berfungsi.Ponsel merek lain juga biasanya memiliki fitur ini, tapi mereka biasanya menggunakan usapan tiga jari sedangkan Samsung menggunakan usapan telapak tangan.

Kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk screenshot. Cara mengaktifkannya sama dengan Menu Asisten yaitu melalui aplikasi Pengaturan atau Settings. Berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Settings yang berada di daftar menu aplikasi
  • Kemudian, silakan cari menu Advance Features (Fitur Lanjutan)
  • Lalu pada menu Fitur Lanjutan, silakan pilih menu Motions and Gestures (Gerakan dan Gesture)
  • Selanjutnya aktifkan Palm Swipe to Capture
  • Nah, kamu sudah berhasil mengaktifkan fitur Usapan Telapak Tangan
Terkait:  Cara Screenshot Samsung A30S (Tombol, Swipe dan Panjang) Mudah

Setelah fitur Usapan Telapak Tangan tersebut aktif, kamu bisa laangsung menggunakannya untuk screenshot. Berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, persiapkan terlebih dahulu bagian layar yang hendak kamu screenshot
  • Selanjutnya, silakan letakkan tepi telapak tangan pada layar
  • Kemudian, usap secara perlahan dari tepi kiri layar sampai ke tepi kanan layar
  • Saat mengusap layar ketika screenshot, usahakan agar tepi telapak tanganmu menyentuh layar dalam satu gerakan
  • Silakan tunggu hingga layar berkedip dan mengeluarkan suara shutter
  • Kamu berhasil menangkap layar atau screenshot

Untuk melihat hasilnya, silakan menuju ke galeri hp kamu karena secara otomatis hasil screenshot kamu tersimpan di galeri. Screenshot menggunakan usapan telapak tangan bisa kamu lakukan apabila kamu tidak mau menggunakan menu asisten.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara screenshot Samsung A03S yang telah dijelaskna. Silakan untuk memilih cara yang menurutmu mudah dan nyaman digunakan untuk screenshot. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Related posts