Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak terpasang? Apa yang menyebabkan aplikasi tidak terpasang atau gagal terinstall di android? Apa yang harus dilakukan ketika penginstallan aplikasi justru gagal atau tidak terpasang? Bicara tentang menginstall aplikasi, tentunya hal ini sering dilakukan para pengguna smartphone untuk mereka bisa mendapatkan aplikasi apa saja yang memang dibutuhkan dan bisa dijalankan pada smartphone mereka.

Seperti yang kita tau, saat ini banyak pengguna smartphone bisa menginstall aplikasi dari beragam sumber, mulai dari aplikasi Google Play Store sebagai toko aplikasi ataupun dari pihak ketiga atau pencarian google yang mana memang jadi alternatif untuk para pengguna. Terlepas daripada itu, tentu penginstallan aplikasi di smartphone masing sangat mudah dilakukan. Walaupun, ada beberapa pengguna yang sering mengalami gagal pada saat menginstall aplikasi.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Dan salah satu error atau masalah yang sering dialami adalah aplikasi tidak terpasang. Yang mana, biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang disebabkan oleh smartphone ataupun aplikasi itu sendiri, jika mungkin kamu mengalami hal atau masalah yang sama, berikut ini ada beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang yang mana bisa jadi solusi untuk kamu yang hendak menginstall aplikasi di smartphone, seperti.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang dengan Memeriksa Versi Aplikasi

Cara pertama yang menurut mimin paling mudah dan bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah aplikasi tidak terpasang adalah dengan memeriksa versi dari aplikasi yang hendak di install. Biasanya, ada beberapa situs yang menyajikan beragam aplikasi, dengan beragam versi yang bisa kamu unduh. Namun kadang juga, aplikasi tersebut tidak mendukung sistem downgrade atau turun versi, jadi yang bisa kamu lakukan adalah

  1. Silakan buka google play store dan ketikkan nama aplikasi di kolom pencarian yang tersedia
  2. Kemudian jika sudah, klik pada aplikasi tersebut, dan masuk ke detail aplikasi
  3. Pada detail aplikasi, kamu bisa melihat versi yang digunakan pada aplikasi tersebut
  4. Kemudian cek lagi aplikasi yang ingin kamu install, apakah menggunakan versi lama atau versi baru
Terkait:  Cara Merubah File Jpg ke Pdf di Android

Jika ternyata aplikasi yang ingin kamu install merupakan versi downgrade atau berada di versi bawah dari aplikasi utama kamu, maka kamu bisa menggantinya dengan versi paling baru. Dan jika mungkin detail dari apps yang ingin kamu install tadi tidak ada di google play store, kamu bisa cek pada google untuk mengetahui versi terbaru atau versi terkini dari aplikasi yang ingin kamu install tadi.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang dengan Memeriksa Package Aplikasi

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa mengecek pada package aplikasi yang hendak kamu install. Biasanya, hal ini sering banget digunakan para pengguan smartphone yang senang menginstall aplikasi dari pihak ketiga atau dari luar play store. Dan untuk itu, kamu bisa menggunakan cara berikut untuk mengecek package aplikasi yang ingin kamu install

  1. Buka google play store, atau kamu juga bisa cek pada informasi aplikasi yang sudah ada sebelumnya
  2. Kemudian jika sudah, kamu akan diarahkan ke detail aplikasi yang kamu gunakan
  3. Scroll ke bagian bawah sampai kamu menemukan keterangan package 
  4. Misalnya package yang digunakan adalah com.instagram.com maka ketika kamu menginstall aplikasi instagram modifikasi dari google atau aplikasi instagram yang sejenis, pastikan package yang kamu gunakan bukan com.instagram.com karena dalam sebuah sistem operasi smartphone,  tidak diizinkan ada 2 package yang sama dalam 1 aplikasi.

Nah, cara ini perlu banget diperhatikan untuk beberapa pengguna smartphone yang mungkin senang mendownload atau menginstall aplikasi mod dari Google. Biasanya, hal ini bisa berguna untuk para pengguna smartphone yang ingin menggunakan aplikasi clone atau 2 aplikasi dalam 1 perangkat.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang dengan Memeriksa Format Aplikasi

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu bisa mengecek format aplikasi yang mana memang menjadi salah satu hal yang cukup tricky bagi para pengguna smartphone yang hendak menginstall aplikasi di smartphone mereka. Karena ternyata, ada 2 format aplikasi yang bisa digunakan, untuk diinstall pengguna smartphone, seperti

  • .apk digunakan untuk menginstall aplikasi secara general dan tanpa adanya tambahan apps, data, atau bundle di dalamnya
  • .xapk digunakan untuk menginstall aplikasi secara bundle atau lengkap dengan tambahan apps ataupun data yang memudahkan pengguna
Terkait:  Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot (7 Langkah) Mudah

Dari 2 format aplikasi yang terinstall tadi, biasanya ada saja para pengguna yang tak sengaja mendownload aplikasi dengan format .xapk dan ternyata gagal atau tidak terpasang. Tentu saja hal tersebut bisa terjadi, karena pada dasarnya ketika kamu ingin menginstall aplikasi dengan fromat .xapk, kamu membutuhkan aplikasi tambahan seperti xapk installer, ataupun SAI Installer.

Jadi, pastikan dulu kamu sudah mengetahui format aplikasi yang hendak kamu install, agar tidak terjadi masalah aplikasi tidak terpasang, ya.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang dengan Memeriksa Kompatible Mode

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu bisa menggunakan bantuan compatible mode yang mana sebenarnya cara ini bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin menginstall aplikasi tanpa khawatir terjadi error aplikasi tidak terpasang. Nah, untuk compatible mode ini sendiri biasanya bisa kamu temukan secara otomatis ketika hendak menginstall aplikas di Play Store. Karena biasanya, ada beberapa notice atau pemberitahuan di Google Play Store ketika kamu ingin menginstall aplikasi, seperti

  • Aplikasi tidak muncul di pencarian – Menandakan jika device atau perangkat kamu tidak compatible atau tidak dapat menginstall aplikasi yang dimaksud
  • Aplikasi muncul di pencarian namun berstatus This App not Compatible – Menandakan jika perangkat kamu tidak support atau tidak bisa menginstall aplikasi ini, namun ada kemungkinan kamu bisa menginstall aplikasi yang sama dengan versi di bawahnya.

Dan untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan versi lain dari aplikasi yang dimaksud, dan pastikan dulu aplikasi tersebut memang compatible. Sebagai contoh, perangkat mimin pernah mencoba untuk mencari aplikasi Netflix namun tidak muncul di hasil pencarian play store. Alhasil, ketika mimin mencoba untuk mencari aplikasi Netflix dari Google, proses installasi tetap gagal.

Terkait:  Cara Split Screen Samsung

Dari hal tersebut, berarti memang menandakan jika aplikasi Netflix tidak dapat di install di perangkat mimin. Jadi, mimin perlu melakukan system update atau pembaruan OS pada perangkat yang digunakan, dan jujur saja setelah pembaruan OS dilakukan, mimin sudah bisa menggunakan Netflix dan menemukannya di Google Play Store.

Kesimpulan

Dari beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di atas tadi, kita bisa tarik kesimpulan jika memang masalah ini terjadi karena beberapa soal, seperti misalnya device yang tidak support, versi aplikasi atau apk yang tidak mendukung, format apk yang digunakan juga bukan .apk melainkan .xapk, atau bahkan soal sistem atau OS smartphone yang belum di update.

Tapi terlepas dari itu, kamu bisa mencoba salah satu dari metode yang mimin bagikan di atas tadi, sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Similar Posts