Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam (3 Langkah) Simpel

Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam
Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam

PindahLubang.com | Bagaimana cara mengatasi HP ngehang baterai tanam dengan mudah? Pengguna smartphone mana pun pasti pernah mengalami momen di mana ponselnya tidak merespons sama sekali. Alhasil, kamu akan sulit berkomunikasi seperti mengirim pesan atau melakukan panggilan kepada siapapun.

HP sekarang mayoritas sudah menggunakan baterai tanam, di mana sifatnya non-removable alias tidak bisa dicabut oleh pemiliknya masing-masing. Baterainya hanya bisa diambil oleh tenaga ahli atau tukang service berpengalaman saja.

Read More

Cara atasi HP ngehang baterai tanam sangat mudah dilakukan, bahkan tanpa menggunakan aplikasi apapun. Smartphone yang bermasalah bisa kembali normal, sehingga kamu dapat menyentuh layarnya seperti biasa. Jika kamu ingin tahu lebih lengkapnya, maka bisa mengetahui panduannya yang akan dibahas melalui artikel ini.

Cara Mencegah HP Ngehang Baterai Tanam

Cara mencegah HP ngehang baterai tanam sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan, lho. Meski begitu, kamu harus tahu cara mencegah masalah tersebut agar tidak terjadi pada ponselmu dan dapat diminimalisir sejak awal. Simak tips-tips sederhana tersebut di bawah ini:

  • Jangan Membuka Beberapa Aplikasi
    Langkah sederhana untuk mencegah HP ngehang adalah tidak membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Jika kamu melakukannya justru membuat CPU mengalami overload. Aplikasi-aplikasi tersebut membuat kinerja semakin keras yang berujung ngehang dan lag.
  • Gunakan Tema Biasa
    Smartphone kamu pasti menggunakan tema khusus yang memorinya cukup besar, kan? Jika benar, sebaiknya beralih ke tema biasa sekarang juga. Pasalnya, penggunaannya bukan hanya menyedot RAM cukup banyak, melainkan berisiko terhadap performa yang berujung ngehang.
  • Cek Suhu Baterai
    Tips berikutnya adalah memeriksa suhu baterai secara berkala. Kamu harus tahu berapa temperature normal pada komponen tersebut. Baterai HP biasanya memiliki suhu normal berkisar 35-40 derajat celcius, jika lebih dari itu maka bisa berisiko terjadinya ngehang dan lag.
  • Kurangi Penyimpanan HP
    Kamu bisa mencegah baterai smartphone ngehang dan rusak dengan mengurangi jumlah data dan file pada RAM dan ROM. Tak bisa dimungkiri kapasitas penyimpanan yang luas ternyata mampu memberi dampak positif pada HP, salah satunya tidak ngehang dan lebih kencang.
Terkait:  Cara Mengetahui Password IG yang Lupa

Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam

Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam
Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam

Cara atasi HP ngehang baterai tanam sebenarnya tidak terlalu sulit seperti yang dibayangkan, di mana masalah tersebut dapat ditangani tanpa aplikasi apapun. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana agar baterainya dapat bekerja normal kembali.

Kami akan memberitahu panduan lengkapnya melalui artikel ini. Pengguna smartphone merk apapun sekarang bisa mengatasi masalah ini secara cepat. Alhasil, masalah seperti ngehang dan lag dari baterai dapat dilakukan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Langkah 1: Sambungkan HP ke PC

Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam
Cara Atasi HP Ngehang Baterai Tanam

Cara atasi HP ngehang baterai tanam yang pertama adalah menghubungkan smartphone ke PC. Kamu harus mengisi ulang dayanya melalui laptop, sambungkan kedua perangkatnya dengan menggunakan kabel USB.

Langkah 2: Tekan Tombol Power dan Volume

Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam
Cara Atasi HP Ngehang Baterai Tanam

Kalau HP sudah dihubungkan ke PC, cara atasi HP ngehang baterai tanam berikutnya adalah menekan tombol Power dan Volume Bawah berulang kali. Tujuannya supaya smartphone bisa melakukan rebooting alias restart dengan sendirinya.

Langkah 3: HP Restart Sendiri

Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam
Cara Atasi HP Ngehang Baterai Tanam

Cara atasi HP ngehang baterai tanam yang terakhir adalah tunggu beberapa saat sampai smartphone restart secara otomatis. Jika ponselmu sudah hidup kembali, coba sentuh layarnya dan geser dari arah mana pun untuk memastikan perangkatnya dapat digunakan seperti biasa.

Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam dengan Habiskan Baterai

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membiarkan baterainya sampai habis. Cara atasi HP ngehang baterai tanam ini hampir sering dilakukan beberapa orang jika ponselnya tidak merespons sama sekali. Kamu hanya perlu mendiamkan smartphone selama beberapa jam, jangan digunakan seharian.

Jika baterainya sudah habis, isi ulang dayanya kembali dan pastikan baterainya terisi penuh sampai 100 persen. Hidupkan HP kamu lagi dan coba usap layarnya dari kanan ke kiri untuk memastikan perangkatnya merespons dengan baik.

Terkait:  Penyebab RPM Mobil Karburator Tidak Stabil

Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam dengan Lepas Baterai

Jika kamu menyelesaikan masalahnya lebih cepat, cara atasi HP ngehang baterai tanam yang dapat dilakukan adalah dengan melepas baterainya. Walaupun bersifat non-removable, tapi baterai smartphone sekarang bisa dicabut menggunakan peralatan tertentu. Simak langkah-langkahnya yang benar di bawah ini:

  • Pertama, lepaskan bagian case samping smartphone dengan menggunakan benda tipis seperti pinset dan lainnya.
  • Buka case smartphone pelan-pelan untuk mencegah kerusakan pada komponen, trutama layarnya.
  • Lepas konektor baterai beserta case nya.
  • Terakhir, tekan tombol Power untuk menghidupkan ponselmu.

Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam dengan Bawa ke Service Center

Kamu bisa membawa smartphone yang tiba-tiba ngehang dan tidak merespons tersebut ke service center terdekat. Langkah ini dapat dilakukan agar kamu tahu sumber masalah ponselmu tidak bisa digunakan. Selain itu, biayanya pun beragam tergantung tingkat kesulitan dan berapa lama waktu perbaikannya.

Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam yang Terkena Air

Kalau HP kamu ngehang disebabkan oleh percikan bahkan terendam air, maka bisa mengikuti beberapa cara atasi HP ngehang baterai tanam yang terkena air di bawah ini:

  • Jangan Dijemur
    Beberapa orang bahkan kamu sendiri mungkin sering menjemur smartphone yang terkena air. Siapa sangka kalau hal tersebut justru semakin memperburuk kinerja HP. Kamu bahkan tidak boleh menggunakan hair dryer dan biarkan smartphone mengering dengan sendirinya.
  • Buka Semua Penutup
    Cara mengatasi HP ngehang baterai tanam yang terkena air selanjutnya adalah membuka semua penutup maupun case belakang smartphone kamu. Jika tidak bisa dibuka, sebaiknya lepaskan dudukan SIM dan bagian lainnya yang dapat dilepas dari body HP tersebut.
  • Bersihkan dengan Thinner
    Thinner adalah cairan yang bisa digunakan untuk membersihkan benda tertentu seperti cat, dsb. Kamu pun dapat memanfaatkannya agar ponsel yang terkena air dapat terhindar dari kerusakan, lho. Fungsinya untuk mencegah korosi pada komponen akibat air yang bisa menurunkan performa perangkatnya.
  • Gunakan Silica Gel
    Seperti kamu tahu bahwa smartphone merupakan salah satu benda elektronik yang sangat sensitif jika terkena air. Kalau HP kamu terendam air, risiko kerusakan sangat besar terjadi. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan silica gel agar perangkat dapat mengering lebih cepat.
  • Mengibas Perangkat
    Cara mengatasi HP ngehang baterai tanam yang terkena air berikutnya adalah mengibas perangkat berulang kali. Langkah ini lebih efektif daripada menjemur ponselmu di bawah sinar matahari langsung. Tujuannya agar ponsel mengering dapat terhindar dari kerusakan serius.
  • Bawa HP ke Tempat Service
    Cara mengatasi HP ngehang baterai tanam yang terkena air terakhir adalah membawa smartphone ke tempat service terdekat. Langkah ini adalah alternatif kalau semua opsi di atas tidak membuahkan hasil yang diinginkan, sedangkan kamu perlu mengeluarkan budget untuk memperbaikinya.
Terkait:  Cara Mengatasi HP Xiaomi Ngehang Tanpa Aplikasi, Ampuh!

Demikian informasi tentang cara mengatasi HP ngehang baterai tanam yang wajib kamu tahu. Bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini, sebaiknya coba salah satu metode di atas sebelum kondisi ponsel benar-benar parah untuk dibawa ke service center terdekat. Semoga membantu!

Related posts