Cara Menghapus Akun Google di HP Oppo

Cara Menghapus Akun Google di HP Oppo

Cara menghapus akun google di hp oppo memang menjadi salah satu cara yang saat ini cukup banyak ditanyakan pengguna smartphone terutama oppo ketika mereka ingin membuang atau menghapus salah satu akun google yang sebenarnya tidak mereka gunakan di smartphone oppo mereka. Karena sebenarnya, peran akun google di sini memang sangat penting, terlebih untuk para pengguna smartphone Android.

Karena selain menjadi sarana komunikasi dari Gmail dan lain sebagainya, Akun Google yang masuk atau digunakan dalam smartphone ini bisa menjadi akses ke seluruh aplikasi yang memang dikelola atau di develop oleh google itu sendiri, semisal Gmail, Youtube, Google Drive, Auto, dan lain sebagainya. Jika dalam smartphone android kamu tidak login dengan menggunakan akun Google, maka kamu tidak akan bisa menggunakan layanan dari Google itu sendiri.

Cara Menghapus Akun Google di HP Oppo

Cara Menghapus Akun Google di HP Oppo
Cara Menghapus Akun Google di HP Oppo

Namun terlepas daripada itu, kembali ke topik awal tadi yang mana banyak pengguna oppo mencari cara menghapus akun google di hp oppo mereka untuk beberapa alasan yang mereka pilih. Apalagi, jika akun Google yang digunakan memang sudah tidak lagi aktif atau tidak dapat diakses baik dari perangkat oppo itu sendiri, ataupun di login ke perangkat lain. Nah, untuk caranya sendiri cukup beragam dan bisa kamu pilih salah satunya, seperti.

Cara Menghapus Akun Google di HP Oppo lewat Pengaturan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan penghapusan akun secara manual dari pengaturan atau settings dari hp oppo kalian sendiri. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan karena kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun untuk melakukan penghapusan akun Google di perangkat Oppo kalian masing-masing, dan langkahnya juga mudah kok.

  1. Silakan masuk ke bagian pengaturan atau settings dari smartphone oppo kalian masing-masing
  2. Setelah itu, kamu bisa lanjut untuk scroll ke bagian bawah sampai menemukan opsi account and privacy
  3. Kemudian kamu akan menemukan daftar akun yang masuk ke dalam smartphone Oppo kalian masing-masing
  4. Pilih salah satu akun googl yang memang ingin kamu hapus
  5. Kemudian kamu bisa klik pada tombol remove account dan secara otomatis akun google yang kamu pilih tadi akan terhapus di hp oppo kalian
Terkait:  Cara Deak Akun Instagram Sementara dan Permanen, Bebas Ribet!

Nah, selain menghapus akun google yang ada di hp oppo, cara ini juga akan ikut serta menghapus apapun yang tersinkron dengan akun google tersebut. Misalnya google contact, google play strore, gmail, dan lain sebagainya. Jadi, pastikan kamu sudah mengetahui betul akun google mana yang ingin kamu hapus dan tidak tersinkron dengan data-data penting di dalamnya.

Cara Menghapus Akun Google di HP Oppo lewat Hard Reset

Kemudian untuk cara yang kedua, di sini kita akan menggunakan metode hard reset yang mana menjadi opsi kedua untuk para pengguna untuk menghapus akun google di hp oppo mereka masing-masing. Cara ini juga bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin menghapus keseluruhan atau semua akun google yang ada didalam hp oppo kalian. Caranya juga mudah banget kok.

  1. Silakan matikan hp oppo kamu dengan menekan tombol power agak lama lalu pilih pada opsi shut down atau power off
  2. Jika sudah, kamu bisa menunggu proses shut down sampai benar benar mati, sekitar 5 – 10 detik
  3. Kemudian silakan nyalakan ponsel kamu seperti biasa dengan menggunakan tombol kombinasi berupa tombol power + volume up atau volume atas
  4. Tunggu beberapa saat sampai kamu masuk ke dalam mode recovery hp oppo kalian masing-masing
  5. Kemudian kamu bisa memilih pada wipe all data atau wipe data dan langsung saja lakukan swipe to wipe
  6. Tunggu hingga prosesnya selesai dan kamu bisa langsung klik pada opsi reboot to system
  7. Selesai!

Selain daripada menghapus keseluruhan atau kesemua akun google yang ada di hp oppo, cara ini juga akan membantu kamu untuk melakukan reset atau hard reset pada ponsel oppo, sehingga ketika ponsel booting, tampilan yang muncul adalah seperti baru atau seperti pertama kali membeli ponsel oppo. Setelah itu kamu bisa memasukkan email atau akun google baru yang ingin kamu jadikan email utama.

Terkait:  Cara Refund Google Play

Tapi perlu diperhatikan ya, cara ini akan menghapus seluruh data di dalam ponsel. Jadi pastikan kamu sudah melakukan backup terlebih dahulu ya.

Cara Menghapus Akun Google di HP Oppo lewat Reset Pabrik

Kemudian untuk cara yang selanjutnya, kamu juga bisa kok menghapus akun google dengan mudah di hp oppo, dengan menggunakan metode reset pabrik yang mana menjadi salah satu opsi bagi pengguna hp oppo ketika mereka ingin menghapus akun google di perangkat mereka, dan tentu saja caranya juga mudah banget untuk dilakukan.

  1. Siapkan ponsel kamu yang ingin dihapus akun google di dalamnya
  2. Kemudian jika sudah, kamu bisa masuk ke bagian setting atau pengaturan
  3. Scroll ke bagian paling bawah sampai kamu masuk ke bagian system atau sistem ponsel
  4. Pilih pada opsi back up and restore atau cadangkan dan pulihkan
  5. Dan pilih lagi menu factory reset atau reset pabrik
  6. Pahami semura resiko dan juga pahami apa saja yang akan dihapus, dan klik pada setuju
  7. Kemudah kamu bisa langsung melanjutkan proses reset pabrik yang mana akan memakan waktu sekitar 5 – 10 menit
  8. Tunggu hingga proses reset pabrik selesai, dan ponselmu akan booting seperti biasa dan masuk ke dalam sistem android dengan kondisi baru yang tidak ada akun google di dalamnya.

Beda dengan hard reset, cara ini bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin melakukan restart atau hard reset tanpa khawatir kehilangan data. Karena kamu hanya akan kehilangan beberpa aplikasi yang memang sudah pernah diinstall dan kamu bisa menginstall ulang lagi dari Google Play Store kalian masing-masing.

Cara Menghapus Akun Google di HP Oppo lewat TWRP

Kemudian untuk cara yang terakhir adalah kamu bisa menggunakan bantuan TWRP atau Custom Recovery Mode yang mana biasa digunakan para pengguna Oppo yang sudah melakukan tweaking dengan menginstall TWRP pada perangkat mereka. Nah selain menghapus akun google di hp oppo, cara ini juga bisa digunakan untuk mereka yang ingin mengganti custom rom loh.

  1. Silakan siapkan ponsel oppo yang hendak dihapus akun googlenya
  2. Kemudian matikan ponsel dengan menekan tombol power dan pilih opsi shut down atau turn off
  3. Tunggu hingga ponsel benar-benar tershut down, lalu nyalakan dengan kombinasi tombol volume up + tombol power secara bersamaan
  4. Lepaskan kombinasi tombol tadi setelah masuk ke dalam logo android
  5. Di menu TWRP, kamu bisa pilih pada opsi Wipe
  6. Pada menu Wipe, kamu bisa pilih pada Advanced Wipe
  7. Nah setalah sampai di Advanved Wipe, kamu bsia pilih pada Dalvik/CacheCacheData
  8. Kemudian, kamu tinggal lakukan Swipe to Wipe
  9. Tunggu hingga prosesnya selesai, dan kamu tinggal lakukan reboot to system
  10. Selesai
Terkait:  3+ Cara Hapus Akun WhatsApp yang Mudah

Sampai di sini, setelah ponsel melakukan reboot, seluruh data di penyimpanan kamu akan aman-aman saja, dan tentu saja akun google yang ada di dalamnya akan hilang dan bisa kamu tambahankan lagi sesuai keinginan. Gampang bangetkan?

Dan itulah tadi beberapa cara menghapus akun google di hp oppo yang bisa kamu coba. Silakan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Similar Posts