Cara Screenshot Samsung A31

Cara Screenshot Samsung A31
Cara Screenshot Samsung A31

Bagaimana cara screenshot Samsung A31? Bagi kamu pengguna baru hp merk Samsung khususnya Samsung tipe A31 mungkin masih belum mengetahui cara screenshot di Samsung A31 bisa dengan cara apa saja. Samsung sendiri sudah melengkapi setiap ponsel keluarannya dengan fitur screenshot bawaan. Di Samsung A31 sendiri kamu bisa melakukan screenshot dengan beberapa cara, baik menggunakan tombol ataupun tidak menggunakan tombol. Screenshot sendiri merupakan kegiatan menangkap atau memfoto layar yang nantinya hasil dari screenshot tersebut berupa foto yang akan tersimpan di galeri.

Screenshot atau yang memiliki nama lain tangkapan layar ini merupakan kegiatan yang sudah biasa dilakukan oleh setiap pengguna ponsel. Bahkan untuk saat ini screenshot sudah menjadi kebutuhan yang fiturnya harus ada di setiap ponsel. Biasanya screenshot digunakan untuk menangkap layar chat atau pesan di WhatsApp, untuk menangkap layar dari informasi yang didapatkan di internet, atau menangkap layar untuk kegiatan membuat tutorial, dan kegiatan lainnya.

Read More

Cara Screenshot Samsung A31

Cara Screenshot Samsung A31
Cara Screenshot Samsung A31

 

Cara screenshot Samsung A31 mungkin memang belum diketahui oleh semua orang khususnya oleh pengguna baru yang sebelumnya menggunakan ponsel merk lain. Ponsel asal Korea Selatan ini sudah melengkapi setiap tipe ponsel keluarannya dengan fitur screenshot bawaan yang bisa dipilih oleh penggunanya dan disesuaikan dengan keinginan dan kenyamanan mereka. Berikut beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk melakukan screenshot di Samsung A31.

Cara Screenshot Samsung A31 Lewat Kombinasi Tombol Fisik

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melakukan screenshot di Samsung A31 adalah menggunakan kombinasi tombol fisik. Tombol fisik yang bisa kamu gunakan di sini untuk melakukan screenshot adalah tombol power dan volume bawah. Maka dari itu pastikan kedua tombol tersebut masih berfungsi dengan baik agar kamu bisa melakukan screenshot dengan cara ini.

Terkait:  Cara Screenshot Samsung A01 (Tombol, Menu Asisten, Panjang) Mudah

Cara ini juga merupakan cara yang paling umum yang juga digunakan oleh merk ponsel lainnya. Nah, untuk caranya sendiri sangatlah mudah kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama siapkan terlebih dahulu area layar yang ingin kamu screenshot
  • Kemudian jika area layar tersebut sudah kamu persiapkan, silakan tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik
  • Jangan lepaskan kedua tombol tersebut sampai layar kamu berkedip dan mengeluarkan suara shutter
  • Layar berkedip dan suara shutter merupakan tanda bahwa kamu berhasil melakukan screenshot
  • Kamu bisa melihat di bilah notifikasi, terdapat notifikasi yang bertuliskan screenshot berhasil

Kamu telah berhasil melakukan screenshot dan jika kamu ingin melihat hasil screenshot tersebut kamu bisa menuju ke galeri hp Samsung A31 kamu, kemudian Silakan masuk ke folder screenshot atau tangkapan layar. Karena secara otomatis hasil screenshot yang kamu lakukan akan tersimpan ke galeri

Cara screenshot Samsung A31 Lewat Menu Asisten

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk screenshot di Samsung A31 adalah melalui menu asisten. Ini merupakan menu yang dibuat oleh Samsung untuk memudahkan para penggunanya. Menu asisten ini kurang lebih sama dengan Asistive Touch yang dimiliki oleh iPhone.

Begitupun juga dengan fungsi yang ada di dalamnya, Ia juga mirip dengan yang dimiliki oleh iPhone. Selain kamu bisa melakukan screenshot kamu juga bisa melakukan kegiatan lain di menu asisten ini, seperti untuk menonaktifkan hp Samsung A31 kamu, menjadi kursor seperti di laptop atau komputer, bisa melihat recent aplikasi, dan lain sebagainya.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk screenshot di Samsung A31 menggunakan menu asisten. Namun sebelum kamu menggunakannya untuk screenshot, kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu menu asisten ini di aplikasi Pengaturan.

  • Langkah pertama silakan buka aplikasi Pengaturan atau Settings di hp Samsung A31 kamu
  • Kemudian, silakan masuk ke menu Aksesibilitas
  • Lalu, pada menu Aksesibilitas tersebut, silakan pilih Interaksi dan Kecelakaan
  • Selanjutnya, pilih Menu Asisten
  • Silakan aktifkan menu asisten dengan cara mengubah toggle dari off menjadi ON
  • Setelah itu menu asisten yang telah kamu aktifkan akan muncul di layar hp Samsung A31 kamu dan kamu sudah bisa menggunakannya untuk melakukan screenshot
Terkait:  Cara Mengatasi HP Ngeblank

Karena menu asisten ini mirip dengan assistive touch yang dimiliki oleh iPhone, maka tentu bisa kamu geser ke manapun karena ikon menu asisten ini akan mengikuti ke mana saja pergerakan jadi kamu jika kamu menyentuhnya. Selain itu kamu juga bisa mengatur kontras dari menu asisten melalui aplikasi pengaturan yang sebelumnya juga kamu gunakan untuk mengaktifkan menu asisten.

Jika menu asisten sudah berhasil kamu aktifkan, maka selanjutnya kamu sudah bisa menggunakannya untuk screenshot. Berikut cara screenshot menggunakan menu asisten.

  • Langkah pertama persiapan terlebih dahulu area layar yang hendak kamu screenshot
  • Apabila sudah kamu tentukan area layar tersebut, selanjutnya kamu bisa klik ikon Menu Asisten, dan silakan cari opsi Screenshot
  • Jika sudah ketemu opsi screenshot tersebut, maka silakan untuk mengkliknya
  • Layar hp kamu akan berkedip dan mengeluarkan suara shutter
  • Kamu telah berhasil melakukan screenshot dan untuk melihat hasilnya silakan untuk menuju galeri hp Samsung A31 kamu karena secara otomatis hasil screenshot yang kamu lakukan akan tersimpan ke galeri.

Nah selain kamu bisa menggunakan menu asisten untuk melakukan screenshot, kamu juga masih bisa menggunakan cara lain lagi yang bisa kamu gunakan untuk screenshot yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Screenshot Samsung A31 Lewat Usapan Telapak Tangan

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk screenshot di hp Samsung A31 adalah melalui fitur gesture. Fitur gesture yang dimiliki oleh Samsung A31 ini yaitu menggunakan usapan telapak tangan. Biasanya merk ponsel lainnya, juga memiliki fitur screenshot dengan gesture. Namun, berbeda dengan yang dimiliki oleh Samsung yaitu menggunakan usapan telapak tangan, biasanya ponsel merk lain menggunakan usapan tiga jari.

Terkait:  Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC (7 Metode) Ampuh!

Cara ini juga bisa menjadi alternatif untuk kamu apabila tombol fisik kamu sedang rusak dan tidak bisa digunakan untuk screenshot. Sama dengan menu asisten, Jika kamu ingin menggunakan fitur usapan telapak tangan untuk screenshot, maka kamu juga harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur usapan telapak tangan agar bisa kamu gunakan untuk screenshot.

  • Pertama, silakan buka aplikasi Pengaturan atau Setting di hp Samsung A31 kamu
  • Selanjutnya silakan cari menu Advanced feature (fitur lanjutan)
  • Pada menu fitur lanjutan, kamu bisa memilih menu Motion and gesture (gerakan dan gesture)
  • Langkah terakhir adalah silakan aktifkan opsi Palm swipe to capture
  • Fitur usapan telapak tangan sudah berhasil diaktifkan

Jika fitur usapan telapak tangan tersebut sudah berhasil kamu aktifkan, maka selanjutnya kamu sudah bisa menggunakannya untuk screenshot. Berikut langkah-langkah untuk melakukan screenshot melalui usapan telapak tangan.

  • Pertama, persiapkan terlebih dahulu area layar yang hendak kamu screenshot
  • Kemudian silakan letakkan tepi telapak tangan kamu pada layar. Gunakan tapi telapak tangan yang berada jari kelingking.
  • Selanjutnya silakan usap secara perlahan dari tepi kiri layar sampai ke tepi kanan layar.
  • Ketika sedang mengusap layar untuk screenshot, usahakan agar tepi telapak tangan kamu menyentuh layar dalam satu gerakan.
  • Kemudian silahkan tunggu hingga layar ponsel kamu berkedip dan mengeluarkan suara shutter.
  • Jika layar sudah berkedip dan mengeluarkan suara shutter, maka kamu telah berhasil melakukan screenshoot menggunakan ucapan telapak tangan.

Nah, sama dengan cara yang sebelumnya, kamu juga bisa melihat hasil dari screenshot yang telah kamu lakukan menggunakan fitur usapan telapak tangan ini di galeri hp samsung A31 kamu. Kamu juga bisa menjadikan cara ini sebagai opsi jika kamu memang tidak ingin melakukan screenshoot menggunakan menu asisten. Karena memang tidak semua pengguna samsung A31 nyaman dengan ikon menu asisten di layar.

Kesimpulan

Itulah tiga cara screenshot Samsung A31 yang telah dijelaskan. Silakan untuk memilih cara yang menurutmu mudah dan nyaman digunakan untuk screenshot. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts