Cara Menggunakan Shopee PayLater (Mudah) Belanja Online

Cara Menggunakan Shopee PayLater
Cara Menggunakan Shopee PayLater

Pindahlubang.com | Bagaimana cara menggunakan Shopee PayLater menjadi informasi yang ingin diketahui oleh banyak orang. Untuk mengetahuinya, yuk simak ulasan berikut ini.

Belanja online menjadi salah satu aktivitas yang muncul karena pesatnya perkembangan teknologi. Bahkan, belanja secara online kini dapat dilakukan tanpa harus memiliki uang dulu. Kok bisa?

Read More

Pengguna bisa membeli produk yang diinginkan tanpa harus memiliki uang dahulu atau beli dulu bayar nanti. Konsep PayLater pada Shopee, Tokopedia, dan beberapa marketplace lainnya seperti layaknya kartu kredit. Hanya saja, ini dilakukan secara online pada platfrom yang menyediakannya. Kamu tentu tidak bisa menggunakan Shopee PayLater pada Tokopedia atau marketplace lain.

Kemunculan PayLater ini menarik banyak minat pengguna terutama yang hobi belanja. Limit yang diberikan oleh pihak Shopee PayLater pun lumayan besar. Apakah kamu tertarik? Jika iya, simak informasi bagaimana cara menggunakan Shopee PayLater yang akan diulas lengkap berikut ini.

Apa Itu Shopee PayLater

Dikutip dari laman shopee.co.id, SPayLater atau Shopee PayLater merupakan suatu metode pembayaran Beli Sekarang Bayar Nanti pada aplikasi Shopee. Layanan tersebut disediakan oleh PT Commerce Finance dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Shopee PayLater memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi pembelian sekarang dan dibayar nanti di bulan depan.

Kelebihan Shopee PayLater

Selain dapat melakukan pembelian dahulu dan bayar nanti menggunakan metode cicilan selama beberapa bulan,  ada beberapa kelebihan lain menggunakan Shopee PayLater, antara lain:

  1. Proses daftar yang mudah karena hanya memerlukan verifikasi KTP, NIK, dan wajah.
  2. Proses pendaftaran yang lumayan cepat. Pihak Shopee PayLater membutuhkan waktu 2×24 jam untuk melakukan pemeriksaan dan verifikasi data. Bahkan, jika data yang diberikan valid dan memenuhi syarat, proses aktivasi hanya butuh beberapa jam hingga menit saja.
  3. Limit Shopee PayLater cukup besar hingga mencapai Rp50 juta, tergantung dengan level pengguna. Umumnya, pada awal pengajuan akan mendapatkan limit sebesar Rp750 ribu.  Untuk menaikkan limit SPayLater bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pengajuan secara manual dan otomatis.
  4. Tidak hanya sebagai metode pembayaran di aplikasi Shopee, SPayLater juga dapat digunakan untuk membayar tagihan.
Terkait:  Cara Aktifkan ShopeePay

Cara Menggunakan Shopee PayLater

Cara Menggunakan Shopee PayLater
Cara Menggunakan Shopee PayLater

Bagi kamu yang tengah ingin berbelanja menggunakan metode pembayaran Shopee Paylater bisa mengikuti langkah-langkah yang kami uraikan berikut ini:

Langkah 1. Buka Aplikasi Shopee

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Shopee di handphone Anda.

Langkah 2. Cari Produk

Setelah berada di halaman utama Shopee, cari dan tentukan produk yang ingin Anda beli.

Langkah 3. Beli Produk

Setelah menemukan produk yang diinginkan, tekan tombol “Beli” untuk memulai proses pembelian.

Langkah 4. Checkout

Pada halaman checkout, isi alamat pengiriman, pilih jasa pengiriman, masukkan voucher (jika ada), dan pilih metode pembayaran.

Langkah 5. Gunakan Shopee PayLater

Pilih opsi Shopee PayLater untuk membayar pesanan Anda dengan cara mencicil. Tentukan periode cicilan yang diinginkan, lalu tekan “Konfirmasi.”

Langkah 6. Buat Pesanan

Periksa kembali rincian pembayaran menggunakan Shopee PayLater. Jika semua sesuai dan Anda setuju, tekan tombol “Buat Pesanan.”

Langkah 7. Masukkan PIN

Masukkan 6 digit angka PIN Shopee PayLater sebagai langkah verifikasi akhir.

Langkah 8. Berhasil

Selamat! Proses menggunakan Shopee PayLater berhasil, dan pesanan Anda telah diproses. Semoga panduan ini membantu Anda menggunakan Shopee PayLater dengan mudah dan nyaman. Selamat berbelanja!

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Perlu kamu ketahui bahwa mengaktifkan Shopee PayLater yang berlaku untuk pengguna terpilih atau telah mendapatkan notifikasi untuk mengaktifkannya. Setelah mendapatkan pemberitahuan tersebut, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan Shopee PayLater.

  • Jika sudah mendapatkan notifikasi, selanjutnya pilih menu Saya pada halaman utama aplikasi.
  • Lalu, pilih menu SPayLater dan klik AKTIFKAN SEKARANG.
  • Langkah berikutnya adalah memasukkan nomor handphone. Masukkan nomor handphone pada kolom yang disediakan, lalu klik Lanjut.
  • Kode OTP akan dikirimkan Shopee lewat WhatsApp atau SMS. Apabila kamu memilih kode OTP dikirim lewat SMS, maka harus klik menu Cara Lain.
  • Setelah itu, masukkan kode OTP yang telah dikirimkan dan klik Lanjut.
  • Kamu akan diminta untuk mengunggah foto asli KTP dengan cara klik menu Upload KTP-mu.
  • Masukkan informasi tambahan yang dibutuhkan diantaranya adalah siapa nama ibu kandung hingga berapa gaji bulanan. Apabila minimal gaji yang dicantumkan semakin besar, maka potensi untuk mendapatkan limit Shopee PayLater yang tinggi pun semakin besar.
  • Kemudian, masukkan data diri mengenai Tingkat pendidikan, Industri, Pekerjaan, dan sebagainya. Klik Lanjut di bagian paling bawah jika semua sudah terisi.
  • Selanjutnya, melakukan verifikasi wajah. Pilih tombol Verifikasi Wajah yang terletak di bagian bawah layar. Arahkan wajah ke bingkai yang muncul di layar dan pastikan bahwa tempat pengambilan gambar kamu dilakukan di ruangan yang terang.
Terkait:  Cara Pakai Yuzu Moisturizer MS Glow

Syarat Aktifkan Shopee PayLater

Tidak semua pengguna Shopee memiliki peluang untuk aktivasi Shopee PayLater. Jika fitur tersebut tidak muncul mungkin karena pengguna dianggap belum memenuhi syarat oleh pihak Shopee PayLater.

Berikut beberapa syarat mengaktifkan fitur SPAyLater yang harus dimiliki oleh pengguna, antara lain:

  • Memiliki akun Shopee yang telah terdaftar dan terverifikasi.
  • Memiliki akun Shopee dengan minimal usia 3 bulan.
  • Sering melakukan transaksi pembelian lewat aplikasi Shopee.
  • Aplikasi Shopee sudah diperbaharui (update) dengan versi terbaru.

Cara Menggunakan Shopee PayLater sebagai Metode Pembayaran

Setelah layanan Shopee PayLater di akunmu berhasil diaktifkan, kamu bisa menggunakannya sebagai metode pembayaran saat melakukan transaksi. Adapun cara dalam menggunakan SPayLater sebagai metode pembayaran diantaranya adalah:

  • Cari produk yang ingin dibeli pada aplikasi Shopee, kemudian klik Beli Sekarang.
  • Pada halaman menu check-out, pilih Metode Pembayaran.
  • Klik SPayLater, lalu pilih Konfirmasi.
  • Tekan opsi Buat Pesanan dan masukkan PIN ShopeePay kamu.
  • Kini, tinggal menunggu pesanan diantar ke alamat tujuan.

Sebagai informasi, kamu akan melihat tampilan SPayLater pada laman Metode Pembayaran berdasarkan aturan seperti berikut.

  1. Apabila harga produk dibawah harga Rp50 ribu, maka akan muncul dua pilihan, yaitu Beli Sekarang dan Bayar Nanti (BNPL).
  2. Apabila limit umum sebesar Rp0, maka pilihan Beli Sekarang dan Bayar Nanti (BNPL) tidak akan muncul.
  3. Sedangkan jika limit umum sebesar Rp0 serta limit cicilan di bawah Rp50 ribu, maka metode pembayaran SPayLater tidak bisa digunakan dan tampilannya berwarna abu-abu.

Cara Menggunakan Shopee PayLater sebagai Metode Pembayaran Sebagian

Lantas, bagaimana jika total harga produk yang dibeli melebihi limit SPayLater? Tenang saja, karena kamu bisa menggunakan SPayLater untuk membayar sebagian dan sisanya menggunakan metode pembayaran yang lain. 

Terkait:  Cara Transfer OVO ke ShopeePay, Begini Caranya

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pada halaman menu check-out, pilih Metode Pembayaran.
  • KLik SPayLater, lalu klik Konfirmasi
  • Selanjutnya, pilih Buat Pesanan
  • Klik Opsi Pembayaran Tambahan dan tekan Konfirmasi.
  • Masukkan PIN ShopeePay.
  • Lalu, sisa  tagihan pembayaran menggunakan metode pembayaran lain sesuai keinginan kamu.

Cara Bayar Shopee Paylater

Tagihan Shopee PayLater dapat dibayar dengan mengikuti cara berikut ini:

  • Buka aplikasi Shopee, lalu pilih menu Saya pada halaman utama aplikasi.
  • Pilih SPayLater dan klik Bayar Sekarang.
  • Pilih opsi Tagihan Bulan Ini, lalu klik Bayar Sekarang.
  • Setelah itu, pilih metode pembayaran, tekan Konfirmasi, dan klik Bayar Sekarang.
  • Sekarang lakukan pembayaran tagihan sesuai metode yang kamu pilih.

Apabila pembayaran telah diverifikasi, kamu akan mendapatkan notifikasi yang muncul pada bagian Keuangan bahwa pembayaran telah diterima. Proses verifikasi pembayaran akan berbeda-beda waktunya tergantung dari metode pembayaran yang dipilih. Sementara itu, limit Shopee PayLater kamu akan dikembalikan maksimal selama 1×24 jam.

Perlu diingat bahwa pengguna akan mendapatkan pemberitahuan tagihan 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Selain itu, rincian tagihan SPayLater akan didapatkan setiap bulan, yakni pada tanggal 25, 1, atau 15 disesuaikan dengan periode tagihan yang dipilih oleh pengguna.

Adanya fitur Shopee PayLater memang berguna bagi kamu yang sangat membutuhkan sesuatu tapi belum ada uangnya. Akan tetapi, fitur ini juga memiliki sisi negatif yaitu dapat membuat pengguna memiliki perilaku konsumtif karena bisa belanja dengan mudah bahkan boleh hutang dulu bayar nanti. Oleh karena itu, sebaiknya lebih bijak dalam menggunakan fitur Paylater karena jika tagihan belum dibayar setelah tanggal jatuh tempo, kamu akan dikenai denda.

Itulah informasi terkait cara menggunakan Shopee PayLater.

Related posts