Cara Menonaktifkan Talkback Realme

Cara Menonaktifkan Talkback Realme Semua Tipe dengan Mudah

Pindahlubang.com | Realme menjadi salah satu smartphone berbasis Android yang dilengkapi beragam fitur keren dan menarik. Selain itu, perangkatnya sudah dilengkapi fitur talkback untuk memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi dengan mudah. Tak bisa dimungkiri banyak orang enggan memakainya dan ingin tahu cara menonaktifkan talkback Realme.

Talkback memang menjadi fitur terbaik yang membantu tunanetra dalam mengelola aplikasi apapun lebih praktis. Sayangnya, mayoritas pengguna HP Realme merasa kurang nyaman saat menggunakan fitur tersebut.

Fitur ini bahkan sudah disematkan pada semua smartphone Android versi terbaru. Selain itu, kamu pun dapat mengaktifkannya dengan cepat dan mudah. Jika fiturnya masih aktif dan tidak akan digunakan lagi, maka kamu bisa mengikuti cara menonaktifkan talkback Realme C21Y maupun tipe lain yang dibahas lewat artikel ini.

Apa itu Talkback?

Talkback alias Voice Assistant merupakan fitur perintah pada smartphone yang dihubungkan melalui audio atau suara saja. Pengguna smartphone hanya perlu memberi instruksi berupa suara untuk mengoperasikan gadgetnya masing-masing.

Fitur ini bisa dibilang efektif untuk pengidap tunanetra, tapi bagi orang normal justru sebaliknya. Oleh sebab itu, banyak orang ingin mematikan fitur ini karena merasa terganggu, lho. Kamu bahkan bisa menonaktifkannya melalui setelan perangkat, serta tidak menggunakan aplikasi apapun.

Terkait:  Cara Menutup Kartu Kredit BRI

Cara Mengaktifkan Talkback Realme Lewat Pengaturan

Bagi kamu yang menggunakan HP Realme dan belum pernah mencoba fitur talkback, layanan tersebut bisa diaktifkan melalui smartphonemu masing-masing. Cara mengaktifkan talkback Realme semua tipe adalah sebagai berikut:

  • Buka HP Realme kamu terlebih dulu.
  • Geser layar ke atas untuk mengakses semua aplikasi.
  • Jika tidak tersedia, buka aplikasi Pengaturan atau Setting.
  • Pilih menu Aksesibilitas atau Accessibility.
  • Klik Layanan Terpasang, Visi atau Pembaca Layar.
  • Pilih menu Talkback atau Asisten Suara.
  • Jika opsinya sudah ketemu, tekan tombol tersebut untuk mengaktifkannya.
  • Klik Aktifkan atau OK.
  • Kalau Talkback sudah aktif, usap layar ke kanan atau kiri untuk memilih aplikasi yang akan dibuka.
  • Terakhir, masukkan kata sandia tau PIN untuk mengaksesnya dengan fitur Talkback yang sudah diaktifkan.

Cara Mengaktifkan Talkback Realme Lewat Google Assistant

Google Assistant ternyata dapat digunakan untuk mengaktifkan fitur talkback, lho. Seperti kamu tahu bahwa layanan Google ini hanya bisa dioperasikan dengan menggunakan perintah suara saja. Cara mengaktifkan talkback Realme melalui Google Assistant adalah sebagai berikut:

  • Buka HP Realme kamu terlebih dulu.
  • Aktifkan Google Assistant.
  • Ucapkan OK Google.
  • Jika Google Assistant merespons, katakan Aktifkan Talkback.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai fitur talkback sudah diaktifkan secara otomatis.

Cara Mengaktifkan Talkback Realme Lewat Tombol

Kamu dapat menggunakan tombol fisik untuk mengaktifkan fitur talkback pada HP Realme semua tipe. Namun, pastikan tombolnya tidak ditekan terlalu kencang agar fungsinya dapat berjalan normal. Simak cara mengaktifkan talkback Realme dengan tombol fisik di bawah ini:

  • Pertama, tekan dan tahan tombol Volume Atas dan Bawah selama 3-5 detik.
  • Jika ingin mengonfirmasi fitur talkback akan diaktifkan, tekan kembali kedua tombol volume selama beberapa detik.
  • Kalau Talkback diaktifkan ketika perangkat sedang disiapkan, pintasan tombol pun dapat diaktfikan secara otomatis.
Terkait:  Cara Menonaktifkan Talkback Samsung yang Terkunci, Mudah!

Mengapa Layar HP Realme Tidak Bisa Disentuh?

Kalau Talkback sudah diaktifkan, tapi layar smartphone Realme mendadak tidak bisa disentuh, kemungkinan besar kamu mengoperasikannya dengan satu jari saja. Pasalnya, fitur tersebut memang sulit dijalankan dengan swipe layar menggunakan satu jari.

Kamu hanya dapat melakukannya dengan mengusap layar dari kanan ke kiri atau sebaliknya dengan dua jari. Tak hanya itu, kamu bisa scroll dari atas ke bawah untuk menemukan aplikasi yang akan dibuka. Semuanya dapat dioperasikan dengan mudah selama fitur Talkback diaktifkan.

Cara Menonaktifkan Talkback Realme

Cara Menonaktifkan Talkback Realme
Cara Menonaktifkan Talkback Realme

Cara menonaktifkan talkback Realme C21Y, C11 dan tipe lainnya bisa dilakukan dengan mudah. Bagi kamu yang masih bingung mematikan fiturnya, sebaiknya ikuti dan simak informasi tentang hal tersebut melalui artikel ini.

Kami sudah merangkum panduannya sehingga semua pengguna HP Realme dapat mematikan fitur talkback dengan cepat dan praktis. Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa kamu tidak perlu menggunakan aplikasi apapun untuk menonaktifkannya. Kamu cukup akses setelan perangkat smartphone masing-masing.

Langkah 1: Buka Pengaturan

Cara menonaktikan talkback Realme C21Y, C11 dan tipe lainnya yang pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan atau Setting. Kamu bisa menemukannya pada halaman utama dengan logo gerigi atau membuka Quick Setting.

Langkah 2: Pilih Menu Pengaturan Tambahan

Pada halaman Pengaturan, geser layar ke bawah secara perlahan. Kamu bisa swipe seperti biasa, jika tidak dapat digeser dengan satu jari, berarti usap dengan dua jarimu. Kemudian, pilih menu Pengaturan Tambahan atau Additional Setting di bagian bawah.

Langkah 3: Klik Bebas Halangan

Cara menonaktifkan talkback Realme C21Y, C11 dan tipe lain berikutnya adalah mengetuk opsi Bebas Halangan di bagian atas. Jika kamu sudah masuk ke halaman pengaturan tambahan, menu tersebut biasanya akan muncul di atasnya.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Talkback Vivo dengan Tombol, Simpel!

Langkah 4: Pilih Menu Talkback

Kamu bisa mencari menu Talkback pada bagian bebas halangan. Opsi tersebut biasanya ada di bagian atasnya juga. Kamu bisa mematikan fiturnya dengan mengetuk atau menggeser toogle nya ke kiri sampai berubah warna menjadi abu-abu, artinya sudah dinonaktifkan.

Langkah 5: Konfirmasi

Cara menonaktifkan talkback Realme C21Y, C11 dan tipe lainnya yang terakhir adalah tunggu beberapa saat hingga muncul menu pop-up Matikan Talkback. Jika fiturnya ingin dimatikan, tekan tombol Mati dan talkback tidak bisa digunakan lagi pada HP Realme kamu.

Cara Menonaktifkan Talkback Realme Lewat Tombol Fisik

Kamu bisa mematikan fitur talkback dengan metode lebih praktis, yakni menggunakan tombol fisik antara power dan volume. Bagaimana caranya? Simak cara menonaktifkan talkback Realme dengan tombol fisik di bawah ini:

  • Buka HP Realme kamu.
  • Tekan sekaligus tahan tombol Power dan Volume Bawah dan Atas dalam waktu yang sama.
  • Jika kombinasi tombolnya sudah ditekan, tunggu beberapa saat hingga layar menampilkan notifikasi bahwa fitur talkback berhasil dinonaktifkan.

Cara Menonaktifkan Talkback Realme Lewat Google Assistant

Talkback bukan hanya dinonaktifkan melalui setelan atau tombol fisik saja. Kamu bisa mematikan fitur tersebut dengan menggunakan Google Assistant. Layanan ini sudah disematkan pada semua HP Android terbaru, termasuk Realme yang dioperasikan dengan perintah suara. Cara menonaktifkan talkback Realme via Google Assistant adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka HP Realme kamu terlebih dulu.
  • Pastikan Google Assistant sudah terpasang dan aktif.
  • Katakan OK, Google.
  • Kalau Google Assistant menanggapi suaramu, ucapkan Nonaktifkan Talkback atau Turn Off Talkback.
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya hingga muncul notifikasi bahwa fitur talkback sudah dinonaktifkan.

Cara menonaktifkan talkback Realme C21Y, C11 dan tipe lainnya sangat mudah, kan? Jika kamu belum tahu, apalagi tidak pernah menggunakannya maka bisa aktifkan sebagai ujicoba. Kalau Talkback ternyata kurang efektif, matikan fiturnya lewat tutorial yang sudah kami uraikan di atas. Selamat mencoba!

Similar Posts