Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC (7 Metode) Ampuh!

Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC
Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC

PindahLubang.com | Kamu pasti tahu bahwa Samsung sudah menjadi salah satu brand elektronik terbaik dan terbesar di dunia. Brand asal Korea Selatan ini sering meluncurkan beragam gadget canggih. Namun, tak mustahil banyak orang tak bertanggung jawab meluncurkan gawai kw. Kamu harus tahu cara cek HP Samsung ori atau HDC dengan benar.

Seperti kamu tahu bahwa pihak tertentu biasanya merilis beberapa smartphone replika yang tampilan, serta ukurannya sama persis dengan aslinya. Oleh karena itu, kamu tidak boleh tertipu dalam membedakan keduanya.

Read More

Cara cek HP Samsung ori atau HDC bisa dilakukan dengan berbagai macam metode sederhana, bahkan tanpa aplikasi apapun, lho. Kamu dapat menggunakan IMEI sampai memperhatikan fitur-fitur tertentu pada perangkatnya. Jika kamu menggunakan HP Samsung sekarang, panduan pemeriksaannya akan dibahas lewat artikel ini.

Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC

Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC
Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC

Barangkali kamu sedang mencari cara cek HP Samsung ori atau HDC yang benar dan mudah, sebaiknya ikuti dan simak pembahasan artikel kami ini. Pengguna HP Samsung semua tipe jangan merasa senang jika smartphone yang baru dibeli adalah barang asli.

Tak bisa dimungkiri banyak pihak tidak bertanggung jawab sekarang semakin nekat meluncurkan gawai kw alias HDC. Oleh karena itu, kami sudah menyiapkan beberapa tutorial supaya kamu bisa mengetahui smartphone Samsung digunakan adalah perangkat asli atau palsu.

Terkait:  Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC (7 Metode), Valid!

Cek HP Samsung Ori atau HDC Lewat IMEI

IMEI merupakan nomor unik yang terdiri dari 15-17 digit angka acak dan terdapat pada semua smartphone. Nomor ini bisa digunakan untuk mengetahui keaslian ponsel yang digunakan, lho. Cara cek HP Samsung ori atau HDC via IMEI adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telepon atau Phone melalui HP Samsung kamu.
  • Ketik *#06#.
  • Tekan tombol Panggil atau Call.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul informasi mengenai IMEI dan S/N.
  • Catat IMEI yang ditampilkan pada layar ponselmu.
  • Kalau IMEI sudah dicatat, akses website imei.info melalui peramban browser (Google Chrome, Firefox, dsb).
  • Masukkan IMEI yang sudah dicatat ke kolom tersedia.
  • Klik Check.
  • Terakhir, sistem website akan menampilkan detail IMEI beserta perangkat smartphone Samsung yang digunakan.

Cek HP Samsung Ori atau HDC Lewat Resolusi Layar

Kamu bisa mengetahui smartphone Samsung yang sedang digunakan asli atau palsu dengan mengukur resolusi layarnya. Caranya dengan browsing informasi tentang model atau tipe perangkat di internet, sedangkan kamu dapat melihat keterangan tentang spesifikasinya secara detail.

Jika sudah diketahui, kamu perlu memeriksanya dari segi lapangan. Sebab, jika ukurannya sama dengan spesifikasinya dipastikan ponselmu adalah perangkat asli. Kalau sebaliknya, kemungkinan besar HDC dan resolusi layar sangat penting diperhatikan dengan teliti.

Cek HP Samsung Ori atau HDC Lewat Memori Internal

RAM atau memori internal merupakan acuan penting yang perlu kamu amati saat membeli ponsel baru. Kini, smartphone Samsung semakin rentan ditiru oleh pihak tertentu agar tampilannya sama dengan produk aslinya.

Jika kamu berencana membeli HP Samsung baru, pastikan memori internalnya sama seperti spesifikasi yang muncul di internet. Namun, kalau memorinya lebih kecil daripada data di browser, kemungkinan besar perangkatnya adalah ponsel kw atau HDC yang patut diragukan keasliannya.

Terkait:  Cara Email Lamaran Kerja

Cek HP Samsung Ori atau HDC Lewat Samsung Kies

Samsung Kies merupakan software alias tools besutan Samsung yang diluncurkan untuk mensinkronkan semua data pada smartphone nya ke PC. Tools ini bahkan berguna dalam mengidentifikasi keaslian ponselmu, lho.

Kalau HP nya palsu atau HDC, sistemnya tidak akan terbaca. Kamu bisa mencobanya dengan cara cek HP Samsung ori atau HDC via Samsung Kies di bawah ini:

  • Download Samsung Kies via samsung-kies.en.softonic.com melalui browser pada laptop atau PC kamu.
  • Jalankan dan buka programnya.
  • Jika sudah dibuka, hubungkan HP Samsung ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  • Kalau HP Samsung terdeteksi, maka bisa dipastikan perangkatnya adalah smartphone asli.

Cek HP Samsung Ori atau HDC Lewat Kamera

Kamera sudah menjadi bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari semua model gawai canggih masa kini. Pasalnya, siapapun pasti sering mengabadikan momen seru dengan menggunakan kamera ponsel masing-masing. Kalau HP Samsung kamu ingin dicek keasliannya, maka bisa memeriksa kamera belakang dan depannya.

  • Kamera Belakang
    Secara umum kamera belakang merupakan kamera utama yang pasti mempunyai resolusi lebih tinggi, sedangkan hasil gambar yang diambil pun sangat tajam. Bagian ini biasanya dilengkapi beberapa fitur lain seperti flash, auto focus dan lainnya.Kamu bisa memeriksa HP Samsung dengan mengambil gambar atau merekam video melalui dua tipe ponsel yang sama. Jika terdapat perbedaan signifikan, apalagi hasilnya lebih buram kemungkinan besar perangkat tersebut HDC.
  • Kamera Depan
    Kamu perlu melakukan ujicoba dengan mengambil foto selfie saat sedang membeli HP Samsung baru. Pasalnya, kamu bukan sekadar mengetahui beberapa fitur yang disematkan, melainkan hasil gambar yang didapatkan.Walaupun resolusinya tidak setinggi kamera belakang, setidaknya dengan ukuran minimal 5-8 MP bisa memberi hasil gambar cukup jernih. Jika hasilnya buram bahkan agak pecah, bisa saja HP Samsung tersebut adalah barang HDC.
Terkait:  Cara Centang Biru IG

Cek HP Samsung Ori atau HDC Lewat Samsung Switch

Jika kamu masih kurang yakin menggunakan Samsung Kies, manfaatkan Samsung Switch untuk mengecek keaslian ponselmu. Tools ini bisa diakses dalam bentuk aplikasi (HP) atau browser (PC) sesuai dengan kebutuhanmu. Cara cek HP Samsung ori atau HDC menggunakan Samsung Switch di antaranya:

  • Download aplikasi Samsung Switch via samsung-smart-switch.en.softonic.com melalui browser pada laptop atau PC kamu.
  • Jika ingin menggunakan ponsel, unduh aplikasinya via Play Store.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Pada PC, sambungkan HP Samsung ke tools ini dengan menggunakan kabel USB.
  • Kalau dipasang via HP, Samsung Switch berguna untuk memindahkan semua data dan file ke HP Samsung lainnya.
  • Jika terbaca, berarti HP Samsung kamu adalah perangkat smartphone asli.

Cek HP Samsung Ori atau HDC Lewat Aplikasi CPU-Z

Aplikasi CPU-Z merupakan tools selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek keaslian semua merk smartphone Android. Bagi kamu atau siapa saja yang menggunakan smartphone Samsung, simak tahapan untuk mengecek HP Samsung ori atau HDC melalui aplikasi CPU-Z sebagai berikut:

  • Download aplikasi CPU-Z melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasinya.
  • Pada halaman utama, klik Izinkan atau Allow untuk mengizinkan aplikasi mengakses perangkat yang digunakan.
  • Jika sudah diizinkan, aplikasinya akan memindai sekaligus menampilkan detail mengenai HP Samsung yang digunakan, cek spesifikasinya untuk disamakan dengan data di internet.

Pengguna HP Samsung semua tipe sekarang tidak perlu khawatir untuk memeriksa keaslian smartphone nya. Gunakan cara cek HP Samsung ori atau HDC sesuai dengan panduan kami di atas, agar kamu dapat memastikan gawai yang digunakan adalah barang asli atau palsu tanpa ribet. Semoga membantu!

Rekomendasi:

Related posts