Cara Mengirim Apk lewat Whatsapp

5 Cara Mengirim Apk lewat Whatsapp Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara mengirim apk lewat whatsapp adalah cara yang saat ini banyak digunakan para pengguna untuk bisa berkirim aplikasi ataupun file dari aplikasi perpesanan atau chat yang cukup populer saat ini, yakni whatsapp. Seperti yang kita tau, aplikasi whatsapp juga memang banyak digunakan para pengguna smartphone mulai dari android, hingga iPhone untuk berkirim pesan, mengirim pesan suara, video, melakukan panggilan telpon, atau bahkan video call dan membuat grup atau yang lainnya.

Namun terlepas dari itu, ternyata whatsapp juga bisa kamu gunakan untuk mengirim file apk yang mana jadi salah satu alternatif bagi para pengguna ponsel yang mungkin tak ingin mendownload aplikasi melalui google sebab langkahnya yang mungkin agak ‘ribet’ dan memilih untuk mengirimnya lewat whatsapp saja agar lebih mudah. Tentunya, hal ini sangat membantu para pengguna ketika mereka ingin membagikan mentahan atau file aplikasi yang digunakan ke pengguna lain.

Cara Mengirim Apk lewat Whatsapp

Cara Mengirim Apk lewat Whatsapp
Cara Mengirim Apk lewat Whatsapp

Terlepas dari itu, tak sedikit juga para pengguna whatsapp yang belum mengetahui cara mengirim apk lewat whatsapp. Biasanya, hal ini disebabkan kebiasaan pengguna yang hanya menggunakan whatsapp untuk kebutuhan berkirim pesan, dokumen, foto, atau video saja. Padahal, caranya sangat mudah untuk dilakukan lho.

Terkait:  Cara Mengganti Background Layar Utama WhatsApp

Langkah 1 – Siapkan File Apk yang Hendak dikirim

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan file apk yang hendak kamu kirim. Di sini, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan file apk yang nantinya akan kamu kirimkan lewat whatsapp.

Pertama, kamu bisa menggunakan aplikasi Apk Extractor yang mana bisa kamu temukan dan install aplikasinya secara gratis di Google Play Store di tiap smartphone Android kalian. Setelah itu, jalankan aplikasi Apk Extractor dan pilih aplikasi mana yang ingin kamu extract atau dapatkan file dalam bentuk .apk dari daftar aplikasi yang sudah terinstall di smartphone kalian.

Atau untuk cara yang kedua, di sini kamu bisa mendownload terlebih dahulu aplikasi dalam format .apk yang bisa kamu temukan dari mesin pencari Google, dan kemudian simpan di directory default (download) ataupun kamu juga bisa memindahkannya ke directory folder yang kamu inginkan atau lebih mudah untuk ditemukan.

Langkah 2 – Buka Aplikasi Whatsapp

Kemudian untuk cara yang kedua adalah kamu harus memiliki aplikasi whatsapp di smartphone kalian. Untuk itu, kamu bisa membuka aplikasi whatsapp yang sudah terinstall di smartphone kamu, dan pastikan kamu sudah login ke dalam aplikasi whstapp dengan menggunakan nomor pribadi kamu, serta memiliki kontak penerima yang nantinya akan kamu kirimkan file apk lewat whatsapp.

Langkah 3 – Cari Pengguna yang Akan Menjadi Penerima File Apk

Langkah di langkah ketiga, kamu bisa klik pada icon kaca pembesar atau pencarian untuk mencari user atau pengguna yang masuk dalam daftar kontak kamu dan menjadi penerima aplikasi yang kamu kirimkan. Selain menggunakan tombol pencarian, kamu juga bisa klik pada icon (+) dan kemudian kamu bisa klik pada icon start new chat dan cari pengguna yang menjadi penerima apk yang kamu kirimkan.

Terkait:  Cara Mengetahui Lokasi Pengguna WhatsApp

Setelah ketemu, kamu bisa tap pada nama atau user pengguna tersebut untuk kemudian masuk ke dalam chat room whatsapp seperti pada umumnya.

Langkah 4 – Kirim Apk lewat Attachment Dokumen Whatsapp

Setelah di arahkan ke dalam tampilan chat room antara kamu dan penerima file apk, silakan klik pada icon atau icon paper clip yang menandakan jika kamu ingin mengirimkan file melalui aplikasi whatsapp.

Nah, sebab di sini kita akan mengirimkan file dalam bentuk .apk, maka yang bisa kita lakukan adalah klik pada icon paper clip atau attachment, lalu pilih pada document dan kemudian pilih pada opsi browse other document dan kemudian pilih pada file explorer untuk kamu bisa menemukan file .apk yang ingin kamu kirimkan ke pengguna whatsapp.

Jika sudah menemukan aplikasi atau apk yang hendak di kirim, kamu bisa langsung klik pada apk tersebut, dan klik pada sent untuk kemudian proses pengiriman di mulai. Nah, biasanya untuk pengiriman dokumen dalam bentuk apk ini sendiri akan memakan waktu yang cukup lama, tergantung dengan besarnya ukuran file apk, dan juga jaringan internet yang kamu gunakan.

Langkah 5 – Berikan Perizinan Whatsapp

Terakhir, setelah dokumen atau file .apk berhasil terkirim ke penerima, maka si penerima harus melakukan pengunduhan file apk terlebih dahulu dari chat room yang dibuat oleh kalian tadi. Nah, cepat atau lambatnya proses pengunduhan juga masih di pengaruhi oleh ukuran file apk, dan juga koneksi internet yang digunakan.

Jika proses pengunduhan sudah selesai, maka si penerima cukup mengklik pada attachment atau file apk yang dikirim tadi, dan kemudian akan ada muncul perizinan untuk menginstall aplikasi dari whatsapp. Biasanya, setelah kamu mengklik OK, kamu akan di arahkan ke app info atau info aplikasi dari whatsapp.

Terkait:  Cara Kirim Pulsa IM3 ke Telkomsel (Paling Mudah) Sekali Klik!

Klik toggle on pada izinkan menginstall aplikasi ketika berada di info aplikasi whatsapp, dan kemudian tekan tombol back dan klik lagi file apk yang sudah terkirim tadi. Barulah kamu bisa menginstall aplikasi yang dikirimkan via whatsapp oleh pengirim dengan cara yang sangat mudah.

Apakah Kita Bisa Mengirim File Apk dengan Ukuran Besar di Whatsapp?

Jawabannya adalah tidak. Seperti yang kita tau, whatsapp sendiri memiliki batasan ukuran file dalam bentuk dokumen yakni sebesar 10 hingga 25 MB saja, jadi ketika kamu hendak mengirimkan file apk lewat whatsapp, pastikan dulu jika ukuran file yang kamu kirim tidak dalam ukuran yang melebihi batasan dari whatsapp.

Bagaimana Jika Ingin Mengirimkan File Apk dalam Ukuran Besar lewat Whatsapp?

Buat kamu yang ingin mengirimkan file apk dalam bentuk besar di whatsapp, kamu bisa menggunakan bantuan dari situs Google Drive ataupun file hosting lain yang menyediakan fitur upload file dalam ukuran besar. Kemudian jika file sudah berhasil di upload, kamu bisa mengirimkan link download ke pengguna whatsapp yang juga ingin menggunakan aplikasi yang kamu unggah tadi.

Kenapa Terjadi Error Saat Mengirim Apk lewat Whatsapp?

Untuk masalah ini, biasanya bisa disebabkan oleh beberapa hal yang mana memang menjadi masalah bagi pengguna whatsapp ketika hendak mengirimkan file Apk, biasanya bisa disebabkan oleh file apk yang corrupt, ukurana file apk yang terlalu besar, dan lain sebagainya. Namun, masalah yang sering terjadi biasanya disebabkan oleh jaringan internet yang kurang baik, sehingga saat pengiriman file apk, mengalami kegagalan.

Untuk itu jika kamu mungkin menggunakan mobile data atau jaringan seluluer saat ingin mengirimkan file apk lewat whatsapp, pastikan kamu tidak menggunakan ponselmu untuk membuka aplikasi atau sosial media lain yang menggunakan jaringan internet.

Dan itulah tadi beberapa cara mengirim apk lewat whatsapp yang bisa kamu gunakan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Similar Posts