5 Cara Mengirim Paket lewat JNE untuk Pemula yang Gampang Banget!

Cara Mengirim Paket lewat JNE
Cara Mengirim Paket lewat JNE

Bagaimana cara mengirim paket lewat jne yang mudah? Apa saja yang harus dipersiapkan ketika hendak mengirim paket lewat jasa ekspedisi JNE? Dan bagaimana langkah-langkah mudahnya? Bicara tentang mengirim paket, tentu hal ini sudah bukan lagi hal yang asing bagi sebagaian orang. Terlebih, untuk mereka yang memang berkutat di dunia online shop atau jual beli produk yang mana harus dikirimkan ke pembeli dengan menggunakan jasa ekspedisi yang dipilih.

Seperti yang kita tau, saat ini kegiatana belanja online memang sudah menjadi hal yang tak lagi asing dan sulit. Bahkan, anak-anak berusia belasan tahun saja sudah bisa melakukan pembelian atau belanja online dengan menggunakan metode pembayaran cod, via merchat, atau bahkan menggunakan layanan dompet digital yang lainnya. Sebab itulah tak heran jika saat ini juga ada banyak sekali jasa ekspedisi yang bisa kita temukan untuk mengirim paket yang hendak diantarkan ke pembeli.

Read More

Cara Mengirim Paket lewat JNE

Cara Mengirim Paket lewat JNE
Cara Mengirim Paket lewat JNE

Walaupun begitu, tak hanya para pemilik online shop saja yang sering menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE. Karena, ada beberapa orang yang juga mencari cara mengirim paket lewat jne ketika mereka hendak mengirimkan barang ke keluarga, saudara, teman, atau bahkan pasangan mereka yang berada di luar Kota. Nah, untuk itu jika mungkin kamu juga mencari cara yang sama, berikut ini mimin sudah siapkan beberapa langkah yang bisa kamu gunakan, seperti.

Langkah 1 – Siapkan Paket yang Hendak di Kirim

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah jelas, menyiapkan paket yang hendak kamu kirimkan melalui JNE. Nah, di sini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika hendak mengirimkan paket melalui JNE, yakni.

  • Pastikan barang yang hendak dikirim bukan barang pecah belah
  • Pastikan barang yang hendak dikirim bukan barang yang mudah meledak
  • Pastikan barang yang hendak dikirim bukan barang yang mengandung zat kimia berbahaya
  • Pastikan barang yang hendak dikirim bukan binatang atau makhluk bernyawa
Terkait:  Cara Transfer Uang Lewat Indomaret: Praktis dan Cepat!

Tentunya, ketentuan ini bisa kamu lihat di website JNE ataupun kamu bisa menemukannya di internet mengenai jenis paket atau barang apa saja yang boleh dan tidak boleh dikirim.

Langkah 2 – Packing Paket dengan Aman

Kemudian untuk yang kedua, setelah mengetahui barang apa yang akan kamu kirimkan lewat JNE, kamu bisa melakukan packing pada barang yang hendak kamu kirim. Di sini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika hendak melakukan packing.

  • Kamu bisa menggunakan bantuan bubble warp untuk melindungi paket kalian dari benturan
  • Kemudian kamu juga bisa menggunakan tambahan kardus atau karton keras untuk melindungi barang yang dikirim
  • Gunakan packing yang sesuai dengan ukuran atau bentuk dari barang yang ingin kamu kirim
  • Tambahkan pelindung pada bagian dalam paket (kardus) untuk menghindari benturan
  • Rapatkan solasi atau tutup paket sampai benar-benar terlindung dengan baik dan rapi

Untuk masalah packing sendiri, tentunya hal ini cukup penting untuk diperhatikan sebab jika kamu mengirim produk seperti gelas berbahan plastik keras yang bisa pecah ataupun kaca dan lain sebagainya yang sekiranya mudah retak atau hancur ketika terkena benturan, maka mimin menyarankan kamu untuk menggunakan packing yang aman dan benar-benar terlindungi.

Langkah 3 – Berikan Detail Pengirim dan Penerima

Setelah proses packing selesai, maka kita akan masuk ke dalam detail penerima dan juga pengirim. Untuk hal ini, sebenarnya berguna untuk kurir dari JNE mengetahui kepada siapakah paket ini akan diterima, dan dari siapakah paket ini dikirimkan. Hal ini juga akan di input oleh petugas JNE yang mencatat paket kamu, untuk kemudian mengeluarkan resi pengiriman beserta biaya ongkos kirim.

Terkait:  Cara Ekspor Hasil Pertanian

Dari Pengirim

  • Cantumkan nama lengkap
  • Cantumkan nomot telpon
  • Cantumkan alamat
  • Cantumkan nama barang yang dikirim

Untuk Penerima

  • Cantumkan nama lengkap
  • Cantumkan alamat lengkap beserta detailnya (jika ada untuk mempermudah)
  • Cantumkan nomor telpon penerima

Nah, data-data di atas tadi berguna untuk memudahkan pihak JNE melakukan input ataupun mencetak resi sesuai dengan paket yang sudah kamu kirim. Dengan begitu, maka pihak JNE bisa lebih mudah untuk mencari dan mengantarkan paket ke alamat penerima.

Kamu bisa menulis detail pengirim dan juga penerima, di secarik kertas dan kemudian menempelkannya di paket yang sudah di packing tadi menggunakan solasi, atau kamu juga bisa mengetiknya di komputer atau laptop, kemudian kamu print di kertas HVS.

Langkah 4 – Datang ke Konter JNE Terdekat

Setelah proses packing dan penambahan detail untuk pengiriman sudah ditambahkan, kamu bisa langsung membawa paket kamu ke konter JNE terdekat dari lokasi kalian. Tak masalah di mana daerah kamu tinggal, jika kamu mungkin tak sengaja menemukan konter JNE lain yang lokasinya tidak masuk wilayah alamat kamu, hal ini tetap bisa dilakukan kok. Sebab, untuk data yang diinput nanti akan di sortir untuk kemudian dikirimkan dari konter JNE terdekat yang lainnya.

Sesampainya di konter JNE dari lokasi kalian, kamu bisa mengatakan jika kamu ingin melakukan pengiriman paket yang sudah di packing. Biasanya, staff JNE juga akan menanyakan jenis barang apa yang hendak dikirim.

Dan setelah itu, pihak JNE juga akan menanyakan kamu untuk menggunakan jasa pengiriman yang bisa kamu pilih, seperti JNE Reguler, JNE ONS, atau JNE YES. Dari ketiga pilihan pengiriman tadi, tentunya bianya ongkirnya juga akan berbeda.

Terkait:  Cara Kirim Pulsa ke Telkomsel Update Desember 2023

Semisal kamu memilih paket JNE Reguler, biasanya akan dikenakan biaya sekitar Rp9.000. Jika kamu menggunakan jasa pengiriman JNE ONS, maka kemungkinan bianyanya bisa sekitar Rp15.000++ sedangkan untuk menggunakan JNE YES, kemungkinan biaya ongkos kirimnya akan mirip dengan dengan ONS, yang kadang bisa saja lebih mahal ataupun lebih murah. Hal ini juga tergantung dari lokasi si penerima apakah sudah mendukung pengiriman ONS atau YES, atau tidak memungkinkan untuk menggunakan layanan ONS atau YES.

Selain itu, pastikan juga kamu datang ke Konter JNE pada pagi atau siang hari. Sebab jika kamu datang pada menjelang malam atau menuju malam, maka kemungkinan paket yang mau kamu kirim tadi, baru akan di proses pada esok hari. Namun, kembali lagi ke kebijakan masing-masing pihak JNE di daerah kalian.

Langkah 5 – Terima Resi Pengiriman

Setelah packing, penambahan detail, dan mengunjungi kantor cabang atau konter JNE sudah dilakukan, maka langkah terakhir adalah kamu bisa melakukan pembayaran pada jasa ongkos kirim dari JNE yang berlaku untuk paket kalian. Nah, setelah kamu berhasil melakukan pembayaran, nantinya kamu akan mendapatkan struk atau tanda terima berupa resi pengiriman, yang mana di dalam resti tersebut memiliki nomor yang bisa kamu tracking untuk mengetahui lokasi paket kalian sudah sampai mana.

Sampai sini, kamu sudah berhasil untuk mengirimkan paket dengan menggunakan JNE. Untuk beberapa ekspedisi lain, mungkin caranya juga akan sama saja. Sebab, cara mengirim paket lewat jne ini memang sangat mudah untuk dilakukan bagi pemilik online shop, ataupun perseorangan. Selamat mencoba.

Related posts