Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Berkedip

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Berkedip (4 Metode) Mudah

PindahLubang.com | Kamu pasti belum tahu cara mengatasi printer Epson L3110 lampu berkedip, kan? Masalah ini bisa dibilang sering dialami oleh semua pemilik mesin printer, baik Epson maupun merk lainnya. Tak ayal kamu dan siapa saja akan merasa khawatir karena mesinnya rentan mengalami kerusakan.

Kondisi ini sebetulnya tidak perlu dikhawatirkan lho. Pasalnya, kamu dapat mengatasi masalah pada printer Epson L3110 seperti model atau seri lainnya. Printer yang bermasalah memang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Seperti kamu tahu bahwa mesin printer sudah menjadi salah satu bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari laptop atau PC. Jika lampunya sering berkedip, maka cara atasi printer Epson L3110 lampu berkedip bisa kamu ikuti lewat pembahasan artikel ini.

Sekilas tentang Printer Epson L3110

Printer Epson L3110 adalah mesin cetak multifungsi, di mana pemakainnya sangat kompleks dan bukan sekadar print out kertas saja. Pasalnya, kamu dapat menggunakannya untuk mencetak, scan sampai menyalin. Semua fungsi tersebut mampu dilakukan dengan maksimal, supaya kamu bisa mendapatkan hasil sempurna.

Printer Epson L3110 punya kemampuan unggul yang didukung resolusi cetak 5.760 x 1.400 dpx, sedangkan kapasitas print out nya mencapai 10 kertas per menit untuk warna hitam putih, dan kertas berwarna sebanyak 5 kertas per menit.

Terkait:  Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang

Printer ini mempunyai ciri khas seperti sistem pencetakannya bebas cartridge, supaya kamu bisa mengisi ulang tintanya dengan cepat dan mudah. Kamu hanya perlu memasukkan tinta ke dalam botol besar pada printer, isi berdasarkan kode warnanya untuk digunakan kembali seperti biasa.

Penyebab Printer Epson L3110 Lampu Berkedip

Secara umum printer mana pun memang harus dirawat dengan baik dan benar, termasuk printer Epson L3110 yang memerlukan perawatan secara berkala. Kamu bisa melakukan beberapa perawatan sederhana seperti membersihkan body printer, sampai bagian dalamnya dengan kain bersih dan halus.

Tak menutup kemungkinan kamu pun perlu melakukan reset perangkatnya, sedangkan prosedurnya sama seperti mereset printer merk lain seperti Canon, HP, dll. Apalagi kalau lampu indikator selalu berkedip, kamu harus melakukannya.

Lampu printer Epson L3110 selalu berkedip biasanya disebabkan oleh jumlah kertas yang keluar sudah mencapai batas maksimum saja, namun juga error blinking dan terdapat benda yang tertinggal di dalam mesin printer nya. Kondisi ini membuat kertas terselip dan mengakibatkan macet saat proses print out.

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Berkedip

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Berkedip
Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Berkedip

Barangkali kamu sedang mencari cara atasi printer Epson L3110 lampu berkedip yang benar dan mudah, sebaiknya ikuti dan simak pembahasan artikel ini sampai akhir. Kami sudah menyiapkan beberapa panduan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kamu pun dapat menggunakan tool bantuan ketiga dalam mengatasinya lho. Selain itu, mereset perangkatnya perlu dilakukan agar lampu printer tidak berkedip dan dapat bekerja normal kembali. Kamu bisa memakainya lagi untuk print out seperti biasa.

Langkah 1: Download Resetter Epson L3110

Cara atasi printer Epson L3110 lampu berkedip yang pertama adalah mengunduh Resetter Epson L3110 di internet. Kamu bisa mengetik kata kunci Resetter Epson L3110 dan lakukan pemasangan seperti biasa.

Terkait:  Cara Jaringan Telkomsel Lancar

Langkah 2: Nonaktifkan Antivirus

Untuk memaksimalkan pemasangan dan penggunaan Resetter Epson L3110, cara atasi printer Epson L3110 lampu berkedip berikutnya adalah menonaktifkan antivirus yang sudah terpasang pada laptop atau PC  kamu.

Langkah 3: Tekan Tombol Particular Adjusment Mode

Jika antivirus sudah dinonaktifkan, biasanya akan muncul tampilan jendela dengan keterangan Epson Adjusment Program. Tugasmu selanjutnya adalah menekan tombol Particular Adjusment Mode yang berada di bagian kanan bawah.

Langkah 4: Klik Waste Ink Pad Counter

Pada halaman berikutnya, tekan tombol Waste Ink Pad Counter. Jika tombolnya sudah ditekan, tunggu beberapa saat sampai muncul menu pop-up selanjutnya, lalu klik OK untuk diarahkan ke perintah lain yang ada.

Langkah 5: Pilih Menu Check Box Main Pad Counter

Kamu bisa masuk ke halaman selanjutnya, kemudian pilih menu Check Box Main Pad Counter, lalu tekan tombol Check. Kalau tombolnya sudah ditekan, tunggu beberapa saat sampai muncul kotak pertanyaan tentang restart printer. Kamu bisa ketuk opsi Initialization, lalu klik Finish.

Langkah 6: Lakukan Pengosongan pada Waste Ink

Cara atasi printer Epson L3110 lampu berkedip selanjutnya adalah melakukan pengosongan pada bagian Waste Ink dengan aplikasi Resetter. Kamu pun akan melihat instruksi untuk mematikan mesin printer nya.

Langkah 7: Matikan dan Hidupkan Printer

Cara atasi printer Epson L3110 lampu berkedip yang terakhir adalah matikan perangkatnya selama beberapa detik, lalu hidupkan kembali dengan menekan tombol Power. Jika perangkat sudah dinyalakan, maka bisa digunakan seperti biasa.

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Berkedip dengan Reset Manual

Kamu bukan sekadar mereset perangkat otomatis dengan menggunakan tool bantuan ketiga, melainkan manual juga. Tujuannya beragam dan salah satunya adalah mengatasi lampu berkedip terus menerus. Cara mengatasi printer Epson L3110 lampu berkedip dengan reset manual yakni:

  • Lepaskan kabel daya selama 3-5 menit.
  • Pasang kembali kabel daya sampai printer dapat dihidupkan kembali.
  • Jika printer sudah menyala, tekan dan tahan tombol Resume selama 5 detik, lalu lepaskan.
  • Lakukan hal yang sama seperti sebelumnya selama 3 detik, lalu lepaskan kembali.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai proses resetnya berhasil.
  • Jika sudah berhasil, lampunya akan berhenti berkedip dan kembali berwarna hijau seperti biasa.
  • Cobalah print out berkas apa pun pada printer Epson L3110 untuk memastikan perangkatnya bekerja secara normal.
Terkait:  Penyebab Motor Brebet di Putaran Atas

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Berkedip dengan Bersihkan Bantalan Tinta

Kalau masalahnya masih terjadi, sebaiknya kamu membersihkan bantalan pada tinta printer. Sebab, salah satu penyebab lampu printer berkedip terus menerus adalah bantalan tintanya terlalu penuh, serta mengakibatkan pendistribusian dan pembuangan tidak berjalan lancar.

Bantalan pembuangan pada tinta printer memang akan penuh tanpa sepengetahuanmu lho. Bahkan, dampaknya akan terasa sampai proses print out, di mana kualitas cetakan kertasnya kemungkinan besar tidak akan jelas dan rusak.

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Berkedip dengan Metode Power Cycling

Metode Power Cycling merupakan salah satu soft reset yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi lampu printer Epson L3110 sering berkedip. Cara mengatasi printer Epson L3110 lampu berkedip melalui metode Power Cycling di antaranya:

  • Pertama, lepaskan kabel dari mesin printer.
  • Jika printer sudah mati, tekan dan tahan tombol Power selama 30 detik.
  • Pasangkan kabel power ke port dengan benar.
  • Hidupkan printer kembali.
  • Kalau printer sudah dihidupkan, cobalah print out satu dokumen seperti biasa. Tujuannya untuk memastikan apakah masalahnya sudah hilang atau belum.
  • Jika hasil print out rapi, masalah lampu printer berkedip sudah diatasi.

Cara mengatasi printer Epson L3110 lampu berkedip bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Kamu hanya perlu mereset perangkatnya, serta menggunakan metode Power Cycling atau bersihkan bantalan tintanya secara berkala. Kamu pun dapat print out satu kertas untuk memastikan masalahnya sudah selesai diatasi atau belum. Selamat mencoba!

Similar Posts