Cara Cek Garansi HP Samsung

Cara Cek Garansi HP Samsung Lewat Online, IMEI dan CS

PindahLubang.com | Samsung merupakan salah satu vendor smartphone Android nomor wahid di dunia. Mereka memberikan masa garansi untuk berbagai macam produk elektronik, termasuk HP. Sayangnya, banyak orang tidak tahu cara cek garansi HP Samsung dengan benar.

Pengguna HP Samsung harus tahu batas waktu garansi perangkatnya. Tujuannya agar kamu dapat mengajukan klaim jika suatu saat terdapat kerusakan eksternal maupun internal pada ponselmu. Selain itu, biasanya kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengklaim garansinya lho.

Kamu bisa mendatangi service center Samsung di wilayah masing-masing, sehingga kerusakan dapat ditangani dan diperbaiki pada hari yang sama. Cara mengecek garansi HP Samsung tidak berbeda dengan brand smartphone lain seperti Xiaomi, Vivo, Oppo, dll. Semuanya akan kami bahas melalui artikel ini.

Ketentuan Garansi HP Samsung

Pihak Samsung memiliki kebijakan garansi untuk semua perangkat yang diproduksinya, termasuk smartphone. Konsumen atau pelanggan wajib mematuhi ketentuan tersebut supaya bisa mengklaim garansi yang tersisa. Beberapa ketentuannya yang wajib diperhatikan yaitu:

  • Jaminan berlaku berdasarkan jangka waktu yang sudah ditetapkan oleh PT.Samsung Electronics Indonesia.
  • Jaminan diberikan untuk semua produk elektronik Samsung yang dijual, serta dirilis oleh PT.Samsung Electronics Indonesia dan hanya dipasarkan di Indonesia.
  • Jika dalam masa jaminan produk mengalami kerusakan, pembelian tidak akan dikenakan biaya tambahan seperti suku cadang maupun jasa perbaikan.
  • Perbaikan hanya dapat dilakukan di Pusat Pelayanan Purna Jual Samsung di seluruh wilayah Indonesia. Pelanggan waji membawa kartu jaminan atau garansi sebagai tanda bukti yang berlaku.
Terkait:  Cara Cek No HP Indosat

Penyebab Garansi HP Samsung Tidak Berlaku

Pelanggan yang tidak bisa mengajukan klaim garansi ternyata tidak serta merta ditolak begitu saja. Sebab, biasanya pihak Samsung mempunyai berbagai macam alasan untuk itu. Berikut penyebab-penyebab garansi HP Samsung tidak berlaku, di antaranya:

  • Model, IMEI dan nomor seri sudah diubah atau terdapat coretan maupun hapusan.
  • Kartu garansi tidak diisi secara lengkap atau berbeda dengan IMEI, model dan nomor seri perangkatnya.
  • Kerusakan yang diakibatkan oleh pemakaian tidak wajar maupun penggunaan yang berbeda dengan buku panduan.
  • Kerusakan yang diakibatkan oleh Force Majeure termasuk namun tidak terbatas pada huru hara maupun bencana alam.
  • Hologram atau segel rusak, suku cadang diganti dengan komponen tidak asli oleh pengguna di luar yang yang ditentukan oleh pihak Samsung, serta sudah dibuka atau diperbaiki bukan oleh petugas Samsung.
  • Kerusakan akibat kelalaian namun tidak terbatas seperti terkena cairan, jatuh, tegangan arus listrik, pecah atau retak karena tekanan, salah letak penyimpanan, berkarat, tergores, noda, jamur maupun kerusakan eksternal yang disebabkan oleh penggunaan sehari-hari.
  • Software (perangkat lunak) maupun hardware (perangkat keras) yang sudah dimodifikasi oleh pengguna.
  • Masa garansi sudah berakhir.

Ketentuan Garansi Produk Samsung Luar Negeri

Bagi kamu yang menggunakan produk smartphone Samsung dari luar negeri, alangkah baiknya mengetahui ketentuan garansinya melalui poin-poin di bawah ini:

  • Perbaikan akan dikenakan biaya tambahan jika produk masih dalam masa garansi.
  • Jika produk sudah tidak dalam masa garansi, biaya perbaikan akan lebih besar dibandingkan perangkat yang dijual di Indonesia.
  • Waktu perbaikan kemungkinan besar lebih lama, karena menyesuaikan dengan ketersediaan suku cadang untuk perangkatnya.
  • Rincian biaya dan waktu perbaikan akan dikonfirmasi oleh Service Center Samsung.
  • Produk yang sekarang dijual di negara tersebut tidak bisa diperbaiki.
  • Perbaikan tidak dapat dilakukan kalau ada perbedaan seperti spesifikasi produk, tegangan, bandwitch, dsb.
  • Dibutuhkan pemeriksaan lanjutan untuk memeriksa apakah perangkat bisa diperbaiki atau tidak.
  • Beberapa masalah yang mempunyai bagian ukuran lebih besar atau suku cadang tidak tersedia, biasanya tidak bisa diperbaiki.
Terkait:  7+ Cara Cek Nomor Telkomsel Terdaftar Atas Nama Siapa 🌹

Cara Cek Garansi HP Samsung

Cara Cek Garansi HP Samsung
Cara Cek Garansi HP Samsung

Jika kamu sedang mencari cara cek garansi HP Samsung online dengan benar dan mudah, jawabannya hanya dapat ditemukan melalui artikel ini. Pasalnya, kami sudah merangkum beberapa panduan agar kamu dapat memeriksa masa garansi yang masih tersedia.

Jika smartphone kamu rusak dan masa garansinya masih ada, sebaiknya ajukan klaimnya ke service center Samsung di kotamu. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, karena semua kendala dan perawatan akan ditanggung dan langsung diselesaikan lho.

Langkah 1: Buka Aplikasi Telepon

Cara cek garansi HP Samsung online yang pertama adalah membuka aplikasi Telepon atau Phone. Jika sudah dibuka, ketik *#06# dan tekan tombol Panggil atau OK. Kemudian, tunggu beberapa saat sampai permintaanmu diproses.

Langkah 2: Cek IMEI

Layar akan menampilkan nomor IMEI sesuai dengan pemakaian smartphone kamu. Jika kamu menggunakan dua kartu ponsel berbeda, biasanya IMEI akan terdiri dari dua nomor berbeda sesuai dengan jumlah provider yang digunakan. Jangan lupa menyalinnya dengan tekan dan tahan kolomnya, lalu klik Salin atau Copy.

Langkah 3: Akses Website IMEI

Cara cek garansi HP Samsung online berikutnya adalah mengakses situs resmi IMEI via www.imei.info melalui peramban browser smartphone kamu. Kamu bisa menggunakan Google Chrome, Firefox, dll.

Langkah 4: Masukkan IMEI

Jika website nya sudah diakses, cara cek garansi HP Samsung online selanjutnya adalah masukkan nomor IMEI ke kolom pencarian yang tersedia. Selain itu, pastikan nomornya terdiri dari 15 digit angka acak, lalu tekan tombol Warranty.

Langkah 5: Verifikasi HP Samsung

Cara mengecek garansi HP Samsung online yang terakhir adalah memverifikasi perangkat dengan melihat semua data pada layar. Kamu akan tahu apakah masa garansinya masih ada atau tidak sesuai dengan nomor IMEI yang digunakan.

Terkait:  3+ Cara Cek Paket Darurat Telkomsel: Hutang Pulsa Cepat!🧙

Cara Cek Garansi HP Samsung Lewat IMEI

Kamu bukan sekadar menggunakan situs resmi IMEI untuk memeriksa dan memverifikasi perangkat, melainkan gunakan kode rahasia guna mengetahui masa garansinya sejak awal pembelian. Cara cek garansi HP Samsung melalui IMEI adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telepon atau Phone.
  • Ketik *#12580*369#.
  • Layar akan langsung menampilkan nomor IMEI HP Samsung kamu.
  • Hitung tanggal pembelian perangkatnya, apakah sudah lebih dari 12 bulan atau belum.
  • Jika sudah melampaui batas waktu tersebut, masa garansi berarti sudah habis.

Cara Cek Garansi HP Samsung Lewat Customer Service

Kamu pun dapat menghubungi customer service untuk menanyakan tentang masa garansi HP Samsung, serta mengajukan pertanyaan lainnya. Kami anjurkan kamu menghubunginya pada hari dan jam kerja saja. Cara cek garansi HP Samsung melalui customer service di antaranya:

Cara cek garansi HP Samsung sebenarnya mudah dan praktis, asalkan kamu tahu sumber masalah yang dapat diajukan. Jika kamu sudah menemukan masalahnya, segera gunakan salah satu metode kami di atas agar smartphone dapat diperbaiki dan digunakan secara normal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Similar Posts