Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi

Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi (3 Metode) Ampuh!

PindahLubang.com | Cara menonaktifkan talkback Xiaomi semua tipe sangat mudah dan praktis lho. Pengguna HP Xiaomi mana pun pasti akan merasa kurang nyaman karena pemakaian fitur perintah suara pada ponselnya. Padahal, kamu sendiri tetap menggunakan ponsel dengan satu jari untuk membuka aplikasinya.

Fitur ini sebenarnya akan dibutuhkan untuk pengguna smartphone tertentu lho. Jika seseorang mengidap tunanetra, talkback adalah solusi terbaik agar mereka dapat mengoperasikan gadget untuk mengakses aplikasi yang ada di dalamnya.

Orang normal seperti kamu mungkin akan jarang bahkan tidak pernah menggunakan fitur ini, kecuali sebagai ujicoba atau dalam keadaan tertentu saja. Alhasil, rasa tidak nyaman akan muncul karena kamu terbiasa menggunakan HP dengan jari setiap hari. Cara matikan talkback Xiaomi akan kami bahas lewat artikel ini.

Apa itu Talkback?

Talkback adalah fitur bawaan pada HP Android yang berguna untuk mengubah perintah tulisan menjadi suara dengan cepat dan mudah. Fitur ini bekerja supaya bisa membaca layar pada semua merk HP Android, termasuk Xiaomi.

Tak dapat dimungkiri bahwa hampir semua model dan tipe HP Xiaomi sudah didukung fitur talkback lho. Walaupun fungsinya cukup krusial, tapi kamu bisa mematikannya jika merasa tidak nyaman. Hal ini dikarenakan mayoritas pengguna smartphone sering mengoperasikan gadget dengan jari saja.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 6A

Mengapa Talkback Harus Dinonaktifkan?

Seperti kami sampaikan sebelumnya bahwa mayoritas pengguna smartphone sekarang adalah mereka yang dalam keadaan normal, serta menggunakan gadget dengan jari saja. Talkback biasanya sering digunakan oleh mereka yang mengidap tunanetra karena mengalami gangguan penglihatan, sehingga tidak dapat melihat tulisan pada layar HP.

Kamu sendiri pasti selalu membuka layar, aplikasi sampai fitur lainnya dengan satu-dua ketukan saja, kan? Maka dari itu, jangan repot saat mengoperasikan HP Xiaomi karena fitur ini memang tidak terlalu penting untuk digunakan setiap hari.

Jika kamu sudah tahu pengertiannya, maka bisa mematikannya dengan cara menonaktifkan talkback Xiaomi semua tipe yang benar dan mudah. Prosesnya sangat cepat, bahkan dapat memanfaatkan setelan perangkat masing-masing lho. Jika kamu bingung menggunakan setelan, gunakan Google Assistant yang sudah menjadi fitur bawaan pada semua HP Android.

Kamu sendiri tidak boleh sembarangan menekan tombol fisik pada HP Xiaomi. Pasalnya, fitur talkback akan langsung menyala otomatis kalau kamu tekan tombol volume atas bawah dalam waktu yang sama. Jika sudah terlanjur, kamu dapat menonaktifkannya dengan setelan atau tombol fisik juga.

Cara Membuka Kunci HP Xiaomi saat Talkback Aktif

Kamu dapat membuka kunci alias unlock HP Xiaomi ketika fitur talkback dinyalakan lho. Tak bisa dimungkiri bahwa banyak orang kurang menyadari hal ini. Bagaimana prosedurnya? Kamu dapat mengikuti cara membuka kunci HP Xiaomi saat talkback aktif di bawah ini:

  • Buka HP Xiaomi kamu dengan kata sandi, pola atau PIN.
  • Jika ponselmu dikunci menggunakan pola, tekan dan tahan titik pertamanya selama beberapa detik.
  • Geser lagi ke titik selanjutnya, biasanya titik tersebut akan langsung berhenti sejenak.
  • Terakhir, lanjutkan sampai titik terakhir hingga layar kunci terbuka dan fitur talkback sudah berhasil dinonaktifkan.
Terkait:  Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel

Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi

Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi
Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi

Barangkali kamu masih belum tahu cara matikan talkback Xiaomi semua tipe yang benar dan mudah, jawabannya hanya dapat ditemukan lewat artikel ini. Kami sudah menyiapkan panduannya supaya kamu bisa mematikan fitur tersebut dengan cepat.

Talkback memang punya fungsi penting dalam mengoperasikan HP Xiaomi, Oppo atau Android lainnya. Meski begitu, tak semua orang nyaman menggunakannya, sehingga kamu dapat mematikannya dan mengoperasikan smartphone seperti biasa.

Langkah 1: Buka Aplikasi Pengaturan

Cara menonaktifkan talkback Xiaomi semua tipe yang pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan atau Setting terlebih dulu. Kamu dapat menemukan aplikasinya berupa lambang roda gerigi pada home screen atau halaman utama.

Langkah 2: Pilih Menu Pengaturan Tambahan

Pada halaman Pengaturan, cara menonaktifkan talkback Xiaomi semua tipe berikutnya adalah mengetuk opsi Pengaturan Tambahan atau Additional Setting. Menu ini biasanya terletak di bagian bawah dari bagian setelan ponselmu.

Langkah 3: Klik Aksesibilitas

Untuk mematikan fitur talkback, kamu harus masuk ke halaman Pengaturan Tambahan yang sudah dibuka sebelumnya. Kemudian, klik Aksesibilitas atau Accesibility yang mana semua setelan tertentu biasanya terdapat di dalamnya.

Langkah 4: Pilih Menu Penglihatan

Cara menonaktifkan talkback Xiaomi semua tipe selanjutnya adalah memilih menu Penglihatan. Jika HP Xiaomi kamu tidak ada opsi tersebut, maka bisa menyesuaikan dengan perintah lain yang mengarahkan ke bagian talkback.

Langkah 5: Matikan Talkback

Kamu bisa langsung mematikan fitur Talkback dengan menggeser toogle nya ke kiri, atau mengetuk opsinya sebanyak dua kali. Jika warna toogle sudah berubah menjadi abu-abu, fiturnya berarti sudah dinonaktifkan.

Langkah 6: Klik Aksesibilitas Dua Kali

Jika fitur talkback sudah dinonaktifkan, kamu harus mengetuk opsi Aksesibilitas dua kali. Kamu akan melihat toogle menu tersebut berwarna hijau atau biru sebelumnya, kemudian matikan dengan menekannya dua kali saja.

Terkait:  Cara Agar HP Xiaomi Tidak Lemot Tanpa Aplikasi (9 Trik)

Langkah 7: Pilih Menu Hentikan Talkback

Langkah selanjutnya adalah mengetuk opsi Hentikan Talkback atau Stop Talkback pada halaman berikutnya. Opsi ini biasanya akan muncul jika kamu sudah mematikan menu Aksesibilitas yang sudah dilakukan sebelumnya.

Langkah 8: Tekan Tombol Hentikan

Cara menonaktifkan talkback Xiaomi semua tipe yang terakhir adalah menekan tombol Hentikan atau Stop untuk konfirmasi. Jika tombolnya sudah ditekan, tunggu beberapa saat sampai muncul menu pop-up bahwa fitur talkback benar-benar sudah tidak aktif pada ponselmu.

Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi dengan Tombol Fisik

Pengguna HP Xiaomi semua tipe bukan sekadar menonaktifkan fitur talkback dengan setelan perangkat saja, melainkan tombol fisik juga. Kamu bisa mematikan layanannya lewat cara menonaktifkan talkback Xiaomi melalui tombol samping di bawah ini:

  • Buka HP Xiaomi kamu terlebih dulu.
  • Tekan tombol Power selama 3-5 detik.
  • Klik Matikan Daya atau Power Off untuk mematikan ponselmu.
  • Kalau HP Xiaomi kamu sudah mati, tekan dan tahan tombol Power sekaligus Volume Atas dan Bawah dalam waktu yang sama selama 3-5 detik.
  • Restart HP Xiaomi kamu.
  • Hidupkan perangkat kembali dengan menekan tombol Power.
  • Terakhir, fitur talkback pada HP Xiaomi kamu sudah berhasil dinonaktifkan.

Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi dengan Google Assistant

Aplikasi Google Assistant ternyata dapat kamu manfaatkan untuk mematikan fitur talkback pada semua HP Android, termasuk Xiaomi. Sayangnya, banyak orang masih belum tahu sistem pemakaian fitur tersebut. Cara menonaktifkan talkback Xiaomi dengan Google Assistant adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka HP Xiaomi kamu terlebih dulu.
  • Katakan OK, Google!.
  • Ucapkan Nonaktifkan Talkback atau Turn Off Talkback.
  • Sistem HP Xiaomi akan langsung memproses permintaanmu untuk menonaktifkan fitur talkback secara otomatis.

Demikian informasi tentang cara menonaktifkan talkback Xiaomi dengan pengaturan, tombol hingga Google Assistant yang benar dan mudah. Kamu sekarang tidak perlu repot untuk mematikan fitur tersebut, karena talkback dapat diaktifkan dan dimatikan dengan mudah. Kamu bisa menyalakannya kembali lewat setelan ponsel masing-masing. Semoga bermanfaat!

Similar Posts