Cara Cek Layar HP Xiaomi Semua Tipe (4 Metode) Lengkap!

Cara Cek Layar HP Xiaomi
Cara Cek Layar HP Xiaomi

PindahLubang.com | Xiaomi sudah menjadi salah satu merk HP Android yang menghadirkan beragam fitur canggih dan keren untuk penggunanya. Namun, masalah layar dan sistem internal lainnya bisa saja terjadi. Kamu harus tahu cara cek layar HP Xiaomi semua tipe untuk mengidentifikasinya lebih lanjut.

Layar atau touchscreen adalah bagian penting dari setiap smartphone saat ini. Pasalnya, gadget secanggih apa pun tidak dapat bekerja maksimal kalau layarnya bermasalah. Kamu pun perlu memeriksa kualitas layar ponselmu secara berkala.

Read More

Layar HP Xiaomi tidak berbeda dengan smartphone Android mana pun, di mana pemeriksaannya dapat menggunakan aplikasi ketiga maupun kode rahasia yang dihubungi lewat telepon. Jika kamu ingin tahu cara mengecek layar HP Xiaomi semua tipe dengan benar, informasinya akan kami bahas melalui artikel ini.

Masalah yang Terjadi pada Layar HP Xiaomi

Layar HP Xiaomi biasanya mengalami berbagai macam masalah simpel sampai serius yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Kamu harus tahu semua perkara tersebut melalui beberapa poin penting di bawah ini:

  • Layar Tidak Responsif
    Masalah umum yang sering dialami semua pengguna HP Xiaomi adalah layarnya gelap, serta tidak responsif sama sekali. Kondisi ini ditandai dengan titik hitam pada layar, serta tidak menanggapi perintahmu ketika disentuh.Masalah tersebut biasanya disebabkan oleh HP Xiaomi selalu terjatuh, serta mengantongi ponsel ke dalam saku sangat ketat setiap hari. Tak dapat dimungkiri situasi tersebut menyebabkan layar kurang responsif terhadap sentuhan.
  • Overheat
    Layar HP Xiaomi yang tidak dapat disentuh, bahkan bermasalah pun diakibatkan oleh perangkat overheat. Overheat merupakan suhu panas berlebih yang disebabkan oleh faktor eksternal maupun internal lho.Contohnya, kamu hampir sering menggunakan ponsel saat sedang charging (isi daya), bahkan mengakses aplikasi dan game berat. Kebiasaan ini justru membuat perangkat smartphone cepat panas, sehingga layar cepat rusak dan sulit disentuh.
  • Hang dan Lag
    Layar yang hang dan tidak menampilkan layar menjadi penyebab terakhir mengapa bagian ponsel tersebut cepat rusak lho. Tak menutup kemungkinan ada crash pada bagian firmware yang diakibatkan oleh aplikasi tidak berjalan maksimal.Memori RAM terlalu rendah dengan penggunaan aplikasi berat pun adalah sebab mengapa layar bermasalah. Oleh karena itu, kamu perlu mencegahnya, supaya layar HP Xiaomi kamu bisa tetap bekerja dengan normal.
Terkait:  Cara Cek LCD Samsung dengan 6 Metode Mudah dan Akurat

Cara Cek Layar HP Xiaomi

Cara Cek Layar HP Xiaomi
Cara Cek Layar HP Xiaomi

Barangkali kamu sedang mencari cara mengecek layar HP Xiaomi semua tipe dengan benar dan mudah, maka bisa menemukan jawabannya lewat pembahasan artikel kami. Informasi tersebut akan kami bahas secara detail, sehingga kamu dapat mengecek kinerja layar ponsel masing-masing.

Walaupun terdapat goresan sedikit karena terjatuh atau terbentur, banyak orang masih menganggap kalau layar ponsel tetap baik-baik saja. Tak menutup kemungkinan kalau masalah serius akan terjadi jika kamu mengabaikannya.

Langkah 1: Download Aplikasi Screen Test Pro

Cara cek layar HP Xiaomi semua tipe yang pertama adalah mengunduh aplikasi Screen Test Pro melalui Google Play Store terlebih dulu. Kamu bisa mengetik nama aplikasinya ke kolom pencarian, lalu tekan tombol Install dan lakukan instalasi dengan benar.

Langkah 2: Pilih Menu Multi Touch Test

Jika aplikasinya sudah dibuka, cara cek layar HP Xiaomi semua tipe berikutnya adalah memilih menu Multi Touch Test. Opsi ini biasanya terletak pada tengah atau samping layar, serta dapat langsung diketuk untuk memulai proses pemeriksaan layarnya.

Langkah 3: Klik Touch Test

Kamu pun dapat menekan tombol Touch Test untuk memeriksa layar HP Xiaomi lho. Opsi ini punya fungsi yang sama dengan menu sebelumnya, di mana kamu bisa mendapatkan hasil pemeriksaan layar secara maksimal.

Langkah 4: Uji Coba Layar

Cara cek layar HP Xiaomi semua tipe berikutnya adalah uji coba dengan mengusap atau menggeser lewat satu atau dua jari kamu. Selain itu, pastikan perintah sensor merespon permintaanmu saat layar sedang disentuh.

Langkah 5: Cek Layar Berhasil

Cara cek layar HP Xiaomi semua tipe yang terakhir adalah jika tidak ada masalah ketika proses pemeriksaan berlangsung, maka bisa dipastikan layar ponselmu baik-baik saja. Kalau sebaiknya, kami anjurkan kamu segera datang service center Xiaomi terdekat untuk menyelesaikan masalahnya.

Terkait:  Cara Setting WiFi Extender Xiaomi

Cara Cek Layar HP Xiaomi Lewat Kode USSD

Kamu dapat menggunakan kode rahasia untuk mengecek, mengetahui dan menyelesaikan masalah pada layar ponselmu. Bagaimana prosedurnya? Daripada penasaran, simak cara cek layar HP Xiaomi dengan kode USSD di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telepon atau Phone melalui HP Xiaomi kamu.
  • Tekan *#*#64663#*#*.
  • Layar akan menampilkan informasi tentang Konfigurasi Hardware.
  • Pilih menu Color untuk memeriksa layar.
  • Sistem akan menampilkan petunjuk tentang uji coba warna layar yang terdiri dari warna merah, hijau, serta biru.
  • Jika warna yang ditampilkan benar, dipastikan tidak ada masalah pada layar ponselmu.
  • Pilih menu Kembali atau Back.
  • Klik Touchscreen Edge.
  • Sistem akan menampilkan kotak dengan garis serta pola tertentu yang akan dipakai untuk menguji tingkat sensitivitas layar.
  • Kemudian, tekan dan tahan kotak yang muncul tersebut.
  • Geser sesuai dengan pola yang ditampilkan.
  • Jika semua kotak yang ditampilkan berwarna hijau, LCD atau touchscreen tidak akan menimbulkan masalah apa pun.
  • Kalau kotak tidak berubah warna menjadi hijau sesudah digeser, berarti terdapat masalah pada layar ponselmu.
  • Terakhir, pengecekan layar HP Xiaomi kamu sudah selesai.

Cara Cek Layar HP Xiaomi Lewat Aplikasi Display Tester

Aplikasi Display Tester merupakan tool yang dapat kamu gunakan untuk mengecek layar dengan cepat dan mudah. Kamu bisa menggunakannya guna memeriksa layar ponsel yang redup atau warnanya sering hilang.

Aplikasi ini bahkan dapat mendeteksi dead pixel (titik hitam) yang tersembunyi. Tak bisa dimungkiri bahwa penggunaannya bukan sekadar mengecek layar biasa saja, melainkan kendala lainnya seperti layar gelap (shadow atau burn in) dengan memanfaatkan menu Repair Burn-in.

Cara Cek Layar HP Xiaomi Lewat Aplikasi Dead Pixels Test and Fix

Aplikasi selanjutnya yang direkomendasikan untuk memeriksa layar HP Xiaomi semua tipe adalah Dead Pixels Test and Fix. HP Xiaomi biasanya sudah didukung dengan layar super AMOLED dan rentan mengalami masalah shadow atau dead pixel dengan menampilkan titik hitam pada layar.

Terkait:  Cara Cek Layar iPhone Untuk Membuktikan Asli atau Palsu

Penggunaan aplikasi ini berguna agar kamu dapat mengatasi dan menyelesaikan kendala tersebut. Kamu bisa download via Google Play Store, kemudian tekan tombol Detect jika sudah dibuka. Kamu akan melihat tampilan layar kosong dan sentuh ke setiap ujung.

Jika objek yang disentuh berubah warna, biasanya pemeriksaan berhasil. Tak hanya itu, aplikasi Dead Pixels Test and Fix pun dapat langsung menanganinya, caranya dengan mengetuk opsi Fix It. Kamu cukup menunggu selama 20-30 menit sampai masalahnya selesai.

Layar HP Xiaomi yang bermasalah tidak boleh dibiarkan begitu saja. Kamu bisa mencegah kendala apa pun dengan cara cek layar HP Xiaomi lewat aplikasi dan kode rahasia yang dapat diikuti sesuai panduan kami di atas. Selamat mencoba!

Related posts