Cara Menyambungkan HP ke TV yang Tidak Support MHL, Mudah!

Cara Menyambungkan HP ke TV yang Tidak Support MHL
Cara Menyambungkan HP ke TV yang Tidak Support MHL

PindahLubang.com | Belakangan ini teknologi screen mirroring sedang naik daun karena perangkat smartphone dapat disambungkan ke TV, salah satunya dengan memanfaatkan fitur MHL. Jika HP kamu tidak ada fiturnya, cara menyambungkan HP ke TV yang tidak support MHL dapat menjadi solusinya.

Seperti kamu tahu kalau sebagian besar smartphone Android, bahkan iPhone sudah menyematkan fitur screen mirroring lho. Fungsinya supaya kamu bisa menampilkan berbagai macam tayangan berupa semua konten yang tersimpan untuk muncul pada layar televisi.

Read More

Kalau HP kamu tidak mendukung MHL, jangan khawatir karena cara menghubungkan HP ke TV yang tidak support MHL sangat mudah dan praktis. Kamu dapat menggunakan aplikasi bantuan ketiga untuk melakukannya. Namun, ketahui ketentuan dan syaratnya yang akan kami bahas lewat artikel ini.

Sekilas Tentang MHL

MHL atau Mobile High-Definition Link adalah sebuah teknologi baru dan canggih yang dapat menyambungkan smartphone, tablet maupun perangkat apa saja ke TV. Penggunaannya membuatmu mampu mengirim tampilan layar pada perangkat yang digunakan ke televisi lho.

Terkait:  Cara Cast HP ke TV (8 Metode), Lengkap dan Valid!

Kamu bisa melihat tampilan konten menjadi lebih besar, jelas dan lebar. Jika smartphone kamu tidak mendukung fitur MHL, maka bisa menggunakan bantuan ketiga seperti aplikasi sampai kabel USB atau HDMI agar ponsel dapat terhubung ke TV.

Ketentuan dan Syarat Menyambungkan HP ke TV yang Tidak Support MHL

Jika kamu sudah tahu pengertian MHL, alangkah baiknya mengetahui ketentuan dan syarat menyambungkan HP ke TV yang tidak support MHL. Beberapa poin penting yang wajib kamu perhatikan antara lain:

  • Perangkat harus sudah mempunyai aplikasi Drongscreen yang diunduh melalui HP Android, sedangkan aplikasinya masih belum tersedia di Google Play Store. Maka dari itu, kamu dapat menemukannya di internet, pastikan aplikasinya aman dan tidak mengandung malware (virus).
  • Gunakan perangkat pendukung seperti kabel converter 3 in 1 PC MHA-11OU yang dapat dibeli secara offline atau online.

Cara Cek Fitur MHL Support di HP Lewat Website

Kamu harus memeriksa apakah smartphone Android yang sedang digunakan sudah mendukung fitur MHL atau belum. Daripada penasaran, ikuti cara cek fitur MHL Support di HP yang benar dan mudah di bawah ini:

  • Kunjungi website mhltect.org/devices.aspx melalui peramban browser HP kamu.
  • Cek bagian tipe perangkat dengan benar.
  • Pilih menu Mobile.
  • Kemudian, tentukan merk smartphone yang kamu gunakan untuk memeriksa ketersediaan fiturnya pada HP tersebut.
  • Kalau HP kamu mendukung fitur MHL, biasanya model dan tipe smartphone akan langsung muncul pada daftar yang ditampilkan pada layar.

Cara Cek Fitur MHL Support di HP Lewat Aplikasi

Pengguna HP Android bukan sekadar memeriksa ketersediaan dukungan layanan MHL melalui website saja, melainkan aplikasi juga. Kamu dapat mencoba cara cek fitur MHL Support di HP via aplikasi ketiga di bawah ini:

  • Download aplikasi MHL Checker melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasinya.
  • Pada halaman utama, tekan tombol Check untuk melihat ketersediaan dukungan fiturnya terhadap smartphone yang kamu gunakan.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai proses pemeriksaannya selesai.
  • Layar akan menampilkan icon X berwarna merah dengan keterangan The device can’t support MHL Connection yang berarti perangkat tidak mendukung sambungan MHL.
  • Jika sudah demikian, kamu hanya dapat mengatasi masalahnya dengan alternatif lain agar smartphone bisa tersambung ke TV.
Terkait:  Cara Migrasi ke Kartu Halo

Cara Menyambungkan HP ke TV yang Tidak Support MHL

Cara Menyambungkan HP ke TV yang Tidak Support MHL
Cara Menyambungkan HP ke TV yang Tidak Support MHL

Barangkali kamu masih mencari cara menghubungkan HP ke TV yang tidak support MHL dengan mudah, kami akan membantumu untuk menyelesaikannya lewat pembahasan artikel ini. Kami sudah menyiapkan panduannya supaya smartphone Android kamu bisa dihubungkan ke TV.

Kamu dapat menonton tayangan apa saja lebih lebar dan jelas setiap hari. Meski begitu, kamu dan pemilik HP Android mana pun perlu mencoba cara mengetahui HP support MHL terlebih dulu seperti informasi sebelumnya.

Langkah 1: Download Aplikasi Drongscreen

Cara menyambungkan HP ke TV yang tidak support MHL adalah mengunduh aplikasi Drongscreen melalui internet terlebih dulu. Kamu bisa mencari salah satu website terpercaya yang menyediakan aplikasi tersebut. Jika sudah ketemu, lakukan proses instalasi seperti biasa.

Langkah 2: Buka Aplikasi Pengaturan

Jika aplikasi Drongscreen sudah terpasang pada ponselmu, cara menyambungkan HP ke TV yang tidak support MHL berikutnya adalah membuka aplikasi Pengaturan atau Setting. Kamu dapat menemukan aplikasinya pada halaman utama atau home screen.

Langkah 3: Pilih Menu Opsi Pengembang

Pada halaman awal, geser layar ke bawah secara perlahan sampai menemukan menu Pengaturan Tambahan atau Additional Setting. Jika sudah ketemu, ketuk opsi tersebut. Kemudian, tekan tombol Opsi Pengembang di bagian bawah lamannya.

Langkah 4: Aktifkan Opsi Pengembang

Kalau Opsi Pengembang sudah ketemu, maka bisa langsung mengaktifkannya dengan menggeser toogle ke samping kanan. Jika warna toogle berubah dari abu-abu ke biru, berarti menunya sudah diaktifkan, lalu tekan tombol Kembali.

Langkah 5: Hidupkan Bluetooth

Kamu akan melihat lagi halaman depan aplikasi setelan HP Android. Cara menyambungkan HP ke TV yang tidak support MHL selanjutnya adalah menghidupkan Bluetooth, yakni menggeser toogle nya ke kanan sampai aktif secara otomatis.

Terkait:  Cara Hubungkan HP ke TV Update Januari 2024

Langkah 6: Sambungkan Bluetooth

Jika Bluetooth sudah diaktifkan, kamu harus menghubungkannya dengan perangkat yang akan digunakan untuk menyambungkannya ke TV. Lakukan proses pemindaian secara tepat agar daftar perangkat dapat muncul pada layar.

Langkah 7: Pasang Kabel HDMI

Kamu bisa langsung memasang kabel HDMI yang sudah disiapkan sebelumnya ke kepala charger HP Android. Lakukan proses pemasangan dengan benar dan tepat, supaya prosesnya bisa berjalan lancar.

Langkah 8: Hubungkan Kabel HDMI ke TV

Sambungkan kabel HDMI yang sudah terpasang ke kepala charger pada monitor atau TV. Kamu dapat memasukkannya ke port USB sesuai dengan ukuran lubangnya, supaya perangkat smartphone bisa terdeteksi.

Langkah 9: Sambungkan Kabel USB ke HP

Jika kabel HDMI sudah disambungkan ke perangkat televisi, kamu dapat menyambungkan kabel USB atau type-C ke smartphone yang digunakan. Kamu bisa memasangnya layaknya akan mengisi ulang daya atau baterai seperti biasa.

Langkah 10: Proses Selesai

Cara menyambungkan HP ke TV yang tidak support MHL terakhir adalah tunggu beberapa saat sampai tampilan smartphone kamu muncul pada layar televisi. Kamu sekarang bisa memilih konten apa saja yang akan ditayangkan ke monitor.

Cara Menyambungkan iPhone ke TV yang Tidak Support MHL

Bagi pengguna iPhone yang tidak didukung fitur MHL, maka bisa menyambungkan perangkat smartphone televisi dengan menggunakan kabel Lightning ke port USB pada iPhone yang kamu gunakan. Kemudian, tampilan layar iPhone kamu akan langsung pada televisi secara otomatis.

Demikian panduan lengkap seputar cara menyambungkan HP ke TV yang tidak support MHL dengan mudah dan praktis. Kamu sekarang tidak perlu khawatir kalau ponsel yang sedang digunakan tidak mendukung fitur MHL, karena solusinya sudah kami bahas lewat tutorial di atas. Semoga membantu!

Related posts