Cara Menambahkan Link di Instagram Story

Cara Menambahkan Link di Instagram Story, Mudah!

PindahLubang.com | Instagram sudah menjadi media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Fiturnya beragam dan menunjang kebutuhanmu juga, salah satunya adalah fitur URL. Kamu bisa masukkan tautan dengan cara menambahkan link di Instagram Story dengan mudah.

Instagram memang tidak pernah berhenti memberikan terobosan baru untuk semua penggunanya. Bahkan, belakangan ini bahwa aplikasi yang sudah berada di bawah naungan Meta tersebut akan memberikan kebijakan baru, di mana fitur centang biru akan dikenakan biaya bulanan sebesar Rp.128,000.

Jika kamu baru pertama kali bergabung sebagai pengguna Instagram, sebaiknya ketahui cara menambah link di Instagram Story. Kamu pun dapat menggunakan NGL Link agar identitas orang lain tidak dapat diketahui saat bertanya padamu, alias anonymous. Informasinya akan kamu bahas secara detail melalui artikel ini.

Ketentuan dan Syarat Menambahkan Link di Instagram Story

Pihak Instagram sebelumnya memberikan ketentuan dan syarat untuk semua penggunanya yang ingin menggunakan fitur link di InstaStory. Mereka awalnya menegaskan bahwa layanan tersebut hanya dapat dinikmati oleh pengguna yang sudah memiliki jumlah pengikut minimal 10.000 followers.

Terkait:  Cara Menambah RAM

Kamu pun harus menggunakan akun bisnis dan kreator untuk menikmatinya. Namun, kebijakan ini sudah resmi dihapus, yang mana semua pengguna Instagram tanpa minimum followers pun dapat menggunakan fitur link di InstaStory masing-masing.

Perbedaan Link Stiker dan Swipe Up

Instagram menyediakan fitur stiker yang terbagi ke dalam dua versi, yakni stiker dan usap layar. Tak hanya itu, keduanya mempunyai fitur serupa untuk mengarahkanmu dalam mengakses tautan yang dipromosikan oleh akun IG masing-masing. Keduanya punya perbedaan yang wajib kamu tahu di bawah ini:

  • Link Stiker
    • Fiturnya dapat digunakan oleh semua pengguna Instagram.
    • Penggunaannya hanya sekali klik saja.
    • Menampilkan URL atau domain dari nama situs yang dituju.
  • Link Swipe Up
    • Fiturnya hanya dapat digunakan oleh akun dengan jumlah pengikut minimal 10 ribu orang.
    • Penggunannya dengan mengusap layar ke atas.
    • Menampilkan tulisan Swipe Up saja.

Kenapa Fitur Link Swipe Up Tidak Tersedia?

Pihak Instagram secara resmi sudah menghapus fitur tersebut sejak bukan Agustus tahun 2021. Fitur Swipe Up di Instagram dihapus dan diganti dengan Sticker Link. Fitur tersebut memudahkan semua orang yang menggunakan Instagram untuk menambahkan tautan agar orang lain dapat mengakses website nya.

Kenapa Tidak Bisa Menambahkan Link ke Instagram Story?

Jika kamu mengeluh gagal karena sulit menambahkan tautan ke Instagram Story, tidak menutup kemungkinan masalah tersebut diakibatkan oleh hal-hal di bawah ini:

  • Akun Instagram sudah berulang kalu mengunggah konten yang melanggar Community Guideline Instagram.
  • Aplikasi Instagram masih versi lawas alias belum diperbarui.
  • Akun Instagram baru dibuat, kecuali belum menambahkan informasi tentang usia untuk menggunakan fitur Sticker Link di InstaStory.

Cara Mengatasi Link yang Tidak Bisa Ditambahkan ke Instagram Story

Jangan takut kalau tautan website yang sudah kamu siapkan tidak bisa diunggah ke InstaStory. Kamu dapat mengatasinya dengan menambahkannya ke biografi akun IG kamu lewat panduan di bawah ini:

  • Buka aplikasi Instagram melalui smartphone kamu.
  • Pilih menu Profil di bagian kanan bawah.
  • Klik Edit Profil.
  • Pada bagian Situs/URL, masukkan tautan website nya dengan tekan dan tahan kolomnya selama beberapa saat, pastikan muncul opsi Tempel atau Paste.
  • Jika opsinya sudah muncul, tekan tombol tersebut.
  • Link akan muncul dan disalin ke kolom tautan secara otomatis.
  • Terakhir, tekan tombol centang di bagian kanan atas untuk menyimpan setelan tersebut.
Terkait:  Cara Share YouTube ke IG Story, Tidak Perlu 10 Ribu Followers

Cara Menambahkan Link di Instagram Story

Cara Menambahkan Link di Instagram Story
Cara Menambahkan Link di Instagram Story

Semua akun Instagram sekarang dapat memasukkan link atau tautan website tertentu ke fitur InstaStory lho. Kamu bahkan tidak perlu mengumpulkan jumlah pengikut mencapai 10 ribu orang untuk menikmati layanan tersebut.

Kami sudah menyiapkan cara menambahkan link di Instagram Story dengan cepat dan mudah. Selain itu, kamu hanya dapat menambahkan satu tautan per cerita atau IGs lho. Pastikan URL atau link nya sesuai dengan website yang ingin dipromosikan, supaya semua followers mu bisa mengaksesnya lewat sekali klik saja.

Langkah 1: Buka Aplikasi Instagram

Cara menambahkan link di Instagram Story yang pertama adalah membuka aplikasi IG melalui ponselmu. Pastikan aplikasinya sudah dalam versi terbaru, jika belum maka bisa perbarui di Google Play Store atau App Store sesuai dengan jenis perangkat yang kamu gunakan.

Langkah 2: Pilih Menu Cerita Anda

Pada halaman utama, cara menambahkan link di Instagram Story berikutnya adalah mengetuk opsi Cerita Anda atau Your Story di bagian kiri atas. Namun, kamu dapat mengusap layar dari kiri ke kanan untuk membuat IGs.

Langkah 3: Cari Foto atau Video

Kamu bisa langsung memasukkan foto atau video yang akan dijadikan sebagai InstaStory. Caranya dengan mengetuk icon kotak di samping kiri bawah, kemudian temukan salah satu media yang akan digunakan. Kamu pun dapat mengambil gambar atau rekaman video baru dengan filter yang ada.

Langkah 4: Pilih Menu Stiker

Jika foto atau video sudah dipilih, cara menambahkan link ke Instagram Story berikutnya adalah menekan tombol Stiker dengan logo wajah tersenyum di bagian atas layar. Opsi tersebut pun akan menampilkan semua fitur tambahan untuk memaksimalkan IGs kamu.

Terkait:  Cara Menggunakan 2 Whatsapp Sekaligus

Langkah 5: Klik Link Stiker

Untuk menyematkan tautan website ke InstaStory kamu, maka bisa mengetuk opsi Link Stiker atau Sticker Link dengan lambang rantai berwarna biru. Kemudian, masukkan link atau URL yang sudah disalin ke kolom tersedia.

Langkah 6: Beri Nama Link

Kalau URL sudah dimasukkan, kamu pun dapat memberi nama tautan atau link yang akan diunggah ke Instagram Story. Jangan lupa untuk menyantumkan namanya sesuai dengan nama website dari URL tersebut. Jika sudah benar dan yakin, tekan tombol Selesai atau Done.

Langkah 7: Atur Posisi Link Stiker

Kamu harus mengatur penempatan link stiker dengan benar. Selain itu, ukurannya pun dapat diperbesar atau diperkecil, bahkan warnanya dapat diganti lho. Jika ingin mengubah warnanya, ketuk berulang kali sampai menemukan warna yang diinginkan.

Langkah 8: Tambahkan Keterangan Lain

Jika ingin memaksimalkan postingan Instagram Story kamu, tambahkan tulisan lain sebagai keterangan agar orang lain, khususnya followers mu dapat mengetahui maksud dari IGs yang dibuat. Kamu bisa membuatnya sebagus dan semenarik mungkin sesuai dengan keinginanmu.

Langkah 9: Upload Instagram Story

Cara menambahkan link di Instagram Story yang terakhir adalah menekan tombol Tambahkan ke Cerita Anda atau Add to Your Story, jika IGs nya akan diunggah untuk semua pengikutmu. Akan tetapi, jika hanya ditujukan ke teman-teman dekat saja, klik Teman Dekat atau Close Friends dan IGs dengan link sudah diunggah secara otomatis.

Cara menambahkan link di Instagram Story sangat mudah, kan? Kalau URL tidak dapat disematkan ke IGs, kamu masih bisa melakukannya dengan menambahkan tautan ke bio IG lewat panduan kami di atas. Selamat mencoba!

Similar Posts