Cara Melihat Brankas Pribadi di HP Realme Semua Tipe, Mudah!

Cara Melihat Brankas Pribadi di HP Realme
Cara Melihat Brankas Pribadi di HP Realme

PindahLubang.com | Realme menjadi salah satu vendor smartphone Android yang menyediakan fitur keren untuk penggunanya, yakni brankas. Selain itu, cara melihat brankas pribadi di HP Realme semua tipe wajib kamu tahu, supaya bisa memanfaatkannya dengan benar.

Brankas ini mempunyai berbagai macam fungsi penting lho, salah satunya adalah menyembunyikan data atau file sensitif yang tidak boleh diketahui orang lain, apalagi kalau HP kamu sering dipinjam. Jadi, privasimu akan tetap terjaga dan tidak ditelusuri oleh siapa pun.

Fungsinya yang sangat krusial membuat cara lihat brankas pribadi di HP Realme semua tipe sangat penting diketahui. Jika kamu baru saja membeli smartphone tersebut, sebaiknya ketahui cara penggunaannya yang akan kami bahas lewat pembahasan artikel ini.

Fungsi Brankas Pribadi di HP Realme

Semua orang pasti punya data dan file penting yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Maka dari itu, kerahasiaan data setiap pengguna smartphone perlu dijaga. Bagi kamu yang menggunakan HP Realme, maka bisa menggunakan fitur brankas untuk merahasiakannya.

Fungsinya untuk menyembunyikan data-data yang sangat penting dan tidak boleh diketahui orang lain. Kamu bisa merahasiakan file-file tertentu seperti audio, foto sampai video lho. Kamu pun akan diminta membuat kata sandi, sehingga semua datanya tidak dapat diakses oleh orang sembarangan.

Terkait:  Cara Lock 4G Real Me

Ketentuan dan Syarat Reset Password Brankas HP Realme

Kamu harus tahu kalau brankas pribadi di HP Realme akan selalu dilengkapi dengan kata sandi yang hanya dapat diketahui pemiliknya saja. Jika kamu lupa password nya, maka bisa meresetnya dengan mengikuti ketentuan dan syarat sebagai berikut:

  • Alamat Email Masih Aktif
    Kamu harus memastikan alamat email yang terhubung ke HP Realme masih aktif sampai sekarang. Pasalnya, pihak Realme biasanya akan mengirim kode verifikasi untuk reset kata sandi brankas pribadimu lewat email tersebut. Jika sudah tidak digunakan, fitur brankas kemungkinan besar akan susah diakses lho.
  • Ingat Pertanyaan Keamanan
    Jika kamu mengaktifkan fitur brankas pribadi, biasanya akan diminta membuat pertanyaan keamanan dan jawabannya dengan benar. Fungsinya sebagai opsi pemulihan supaya kamu bisa mengakses fiturnya kalau lupa kata sandi lho. Jika perlu, tulis pertanyaan tersebut di memo agar kamu mengingatnya.

Cara Melihat Brankan Pribadi di HP Realme

Cara Melihat Brankas Pribadi di HP Realme
Cara Melihat Brankas Pribadi di HP Realme

Secara umum cara lihat brankas pribadi di HP Realme semua tipe sangat mudah lho. Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi ketiga untuk mengakses fitur rahasia tersebut. Kami akan membantumu untuk mengeceknya dengan cepat lewat artikel ini.

Kami pun sudah menyiapkan panduannya agar kamu dapat melihat sekaligus menyembunyikan brankas pribadi dari HP Realme. Fitur ini akan selalu dibutuhkan jika kamu punya data-data penting dan rahasia. Jika tidak ada, kamu juga berhak untuk memanfaatkan file manager seperti biasa.

Langkah 1: Buka Aplikasi Pengaturan

Cara melihat brankas pribadi di HP Realme semua tipe yang pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan atau Setting. Kamu pun dapat mengaksesnya melalui Quick Setting dengan mengusap layar dari atas ke bawah, lalu temukan icon roda gerigi di bagian kanan atas.

Terkait:  Cara Membersihkan Cache di HP Realme

Langkah 2: Pilih Menu Keamanan

Jika aplikasi setelan sudah dibuka, cara melihat brankas pribadi di HP Realme semua tipe berikutnya adalah menggeser layar ke bawah secara perlahan, pastikan kamu menemukan menu Keamanan atau Security. Kalau sudah ketemu, ketuk opsi tersebut.

Langkah 3: Klik Brankas Pribadi

Pada halaman Keamanan, kamu bisa mengetuk opsi Brankas Pribadi. Menu ini biasanya terletak di bagian bawah opsi Ranah Anak, tapi tergantung tipe HP Realme yang kamu gunakan. Fiturnya pasti tersedia pada semua model smartphone tersebut.

Langkah 4: Masukkan Kata Sandi

Cara melihat brankas pribadi di HP Realme semua tipe selanjutnya adalah memasukkan kata sandi dengan benar. Jika kamu lupa bahkan tidak ingat password nya sama sekali, minta verifikasi melalui alamat email yang sudah terdaftar atau gunakan pertanyaan keamanan yang aktif.

Langkah 5: Brankas Pribadi Sudah Terbuka

Cara melihat brankas pribadi di HP Realme semua tipe yang terakhir adalah tunggu beberapa saat sampai fiturnya terbuka secara otomatis. Kamu bisa memilih data dan file mana saja yang akan dimasukkan ke dalam brankas agar tidak diketahui orang lain.

Cara Menyembunyikan Brankas Pribadi di HP Realme

Kamu bukan sekadar melihat brankas pribadi saja, melainkan menyembunyikannya juga lho. Pengguna HP Realme semua tipe dapat merahasiakan fitur tersebut agar tidak diakses orang lain dengan cara menyembunyikan brankas pribadi di HP Realme sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Setting melalui HP Realme kamu.
  • Pada halaman utama, pilih menu Wajah dan Sandi atau Face and Password.
  • Klik Aktifkan Sandi Privasi atau Activate Private Password.
  • Kemudian, buat kode keamanan seperti kata sandi, pola atau PIN yang diinginkan.
  • Jika sudah dibuat, atur pertanyaan keamanan sesuai dengan petunjuk yang muncul pada layar.
  • Pada halaman selanjutnya, masukkan alamat email aktif untuk pemulihan brankas pribadi HP Realme.
  • Klik Selesai atau Done.
  • Buka aplikasi Galeri.
  • Cari salah satu atau beberapa foto dan video yang bersifat rahasia untuk disembunyikan.
  • Jika sudah ketemu, maka bisa mengetuk sekali saja pada media tersebut.
  • Pilih menu Atur sebagai Pribadi atau Set as Privacy.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai foto dan video tersebut masuk ke brankas pribadi kamu.
Terkait:  Cara Melihat Password WiFi di Laptop

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Brankas Pribadi di HP Realme

Tak menutup kemungkinan kamu akan lupa kata sandi brankas pribadi HP Realme yang sedang digunakan. Jangan khawatir karena masalah ini dapat kamu tangani dengan cara mengatasi lupa kata sandi brankas pribadi di HP Realme sebagai berikut:

  • Usap layar dari atas ke bawah untuk membuka menu Quick Setting.
  • Layar akan menampilkan beberapa opsi, lalu ketuk icon roda gerigi di samping kanan atas untuk mengakses aplikasi Pengaturan atau Setting.
  • Pilih menu Lupa Kata Sandi atau Forgot Password saat akan memasukkan PIN maupun kata sandi.
  • Jika muncul menu pop-up pemulihan, tekan tombol Atur Ulang dengan Email Pemulihan atau Reset with Recovery Email.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul kode verifikasi yang dikirim ke surel (surat elektronik) terdaftar.
  • Cek akun email kamu untuk menemukan inbox tersebut.
  • Kalau sudah ketemu, masukkan kode verifikasi ke kolom tersedia.
  • Pilih menu Atur Ulang Kata Sandi atau Reset Password.
  • Buat PIN atau kata sandi baru yang lebih unik untuk brankas pribadimu.
  • Klik Selesai atau Done.
  • Terakhir, kode keamanan sudah diubah dan fitur brankas pribadi dapat diakses dengan menggunakan kata sandi maupun PIN yang baru di HP Realme kamu.

Demikian pembahasan lengkap seputar cara melihat brankas pribadi di HP Realme semua tipe yang mudah dan praktis. Kamu dapat menyembunyikan data dan file penting untuk dirahasiakan, sehingga orang lain tidak dapat melihatnya dengan menggunakan panduan kami di atas. Semoga bermanfaat!

Related posts