Cara Refund Game Steam

5 Cara Refund Game Steam: Mudah dan Pasti Berhasil!

Cara refund game steam sering kali jadi pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh pengguna pc atau laptop yang mungkin saja mereka salah melakukan pembelian game ataupun produk di steam dan hendak melakukan pengembalian dana atas pembelian yang mereka lakukan. Seperti yang kita tau, Steam sendiri merupakan salah satu platform game yang cukup banyak diminati para pengguna komputer atau laptop. Di mana dengan menggunakan steam, para pengguna bisa memainkan game secara sendiri atau solo, maupun bermain bersama dengan teman mereka.

Layanan steam sendiri memang cukup dikenal untuk kalangan player game online yang cukup memiliki banyak pilihan game di Steam store. Selain bisa melakukan pembelian game di dalam steam, para pengguna juga dapat melakukan pembelian item secara in-game dengan cara melakukan pengisian atau top up steam wallet mereka untuk membeli tiap produk yang ada di dalam steam tersebut.

Itulah mengapa, tak heran jika sampai saat ini banyak sekali para gamers yang senang memainkan game online seperti Dota 2 dan lain sebagainya, akan lebih menggunakan steam sebagai salah satu layanan atau platform untuk mereka dapat memainkan game bersama teman-teman mereka.

Cara Refund Game Steam

Cara Refund Game Steam
Cara Refund Game Steam

Namun sayangnya, tak jarang juga dari para pengguna yang masih bingung tentang cara refund game steam yang sudah terlanjur mereka beli sebelumnya. Biasanya, hal ini disebabkan karena mungkin rating game yang kurang bagus, ataupun ada beberapa faktor lain yang menyebabkan mereka harus melakukan refund. Dan kalau kamu mengalami hal yang sama, mungkin beberapa cara berikut ini bisa kamu gunakan untuk melakukan refund di dalam Steam, seperti.

Terkait:  Cara Update Free Fire

Langkah 1 – Memiliki Akun Steam

Langkah pertama yang harus kamu perhatikan adalah jelas, di sini kamu harus terlebih dulu memiliki akun steam untuk membeli game di dalamnya. Sebab, untuk melakukan refund dari game steam ini hanya berlaku untuk para pemilik akun yang sudah melakukan pembelian game terlebih dahulu, jadi kamu tidak bisa untuk melakukan refund pada game steam yang terdapat di akun Steam milik orang lain.

Pastikan juga kamu mengetahui betul email atau user id dan password untuk login ke dalam akun steam kalian, sebab untuk melakukan refund sendiri kamu harus melakukan pengecekan terlebih dulu pada game mana yang hendak di refund.

Langkah 2 – Sudah Melakukan Pembelian Game

Kemudian jika sudah, pastikan akun game steam yang kamu login tadi memang sudah melakukan pembelian game di dalamnya. Untuk melakukan request refund sendiri kamu harus memastikan jika game yang kamu beli memang baru di mainkan kurang dari 2 jam dan sudah di beli dengan waktu lebih dari 14 hari. Hal ini mengacu pada bagaimana persayratan dari steam untuk melakukan refund game.

Langkah 3 – Kunjungi Situs Refund Game Steam

Kemudian untuk langkah yang ketiga, jika kamu sudah melakukan tahap pertama dan kedua tadi, kamu bisa langsung mengajukan refund untuk game steam yang kamu beli. Untuk pengajuannya sendiri, kamu bisa.

  1. Buka browser di komputer atau laptop kalian
  2. Setelah itu kunjungi laman help.steampowered.com atau kamu bisa langsung ke menu help yang ada di dalam steam kalian masing-masing
  3. Pada laman help steam, kamu bisa klik pada bagian purchases untuk melihat riwayat pembelian game yang sudah kamu lakukan dan hendak melakukan refund
  4. Pastikan game yang kamu ingin refund masuk dalam persyaratan dari steam untuk melakukan refund, sebab jika tidak terdaftar maka kamu tidak dapat melakukan refund
Terkait:  Cara Beli Diamond ML Pakai Pulsa Telkomsel, Cepat dan Praktis!

Sampai tahap ini, kamu bisa memilih game mana yang masuk dalam kategori refundable atau dapat di refund. Sisanya, kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya atau tahap ke 4.

Langkah 4 – Ajukan Refund

Pada langkah ke 4 ini jika ternyata game yang kamu beli tadi memang masuk dalam kategori refundable atau dapat di refund, kamu bisa langsung mengajukan refund dengan mengisi formulir yang tersedia untuk mengajukan refund. Di sini, kamu juga akan diminta untuk mengisi alasan mengapa kamu ingin melakukan refund.

Pastikan dalam mengisi formulir pengajuan refund, kamu mengisinya dengan bahasa inggris ya, kamu bisa menggunakan bantuan dari Google translate, bing translator, atau deepl untuk mempermudah kamu dalam mengisi formulir pengajuan refund game di steam.

Langkah 5 – Tunggu Hingga Proses Refund Selesai

Langkah terakhir dari pengajuan refund game di steam ini adalah kamu hanya perlu menunggu pengajuanmu diterima. Biasanya, untuk waktu yang dibutuhkan sendiri akan memakan waktu sekitar 7 – 14 hari aktif, dan dana yang sudah kamu keluarkan untuk membeli game dan di refund tadi akan dikembalikan ke Steam Wallet kamu sehingga kamu bisa membeli game lain yang ingin kamu mainkan.

Syarat Pengajuan Refund Game Steam

Setelah memahami bagaimana cara untuk melakukan refund di Steam, di sini kamu harus memperhatikan beberapa hal yang mungkin penting untuk di catat, seperti

  • Pastikan kamu mengajukan refund setelah game berusia 14 hari dari pembelian di steam
  • Pastikan akun steam kamu sudah terverifikasi dengan benar baik melalui email atau nomor telpon agar akun kamu dinilai sebagai akun aktif
  • Pastikan game yang ingin kamu refund memang baru saja di mainkan kurang dari 2 jam. Sebab, jika kamu sudah melakukan pembelian game dan sudah dimainkan selama lebih dari 2 jam, kamu tidak dapat melakukan refund
  • Pastikan game yang ingin kamu refund memiliki status refundable. Untuk hal ini, kamu bisa melihat keterangannya di dalam deskripsi game yang ingin kamu beli. Sebab dalam beberapa kasus ada beberapa pengguna steam yang gagal melakukan refund sebab game yang dibeli tidak refundable dan akhirnya sia-sia
Terkait:  Cara Mengetahui Musuh di Free Fire

Selain dari pada itu, pastikan juga spek atau komputer dan laptop kalian memang sudah memumpuni untuk memainkan game-game di steam, hal ini bertujuan agar memudahkan kamu untuk mendapatkan sensai bermain game yang nyaman dengan spesifikasi komputer atau laptop yang sesuai dengan persyaratan minimumnya.

Dengan melakukan refund pada game steam, tentunya hal ini bisa menjadi alternatif bagi pengguna yang mungkin saja salah membeli game atau ingin mengganti game yang sesuai dengan spesifikasi dari komputer atau laptop mereka, sehingga tidak terjadi hal yang sia-sia karena sudah membeli game di steam.

Oh iya, cara ini hanya berlaku untuk pembelian game saja ya. Untuk kamu yang mungkin mengalami kendala ketika membeli item di steam dan ingin melakukan refund, mungkin kamu dapat menemukan cara lain yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Dan mungkin itu saja untuk pembahasan seputar cara refund game steam yang bisa mimin bagikan, semoga dengan adanya artikel ini kalian bisa mengatasi kekhawatiran ketika salah membeli game dan mendapatkan kembali steam wallet yang sudah kamu keluarkan untuk membeli game di steam. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Similar Posts