Cara Menjual Barang di OLX

Cara Menjual Barang di OLX dengan 6 Langkah Tepat

Pindahlubang.com | Cara menjual barang di OLX, adalah sebuah panduan yang biasa digunakan para pemilik barang atau hal-hal menarik lain yang mana ingin dijual karena beberapa alasan. Seperti yang kita tau, saat ini proses jual beli sudah semakin mudah dilakukan.

Ketika kita ingin menjual kembali barang atau produk yang mungkin sudah tak lagi digunakan namun masih memiliki kualitas yang bagus, kita bisa menjualnya dengan harga yang mungkin bisa menjadi salah satu nilai tambah atau pemasukkan pribadi kita untuk membeli produk baru atau yang lainnya.

Ditambah pada era digital saat ini, tak menutup kemungkinan kita bisa dengan mudah bertemu dengan pembeli dari produk atau barang yang kita miliki sehingga mereka bisa mendapatkannya dengan mudah. Selain itu, ada beberapa alasan mengapa saat ini orang-orang melakukan kegiatan jual beli online, yang salah satunya adalah ketidaktersediaan produk di pasaran atau di toko offline yang membuatnya sulit untuk ditemukan.

Nah, salah satu layanan e-commerce atau layanan jual beli online yang sampai sekarang masih eksis sampai saat ini adalah OLX, sempat berubah nama beberapa kali, sampai saat ini olx masih jadi tempat untuk menjual produk atau barang yang kondisinya mungkin sudah second atau bekas, namun masih memiliki kualitas yang cukup baik. Terlebih lagi, untuk masalah harga para penjual dan pembeli bisa melakukan negoisasi agar mendapatkan kesepakatan harga yang disetujui dari barang yang dijual.

Cara Menjual Barang di OLX

Cara Menjual Barang di OLX
Cara Menjual Barang di OLX

Lantas, bagaimana cara menjual barang di olx? Tentunya, hal ini juga masih jadi pertanyaan umum bagi mereka yang mungkin saja baru mengenal atau hendak memulai untuk menjual produk yang mereka miliki di layanan e-commerce olx. Dan tentu saja, caranya sendiri cukup mudah untuk dilakukan kok. Ada beberapa step yang harus kamu lakukan untuk menjual barang di OLX, seperti.

Terkait:  Cara Daftar Paket Smartfren

Langkah 1. Buat Akun OLX

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah tentu memiliki akun OLX. Nah, tujuan dari membuat akun di OLX sendiri adalah memudahkan kamu yang ingin menjual barang ataupun mencari barang impianmu di OLX.

Untuk proses pembuatan atau pendaftaran akun sendiri bisa dengan mudah kamu lakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

  1. Kunjungi situs olx.co.id atau kamu bisa mendownload aplikasi olx di smartphone android atau iphone kalian
  2. Setelah itu, klik pada tombol daftar atau sign up dan silakan pilih metode pendaftaran
  3. Di sini kamu bisa menggunakan akun google, sosial media, atau bahkan kamu juga bisa mengisinya secara manual dengan memasukkan email kalian
  4. Tunggu hingga prosesnya selesai, dan kamu sudah berhasil untuk membuat akun olx pertama kamu

Sampai sini kamu sudah bisa menjelajah tampilan dari olx ataupun mulai melakukan pencarian produk yang hendak kamu beli, ataupun kamu bisa langsung membuat postingan atau iklan pertama kamu untuk menjualnya di OLX.

Langkah 2. Lengkapi Profile OLX

Setelah berhasil membuat akun OLX tadi, di sini kamu perlu untuk melengkapi profile dari akun olx kalian. Nah, tujuan dari pelengkapan profile ini adalah untuk memastikan jika akun kamu memang sudah terverifikasi dengan baik, dengan menggunakna nomor telpon, whatsapp, ataupun menambahkan data pribadi lain seperti Nama depan, Nama belakang, alamat, email, dan lain sebagainya.

Selain itu, tujuan dari pelengkapan profile ini juga tentu akan memudahkan kamu mendapatkan reputasi yang baik ketika menjual barang di olx sehingga para pembeli tidak perlu takut ketika mereka ingin membeli barang yang kamu pasarkan di olx nantinya.

Jika kamu masih merasa bingung tentang verifikasi atau pelengkapan profile di olx, kamu bisa klik pada bagian profile di laman olx.co.id atau aplikasi olx yang nantinya pihak olx akan memberikan arahan untuk kamu melakukan pelengkapan profile di olx yang kamu miliki.

Terkait:  Cara Beli Paket Internet Luar Negeri Telkomsel, Dijamin Berhasil!

Langkah 3. Siapkan Barang yang Hendak di Jual

Kemudian kamu juga perlu menyiapkan produk apa yang hendak kamu jual. Nah, dalam hal ini ada beberapa point yang harus kamu catat dalam menyiapkan barang yang hendak dijual di olx, seperti

  • Siapkan foto barang yang dijual
  • Periksa kondisi barang yang hendak dijual
  • Catat apa saja kekurangan atau cacat pada barang yang dijual (jika ada)
  • Periksa tahun produksi barang dan pastikan masih layak jual
  • Cari tau juga harga jual yang berlaku untuk barang yang sama dengan yang akan kamu jual

Dalam penerapan hal ini sendiri, kamu bisa menyiapkannya dengan proper untuk memudahkan pembeli mendapatkan informasi atau melihat produk yang kamu jual. Dalam hal ini, foto produk yang jelas dan menarik perhatian bisa jadi poin plus untuk pembeli memilih produk kalian di pasaran olx. Jadi, pastikan kamu menyiapkannya dengan baik ya.

Langkah 4. Tambahkan Barang yang Hendak di Jual ke OLX

Jika semua persiapan dari barang yang hendak dijual sudah beres, maka selanjutnya kita tinggal menambahkan atau memasukkan barang yang kita miliki ke dalam olx. Untuk cara ini sendiri, sebenarnya sangat mudah, dan tentu saja kamu bisa melakukannya baik di komputer, laptop, ataupun smartphone, caranya.

  1. Silakan buka aplikasi olx atau situs olx.co.id dan pastikan kamu login dengan menggunakan akun yang sudah kamu buat dan sudah terverifikasi tadi
  2. Setelah itu, klik pada mulai jual atau jual dan tunggu sampai kamu di arahkan ke laman penambahan produk
  3. Pada tahap selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan judul produk atau judul dari barang yang hendak kamu jual
  4. Silakan isi sesuai dengan barang yang kamu jual
  5. Tambahkan juga harga dari barang yang kamu jual di olx sesuai dengan harga pasar yang sudah kamu riset sebelumnya
  6. Terakhir, tambahkan foto produk dan pastikan foto produk kamu terlihat jelas agar memudahkan pembeli untuk melihat produk yang kalian pasarkan.
Terkait:  Cara Beli Paket Nelpon Rumah Telkomsel (3 Metode), Praktis!

Sampai sini, kamu sudah selesai untuk menambahkan produk atau barang kamu di olx untuk dijual atau masuk dalam produk listing. Kamu bisa menambahkan detail lebih lengkap dari produk kalian seperti tag, kategori, dan lain sebagainya.

Langkah 5. Berikan Deskripsi Lengkap

Setelah itu, tak lupa juga kamu bisa menambahkan detail atau deskripsi dari barang yang kamu jual. Semisal kamu menjual produk seperti celana panjang pria dengan beragam ukuran, maka kamu bisa menambahkan detail dari tiap ukuran yang ada, misalnya panjang dari celana, lepar pinggang, paha, dan lain sebagainya.

Hal ini memudahkan pembeli untuk memilih produk apa yang memang sesuai dengan ukuran atau kebutuhan mereka. Selain itu, dengan adanya deskripsi produk yang lengkap juga, kamu bisa lebih mudah untuk melakukan sorting ketika ada yang membeli barang kalian.

Oh iya, jangan lupa tambahkan detail lain seperti alamat, dan nomor telpon untuk memudahkan pembeli yang mungkin saja lokasinya berada di dekat lokasi kalian untuk melakukan transaksi secara COD atau Cash On Delivery agar lebih mudah.

Langkah 6. Publikasikan Barang yang Dijual di OLX

Terakhir, kamu tinggal mempublikasikan barang yang kamu sudah masukkan dalam listing produk tadi untuk kemudian bisa tampil di laman atau tampilan dari olx. Biasanya, proses ini akan melalui pengecekan tim olx yang memakan waktu sekitar 1 – 2 hari kerja. Hal ini biasanya bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, deskripsi produk dan kejelasan barang yang kamu jual di olx sangat menjadi penentu apakah iklanmu di terima atau tidak.

Dan itulah tadi beberapa cara jual barang di olx yang bisa kamu coba. Gimana, sudah siap belum untuk menjual barang yang sudah tak terpakai dan menukarnya dengan uang? Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Similar Posts