Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan
Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan

Akun Facebook tiba-tiba tidak bisa dibuka dan mendapatkan pemberitahuan bahwa Facebook telah menonaktifkannya adalah hal yang pernah dialami beberapa pengguna. Kamu tidak perlu khawatir karena cara mengembalikan akun Facebook yang dinonaktifkan ini tidaklah sulit.

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan
Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan

Mengapa banyak akun yang dinonaktifkan merupakan bentuk dari upaya Facebook untuk menghapus akun-akun yang dicurigai spam, palsu, dan melanggar kebijakan Facebook. Jika kamu merasa tidak melanggar maka tidak perlu khawatir.

Read More

Seperti yang kita ketahui Facebook adalah salah satu media sosial dengan banyak sekali pengguna di seluruh dunia. Untuk itu, Facebook terus berupaya agar akun-akun yang terindikasi melanggar tersebut diberi peringatan dan dinonaktifkan agar tidak mengganggu pengguna lain.

Namun, upaya Facebook ini terkadang tidak tepat sasaran karena banyak sekali akun asli yang ikut dinonaktifkan. Jika kamu mengalami hal seperti ini, kamu bisa kembali mengaktifkan akun yang dinonaktifkan Facebook tersebut dengan mengikuti cara yang akan kami kupas tuntas lewat artikel berikut.

Inilah Penyebab Mengapa Akun FB Dinonaktifkan

Namun, sebelum membahas bagaimana cara melakukannya, pengguna harus mengetahui beberapa alasan dan penyebab mengapa akun Facebook bisa dinonaktifkan.

Akun Kamu Dilaporkan Orang

Alasan pertama mengapa akun FB dinonaktifkan oleh Facebook adalah ada orang yang melaporkan akun milikmu. Mungkin saja orang tersebut atau bahkan beberapa pengguna lain tidak menyukai hingga merasa dirugikan atas postingan atau komentar yang kamu unggah di laman Facebook.

Semakin banyak pengguna yang melaporkan akun FB kamu, maka pihak Facebook akan segera menindaklanjuti dan berimbas pada penonaktifan hingga penghapusan akun.

Terkait:  Cara Mengembalikan DM Instagram yang Sudah Dihapus

Seperti yang kita tahu, Facebook memiliki fitur report atau lapor untuk postingan, cerita, bahkan komentar. Fitur tersebut dapat membantu pengguna untuk melaporkan akun atau postingan yang dirasa cukup meresahkan dan mengganggu.

Terlalu Banyak Share Link

Penyebab berikutnya adalah terlalu banyak membagikan link. Mungkin saja kamu pernah membagikan link berita, YouTube, blog, dan sebagainya di beranda, grup, atau fanspage Facebook secara berlebihan.

Share link memang bukan aktifitas yang dilarang oleh Facebook. Namun, apabila link yang dishare terlalu banyak, pihak Facebook menganggap itu sebagai spam.

Oleh karena itu, setelah berhasil mengaktifkan akun milikmu, sebaiknya lakukan share link sewajarnya agar tidak dianggap spam oleh pihak Facebook.

Menambahkan Teman Terlalu Banyak

Banyak teman di Facebook memang sangat menyenangkan. Pasalnya, setiap kali memposting sesuatu akan ada banyak orang memberikan likes, komentar, atau reaction. Selain itu, memiliki banyak teman di media sosial juga menjadi keuntungan tersendiri terutama jika kamu menggunakan Facebook sebagai salah satu media mengiklankan produk jualan.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa menambahkan atau add teman dengan jumlah yang banyak dalam kurun waktu sehari dapat membuat Facebook curiga bahwa akun kamu adalah spam.

Add teman terlalu banyak merupakan tindakan spam yang berdampak pada penonaktifan akun Facebook. Jika kamu melakukan hal ini, maka sangat wajar jika Facebook langsung menonaktifkannya.

Mengunggah Postingan Tidak Pantas

Facebook memiliki kebijakan tersendiri sehingga apabila ada akun yang melanggarnya maka bisa langsung dinonaktifkan. Kebijakan tersebut salah satunya adalah tidak mengunggah postingan yang tidak pantas, video/ gambar tak senonoh, 18+, aksi kejahatan, kriminal, sara, dan lain sebagainya.

Jika kamu memposting unggahan mengenai hal-hal tersebut, maka Facebook akan mendeteksinya sebagai bentuk pelanggaran kebijakan dan langsung menonaktifkannya.

Terkait:  Cara Download Video Facebook

Menggunakan Nama Facebook Palsu

Penyebab lain adalah menggunakan nama palsu atau samaran. Dulu, membuat akun Facebook dengan nama yang lucu hingga aneh bukanlah suatu hal yang melanggar. Akan tetapi. Facebook kini telah memperbaharui kebijakan dan syarat lainnya yang mana identitas adalah hal sangat penting dalam pembuatan akun.

Jika kamu menggunakan nama samaran atau palsu untuk akun di Facebook maka tidak heran jika kena banned atau dinonaktifkan.

Selain hal-hal di atas, penyebab lain akun Facebook dinonaktifkan adalah karena melakukan aktivitas yang tidak diperbolehkan oleh standar komunitas Facebook. Kamu menghubungi orang lain di Facebook untuk melecehkan, spam iklan, atau hal-hal lainnya yang dilarang. Menirukan orang lain juga bisa jadi penyebab akun Facebook dinonaktifkan.

Setelah mengetahui apa saja penyebab akun dinonaktifkan, sebaiknya tidak mengulangi kesalahan yang sama agar akun tetap dapat dikembalikan.

Lalu, bagaimana cara mengembalikan akun Facebook yang dinonaktifkan? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan

Akun Facebook yang dinonaktifkan sendiri atau dari Facebook bisa dikembalikan. Namun, untuk akun yang dinonaktifkan oleh Facebook harus menyiapkan kartu identitas, seperti KTP, SIM, Paspor, Kartu Pelajar atau sejenisnya.

Pasalnya, pihak Facebook ingin melakukan verifikasi data dan memastikan apakah akun tersebut asli atau spam. Apabila kamu mengalami hal ini, biasanya dikarenakan telah melanggar kebijakan dan ketentuan dari Facebook.

Apabila kamu merasa tidak melanggar kebijakan atau melakukan suatu kesalahan, maka kamu bisa melaporkan permasalahan ini ke pihak Facebook. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka browser di handphone atau laptop. Namun, disarankan membukanya dengan laptop atau komputer.
  • Kemudian, kunjungi laman kontak pusat bantuan Facebook berikut: id.facebook.com/help/contact/260749603972907. Pada laman tersebut akan ditampilkan sebuah form. Kamu hanya perlu klik link dan mengisi semua informasi yang diminta.
  • Kamu bisa memilih untuk mengisi alamat email atau nomor telepon. Silahkan pilih salah satu.
  • Selanjutnya isi nama lengkap kamu, yaitu nama yang digunakan untuk akun Facebook. Nama ini adalah nama yang tercantum pada akun Facebook milikmu. Jadi, jika kamu tidak menggunakan nama asli melainkan nama samaran atau alias maka itulah yang digunakan.
  • Setelah itu, unggah foto kartu identitas yang tampak jelas. Kamu bisa menggunakan kartu identitas KTP, SIM, Paspor, kartu pelajar, dan lainnya. Apabila foto tersebut ditolak oleh Facebook, maka kamu bisa mengunggah scan kartu identitas.
  • Setelah form berhasil diisi, klik tombol Kirim.
Terkait:  Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus (7 Langkah), Ampuh!

Selanjutnya pihak Facebook akan meninjau ulang proses penonaktifan akun FB milikmu. Facebook akan mengirim balasan dari facebook kurang lebih 1 hingga 3 jam setelah email berhasil terkirim. Apabila dianggap aman, maka Facebook akan mengaktifkan kembali akun Facebook milikmu.

Kamu bisa login akun dengan username dan password akun FB yang biasanya. Umumnya, nama akun Facebook yang memiliki nama tidak sesuai dengan yang tertera pada kartu identitas, akan diberikan pilihan untuk mengubah nama.

Pilihan untuk mengubah nama sesuai dengan keinginan pengguna. Kamu bisa mengubahnya atau tidak (bebas). Akan tetapi, jika ingin akun FB kamu lebih aman, maka disarankan untuk mengubahnya sesuai nama pada kartu identitas tersebut. Dengan begitu, akun FB kamu akan lebih aman dan dapat diatasi dengan mudah apabila terjadi pemblokiran atau pembajakan akun Facebook oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Apabila kamu memilih untuk mengubah nama, maka ubah nama sesuai kartu identitas dan klik perbarui nama. Bagaimana, mudah sekali, bukan?

Demikian cara mengembalikan akun Facebook yang dinonaktifkan oleh Facebook dengan mudah.

Semoga membantu!

Related posts