Cara Merawat Baterai HP Tanam

Cara Merawat Baterai HP Tanam Agar Awet, Mudah dan Praktis!

PindahLubang.com | Seperti kamu tahu kalau sebagian besar smartphone terbaru sekarang sudah mengusung konsep baterai tanam (non-removable) dibandingkan lepas pasang. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara merawat baterai HP Tanam agar awet dan tahan lama.

Tak dapat dimungkiri kalau mayoritas pengguna HP kekinian seperti kamu hampir sering menemukan masalah tertentu, di mana dampaknya sangat buruk untuk baterai ponselmu. Masalah seperti kembung sampai cepat habis selalu dialami banyak orang saat ini.

Beberapa penyebab baterai HP tanam cepat habis adalah banyak aplikasi sering berjalan dalam waktu yang sama, perangkat digunakan saat sedang charging dan ada bug pada aplikasi tertentu. Cara rawat baterai HP tanam akan kamu ketahui lewat pembahasan artikel ini.

Cara Merawat Baterai HP Tanam

Cara Merawat Baterai HP Tanam
Cara Merawat Baterai HP Tanam

Barangkali kamu sedang mencari cara rawat baterai HP tanam agar awet dan tahan lama, sebaiknya ikuti dan simak pembahasan artikel kami sampai akhir. Kami sudah merangkum beberapa metode supaya kamu bisa menjaga kesehatan baterai tanam yang digunakan.

Walaupun sepele, tapi kalau kamu membiasakan hal-hal tersebut, kami pastikan ponselmu tidak cepat rusak. Selain itu, kesehatan baterai akan tetap optimal dan kualitasnya lebih baik karena kamu merawatnya dengan maksimal.

Cara Merawat Baterai HP Tanam dengan Penggunaan Charger Asli

Kamu harus membiasakan diri untuk menggunakan charger asli ketika baterai ponsel sudah habis. Tujuannya agar baterai dapat menerima aliran listrik lebih stabil dan aman, serta terhindar dari kerusakan akibat kualitas charger palsu yang digunakan. Pastikan kamu menyimpan charger nya di tempat aman.

Terkait:  Cara Merawat Sepatu Kulit

Cara Merawat Baterai HP Tanam dengan Cek Suhu

Tak menutup kemungkinan kalau perangkat smartphone kamu akan panas dalam kondisi tertentu, sedangkan masalah ini berasal dari baterainya. Oleh karena itu, cara rawat baterai HP tanam dengan cek suhu adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Keamanan atau Security dari HP kamu.
  • Layar akan menampilkan jumlah virus yang dapat dibersihkan.
  • Pilih menu Bersihkan Sekarang atau Clean Now.
  • Jika proses pembersihan virus sudah selesai, tekan tombol Pendingin atau Cooler pada laman yang sama.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai proses pemindaian suhu selesai.
  • Pilih menu Optimalkan atau Optimize.
  • Terakhir, perangkat smartphone akan dioptimalkan dan suhunya akan menurun secara otomatis.

Cara Rawat Baterai HP Tanam dengan Matikan Daya Saat Charging

Walaupun tidak terlalu penting, tapi ternyata perangkat smartphone yang dimatikan saat sedang isi ulang daya akan membuat kinerjanya lebih optimal. Kamu bisa mematikan ponsel ketika proses charging berlangsung. Fungsinya bukan sekadar menjaga kesehatan baterai, melainkan memaksimalkan proses isi ulang daya supaya cepat penuh.

Cara Rawat Baterai HP Tanam dengan Atur Kecerahan Layar

Kamu pasti terganggu kalau tampilan layar terlalu gelap atau terang, bukan? Oleh karena itu, cara rawat baterai HP tanam dengan atur kecerahan layar adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka kunci smartphone kamu terlebih dulu.
  • Geser layar ke bawah untuk membuka Quick Setting.
  • Layar akan menampilkan semua menu yang dapat digunakan.
  • Untuk mengatur kecerahan layar secara manual, geser icon lampu menyala di tengah ke kiri (menurunkan) atau kanan (menaikkan) tingkat brightness sesuai dengan keinginanmu.
  • Jika ingin mengaturnya secara otomatis, tekan tombol Kecerahan Otomatis atau Automatically Brightness untuk menjaga intensitas cahaya tetap nyaman dilihat.
Terkait:  Cara Merawat Hamster Syrian

Demikian pembahasan tentang cara merawat baterai HP tanam agar awet dengan matikan daya saat charging sampai menggunakan charger asli yang wajib kamu lakukan setiap hari. Semoga membantu!

Similar Posts