Cara Melihat Bukti Transfer BNI Mobile

Cara Melihat Bukti Transfer BNI Mobile

Cara melihat bukti transfer BNI Mobile menjadi informasi yang banyak dicari. Bagi nasabah BNI, menggunakan aplikasi mobile banking memang lebih praktis. Selain itu, aplikasi mobile banking juga dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Sekilas Tentang BNI Mobile Banking

BNI Mobile adalah aplikasi mobile banking resmi dari Bank Negara Indonesia (BNI) yang memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi keuangan melalui perangkat seluler mereka.

BNI mobile dibekali dengan beragam fitur menarik, seperti transfer ke sesama BRI atau bank lain, pembelian e-commerce, pulsa, dan sebagainya. Selain itu, BNI Mobile juga memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah:

  1. Nasabah BNI dapat mengakses rekening mereka kapan saja dan di mana saja melalui perangkat seluler, tanpa harus datang ke kantor cabang atau ATM.
  2. BNI mobile memiliki berbagai fitur lengkap seperti transfer antar bank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa dan paket data, pembukaan deposito, dan lain sebagainya.
  3. BNI mobile dilengkapi dengan teknologi keamanan yang canggih, seperti token OTP (One-Time Password) dan biometrik, yang memastikan bahwa transaksi nasabah aman dan terlindungi.
  4. BNI mobile memiliki antarmuka yang mudah digunakan, bahkan bagi mereka yang belum terbiasa menggunakan aplikasi mobile banking.
  5. BNI mobile dapat diakses di berbagai platform, baik iOS dan Android, sehingga nasabah BNI dapat menggunakannya dengan mudah.
Terkait:  Cara Melihat DM Instagram yang Sudah Dihapus

Dengan semua kelebihan tersebut, BNI mobile menjadi pilihan yang tepat bagi nasabah BNI yang ingin melakukan transaksi keuangan dengan cepat, mudah, dan aman.

Lalu, bagaimana cara mengetahui bukti transfer BNI Mobile? Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Melihat Bukti Transfer BNI Mobile

Cara Melihat Bukti Transfer BNI Mobile
Cara Melihat Bukti Transfer BNI Mobile

Nasabah BNI yang menggunakan layanan mobile banking bisa melakukan transaksi perbankan dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Mengecek history transaksi juga bisa dilakukan dengan mudah. Sedangkan untuk melihat bukti transfer uang bisa di BNI Mobile bisa dengan beberapa cara seperti berikut ini.

Cara Melihat Bukti Transfer di BNI Mobile Banking

  • Pertama, buka aplikasi BNI Mobile Banking di handphone.
  • Login BNI Mobile Banking dengan memasukkan User ID serta PIN BNI Mobile Banking
  • Selanjutnya, pilih menu Pengaturan yang ada pada bagian bawah layar. 
  • Pilih menu Bukti Transaksi untuk melihat bukti transfer yang masuk.
  • Pada layar akan ditampilkan beberapa pilihan kategori, mulai dari Semua Transaksi, Transfer, Pembayaran, Pembelian, BNI Debit Online, hingga Blokir Saldo. 
  • Untuk melihat history bukti transfer, pilih opsi Transfer.
  • Kemudian, tekan menu Jangka Waktu atau Periode.
  • Apabila memilih menu Jangka waktu, bukti transaksi maksimal selama 31 hari terakhir bisa dilihat di sana. Sedangkan menu Periode memiliki pilihan untuk melihat bukti transaksi, mulai dari hari ini, 1 minggu terakhir, dan 1 bulan terakhir.
  • Klik tombol Lanjut, lalu akan muncul Daftar Transaksi. Jika ingin mengetahui rincian transfer maka pilih salah satu dari transaksi yang muncul.

Bukti transfer tersebut dapat diunduh dan disimpan dengan cara klik menu Download, Share, atau cukup di-screenshot.

Cara Melihat Bukti Transfer BNI Mobile Melalui Menu Mutasi Rekening

Cara lain untuk melihat bukti transfer BNI Mobile adalah melalui menu Mutasi Rekening. Apa itu mutasi rekening Bank BNI? Mutasi adalah riwayat transaksi uang keluar dan masuk yang dilakukan nasabah lewat rekening bank BNI. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi BNI Mobile Banking di handphone.
  • Login BNI Mobile Banking dengan memasukkan User ID serta PIN BNI Mobile Banking
  • Selanjutnya, pilih menu Rekeningku pada halaman utama aplikasi.
  • Pilih menu Tabungan dan Giro, lalu klik opsi Mutasi Rekening.
  • Setelah itu, pilih periode mutasi yang ingin dilihat. Rincian mutasi rekening yang dapat dilihat adalah maksimal 31 hari pada periode selama 6 bulan terakhir.
  • Pada layar akan muncul rincian mutasi rekening sesuai dengan jangka waktu yang kamu tentukan.
  • Sama seperti sebelumnya, kamu juga bisa mengunduh rincian mutasi rekening dengan klik tombol Download atau cukup hanya dengan screenshot.
Terkait:  Cara Kirim Pulsa 3 ke Telkomsel (Paling Baru) dengan Gambar

Cara Melihat Bukti Transfer BNI Mobile Lewat Email

Selain kedua cara di atas, masih ada cara yang terakhir, yakni melalui email. Cara ini bisa digunakan jika kamu menautkan notifikasi dari BNI Mobile Banking dengan email. Untuk mengetahui bagaimana caranya, simak langkah-langkah berikut:

  • Buka email yang didaftarkan saat aktivasi layanan BNI Mobile Banking.
  • Pilih kolom pencarian yang terletak di bagian atas dan gunakan kata kunci BNI Mobile. Kamu juga bisa mencarinya dengan scroll email hingga menemukan tanggal transaksi di BNI Mobile Banking.
  • Jika sudah menemukan emailnya, buka dan screenshot bukti transfer tersebut.

Cara Cek Bukti Transfer BNI Lewat SMS Banking

Bagi nasabah yang tidak memiliki aplikasi BNI Mobile Banking maka bisa mengecek bukti transfer lewat layanan SMS Banking. Namun, pastikan dulu bahwa kamu sudah terdaftar di layanan SMS Banking BNI. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu SMS/Message di handphone.
  • Lalu, buat pesan baru dan ketik HST.
  • Kirim SMS ke nomor 3346.
  • Pada layar akan muncul informasi mutasi rekening BNI kamu.

Layanan SMS banking dikenai biaya SMS sebesar Rp 1.000 per transaksi.

Alasan Pentingnya Melihat Bukti Transfer

Berikut beberapa alasan mengapa sangat penting mengetahui rincian transfer yang masuk dan keluar dari rekening, antara lain:

Verifikasi Pembayaran: Bukti transfer bank digunakan untuk memverifikasi bahwa seseorang telah melakukan pembayaran atas suatu transaksi, seperti pembelian barang atau jasa.

Bukti Transaksi: Bukti transfer bank juga dapat digunakan sebagai bukti transaksi yang sah antara dua pihak, seperti pembelian saham atau transfer uang antara akun bank.

Pelacakan Transaksi: Dengan melihat bukti transfer bank, seseorang dapat melacak transaksi uang yang telah dilakukan, memastikan bahwa uang telah sampai ke penerima yang tepat.

Terkait:  Nomor Referensi BNI

Pajak dan Audit: Bukti transfer bank juga dapat digunakan sebagai bukti pembayaran atau penerimaan uang dalam proses perpajakan atau audit.

Dalam beberapa situasi, terutama jika melibatkan jumlah uang yang besar atau transaksi yang penting, melihat bukti transfer bank dapat membantu seseorang untuk memastikan bahwa transaksi berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

FAQ

Bagaimana cara cetak ulang bukti transfer BNI?

Cara cetak ulang bukti transfer bisa dilakukan dengan mengakses kembali menu mutasi rekening di aplikasi BNI Mobile Banking. Pilih periode transfer yang ingin dicetak, lalu pilih download untuk mengunduh filenya.

Bisakah cek bukti transfer BNI lewat internet banking?

Bisa. Nasabah dapat melakukan berbagai macam transaksi perbankan lewat layanan Internet Banking BNI, termasuk cek bukti transfer. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka browser, lalu kunjungi laman https://ibank.bni.co.id.
  • Kemudian, login ke internet banking dengan memasukkan user ID dan password BNI internet banking kamu.
  • Lalu, masukkan kode captcha pada kolom yang disediakan.
  • Pada halaman utama website, klik menu Rekening dan pilih opsi Mutasi Rekening.
  • Kemudian pilih rekening yang ingin diketahui bukti transfer dan pilih periode transaksi.
  • Lalu, pilih jangka waktu transaksi dan klik Lanjut.
  • Pada layar akan muncul informasi transaksi rekening yang ingin dilihat.

Cara melihat bukti transfer BNI Mobile tidak sulit, bukan?

Similar Posts