Cara Mengirim Kuota Indosat ke Nomor Lain

Cara Mengirim Kuota Indosat ke Nomor Lain
Cara Mengirim Kuota Indosat ke Nomor Lain

Transfer kuota Indosat ke nomor operator lain, seperti Telkomsel, XL, Tri, dan lainnya bisa kamu ketahui lewat artikel berikut. Cara mengirim kuota indosat ke nomor lain sangat mudah. Selain itu, dalam artikel ini juga akan diulas tutorial cara transfer kuota lainnya. Yuk, simak!

Cara Mengirim Kuota Indosat ke Nomor Lain

Cara Mengirim Kuota Indosat ke Nomor Lain
Cara Mengirim Kuota Indosat ke Nomor Lain

Indosat adalah salah satu provider dengan banyak pengguna yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Untuk itu, Indosat terus meningatkan kualitas dan layanan untuk pengguna setianya. Salah satu layanan yang menarik dari Indosat adalah mengirim kuota.

Read More

Mengirim kuota Indosat adalah layanan yang memungkinkan pelanggan Indosat untuk mentransfer sebagian dari kuota data mereka kepada pelanggan Indosat lainnya. Lalu, apakah bisa mengirim kuota Indosat ke operator lain? Berikut informasi selengkapnya.

Cara Mengirim Kuota Indosat Lewat Dial Pad

Bagi pengguna Indosat yang memiliki kuota internet berlimpah, daripada terbuang karena masa aktif habis, lebih baik ditransfer ke pengguna lain. Cara transfer kuota Indosat melalui menu dial pad dapat dilakukan dengan mengakses fitur Gift paket internet Indosat.

Terkait:  Cara Unreg Paket Indosat: Lewat SMS, Kode USSD, dan Aplikasi

Indosat Gift Data merupakan fitur yang disediakan untuk pengguna yang ingin mengirim kuota data miliknya ke sesama pengguna Indosat. Caranya sangat mudah dan praktis. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Telepon atau Dial Pad di handphone.
  • Ketik ormat *123#, lalu tekan Panggil.
  • Kemudian, pilih nomor 2 (paket NEW! Freedom Internet).
  • Pilih nominal kuota mana yang ingin ditransfer, lalu tekan Gift.
  • Selanjutnya, pilih metode pembayaran.
  • Masukkan nomor tujuan transfer dan klik Kirim.

Tidak hanya paket Freedom Internet, kamu juga dapat memilih paket data lainnya sesuai keinginan. Cara mengirimkannya pun sama, hanya berbeda pada pilihan jenis paket data.

Apabila muncul notifikasi bahwa Gift paket Indosat telah gagal, kamu tidak perlu khawatir. Pastikan bahwa nomor handphone yang dimasukkan sudah benar. Pastikan juga penerima memiliki pulsa aktif karena biaya transfer kuota data akan dibebankan padanya. Lalu, ulangi kembali dari awal.

Nah, transfer kuota ke nomor lain juga bisa dilakukan melalui menu dial up. Berikut langkah-langkah cara mengirim kuota Indosat ke nomor lain lewat menu dial up, antara lain:

  • Buka menu Telepon atau Dial Pad di handphone.
  • Ketik ormat *123#, lalu tekan Panggil.
  • Kemudian, pilih nomor 2 dan ketik angka 2 pada kolom yang tersedia.
  • Pilih kuota mana yang ingin ditransfer, lalu tekan Gift.
  • Selanjutnya, pilih metode pembayaran.
  • Masukkan nomor telepon tujuan transfer kuota (bebas bisa ke semua operator) dan klik Bayar.
  • Selesai. Kini kuota telah berhasil ditransfer.

Cara Mengirim Kuota Indosat Lewat SMS

Cara lain untuk transfer kuota Indosat adalah lewat SMS. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, buka menu Pesan di handphone.
  • Buat pesan baru, lalu ketik format GIFT (spasi) Nomor HP tujuan transfer (spasi) EXTRA (spasi) Nama Paket. 
  • Lalu, kirim ke nomor 363.
  • Tunggu beberapa saat hingga mendapatkan SMS balasan dari Indosat.
  • Selanjutnya, kamu balas YA dan proses transfer selesai.
Terkait:  Cara Melacak Lokasi No HP Secara Detail

Cara Transfer Kuota Indosat Lewat Aplikasi MyIM3

Selain lewat SMS dan dial up, pengguna Indosat juga bisa kirim kuota data melalui aplikasi myIM3. Cara satu ini juga tidak kalah mudahnya. Tersedia juga berbagai pilihan paket data yang bisa kamu transfer ke pengguna Indosat lainnya. Adapun langkah-langkah yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan  bahwa kamu sudah menginstal aplikasi myIM3 di HP.
  • Buka aplikasi MyIM3, lalu login menggunakan nomor Indosat kamu.
  • Pada bagian bawah layar, klik tombol Beli.
  • Selanjutnya, pilih paket kuota Indosat yang ingin ditransfer.
  • Klik tombol Kirim Gift dan masukkan nomor Indosat penerima.
  • Kemudian, pilih metode pembayaran.

Sedangkan untuk transfer kuota tanpa pulsa bisa memilih metode pembayaran melalui dompet digital, seperti OVO atau GoPay.

Sebelum kirim kuota Indosat ini, pastikan bahwa pengguna yang akan kamu transfer telah menghentikan paket kuota sebelumnya atau paket internetnya sudah habis. Sebab, jika masih ada sisa kuota agar tidak sia-sia.

Syarat Transfer Kuota Indosat

Sebelum melakukan transfer kuota, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti: 

  1. Nomor handphone pengirim dan penerima transfer telah terdaftar secara resmi.
  2. Nomor handphone pengirim dan penerima transfer harus dalam masa aktif.
  3. Apabila menggunakan metode pembayaran dengan pulsa, maka yang akan dipotong adalah pulsa utama. Sedangkan pulsa bonus dan lainnya tidak dapat digunakan untuk transfer kuota ke pengguna lain.
  4. Untuk melakukan ini, pastikan bahwa kamu memiliki kuota atau pulsa yang cukup untuk ditransfer.

FAQ

Apakah bisa transfer kuota internet Indosat?

Cara transfer kuota internet bisa dilakukan melalui fitur Gift paket data Indosat Ooredoo pada menu Dial Pad di handphone. Bagi kamu yang belum tahu, Indosat Gift Data adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk transfer kuota data ke sesama pengguna Indosat. 

Terkait:  Cara Menonaktifkan Kartu Indosat

Apakah transfer kuota Indosat bisa dilakukan dengan operator lain?

Program transfer kuota Indosat bisa dilakukan ke sesama pengguna Indosat dan operator lain seperti yang telah kami ulas di atas. Pastikan pulsa kamu cukup jika ingin melakukan cara ini. 

Apa itu Gift paket data Indosat?

Indosat Ooredoo menyiapkan platform API (Application Programming Interface) Gift Data, yaitu sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna membagikan kuota internet ke nomor Indosat lainnya.

Paket bantuan data internet Indosat bisa digunakan untuk apa saja?

Paket keluaran Indosat bisa dipakai belajar online dan mengakses aplikasi pendidikan, seperti Ruang Guru, Quipper, Sekolahmu.com, dan Rumah Belajar.

Seperti yang kita ketahui, pandemi tahun lalu membuat banyak ampat di berbagai sektor termasuk pendidikan. Nah, pihak Indosat mengeluarkan paket khusus yang dapat digunakan untuk menunjang belajar daring dari rumah dengan mengakses berbagai situs berbasis pendidikan.

Kenapa tidak bisa kirim pulsa sesama Indosat?

Gagal transfer pulsa umumnya terjadi karena salah memasukkan nominal transfer. Jika nominal transfer tidak sesuai maka akan terjadi kegagalan. Provider Indosat memiliki minimal batas transfer sebesar Rp5.000 dan maksimal transfer adalah Rp200.000. Oleh karena itu, sebaiknya nominal transfer sesuai dengan ketentuan batas minimal dan maksimal.

Apakah ada kuota darurat Indosat?

Indosat memiliki layanan yang bernama Paket Darurat. Pengguna yang mendapatkan pemberitahuan pembelian Paket Darurat Kuota harus membayar minimal Rp7.000 melalui dial up *505#. Harga tersebut sudah termasuk biaya layanan dan tidak berlaku kelipatan. Bonus kuota akan segera dikirimkan maksimal hingga 7 hari kerja sejak mengajukan pembelian Paket Darurat Kuota.

Berapa kode pinjam pulsa Indosat?

Kode pinjam pulsa di Indosat dinamakan Paket Darurat. Kamu bisa menggunakan layanan tersebut dengan mengakses USSD *505#. Pastikan nomor kamu adalah nomor IM3 PraBayar jika ingin mengakses layanan tersebut. Akses USSD*505# melalui handphone. Jika nomor kamu masuk ke dalam kriteria, maka pilihan penawaran Paket Darurat yang bisa kamu ambil akan muncul.

Itulah cara mengirim kuota indosat ke nomor lain dengan berbagai metode. Mudah, bukan?

Related posts