Cara Cek BPUM

Cara Cek BPUM BRI, Persyaratan dan Cara Daftarnya

PindahLubang.com | Bagaimana cara cek BPUM? BPUM merupakan sebuah bantuan yang ditujukan kepada para pelaku usaha mikro yang diluncurkan oleh Bank BRI. Seperti kamu tahu kalau Bank BRI sudah menjalankan program BLT UMKM sebesar Rp.600,000 yang masih ditargetkan untuk kalangan tersebut.

Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) sudah dilaksanakan sejak tahun 2022, di mana sebelumnya terjadi pada bulan Desember 2021 lalu. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memajukan sektor UMKM di seluruh Indonesia.

Program BPUM yang digelar kembali tentu saja sangat dinilai positif oleh masyarakat, khususnya para pelaku UMKM. Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi keterlibatan dalam agenda tersebut, cara mengecek BPUM akan kami bahas secara detail melalui artikel ini.

Ketentuan dan Syarat Mendapatkan BPUM

Kamu punya kesempatan untuk mendapatkan bantuan dana dari program BPUM, sehingga usaha mikro yang sedang berjalan dapat berkembang dalam jangka panjang. Namun, kamu wajib memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)..
  • E-KTP (asli).
  • Mempunyai usaha mikro.
  • Mempunyai NIB.
  • Belum pernah menjadi penerima bantuan BPUM.
  • Bukan PNS, ANS, Polri dan TNI.
  • Tidak berstatus sebagai karyawan BUMN dan BUMD.

Cara Mendapatkan BPUM

Jika kamu sudah memenuhi ketentuan dan syarat yang sudah kami bahas di atas, maka bisa mencoba cara mendapatkan BPUM dengan mendaftarkan diri ke Dinas Koperasi dan UKM terdekat. Pihak Dinas pun akan mengirimkan data ke Kementerian Koperasi dan UKM untuk dipilih kembali sebelum disahkan sebagai penerima BPUM.

Cara Cek BPUM

Cara Cek BPUM
Cara Cek BPUM

Pelaku UMKM punya kesempatan menerima bantuan tunai melalui program BPUM untuk memajukan sekaligus menunjang usaha mikro yang dikelolanya. Kamu hanya perlu memenuhi ketentuan dan syarat, sekaligus memahami prosedur pendaftarannya yang sudah kami sebutkan di atas.

Terkait:  Cara Daftar BCA Sekuritas

Jika kamu sudah menyalonkan diri, cara mengecek BPUM wajib diketahui. Jangan senang dulu ketika kamu sudah registrasi, di mana tidak semua orang dinyatakan lolos mengingat proses pemilihan calon penerim BPUM terbilang ketat hingga saat ini.

Cara Cek BPUM Lewat Situs e-Form BRI

Kamu bisa memeriksa status sebagai calon penerima BPUM melalui internet di HP dan PC. Cara mengecek BPUM lewat situs e-Form BRI adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Buka Website E-Form BRI

Cara mengecek BPUM yang pertama adalah mengakses situs resmi e-Form BRI via www.eform.bri.co.id melalui peramban browser HP atau PC. Pada halaman utama, kamu bisa masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP ke kolom tersedia.

Langkah 2: Klik Cari

Kamu bisa memeriksa kembali NIK pada KTP yang sudah dimasukkan tadi. Pastikan NIK sama dengan data pada Kartu Keluarga (KK). Jika benar dan yakin, tekan tombol Cari.

Langkah 3: Cek Data Penerima BPUM

Cara mengecek BPUM yang terakhir adalah tunggu beberapa saat sampai informasi mengenai data penerima bantuan program BPUM muncul secara otomatis. Cari namamu dalam daftar tersebut, kalau ada berarti kamu lolos seleksi sebagai penerima bantuannya.

Cara Cek BPUM Lewat Situs Banpresbpum.id

Website Banpresbpum.id pun dapat kamu gunakan untuk memeriksa data penerima BPUM terbaru. Berikut langkah-langkahnya yang wajib dicoba, yakni:

  • Akses website banpresbpum.id melalui peramban browser HP atau laptop kamu.
  • Masukkan NIK e-KTP kamu ke kolom tersedia.
  • Klik Cari.
  • Layar akan menampilkan data penerima BPUM, cari namamu untuk memastikan diterima atau tidak.

Pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usahanya bisa mendaftarkan program BPUM. Jika sudah registrasi, periksa data diri apakah diterima atau tidak dengan cara cek BPUM di atas. Semoga membantu!

Terkait:  Cara Dana ke ShopeePay

Similar Posts