Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook
Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Seperti yang kita ketahui, ada banyak peluang pekerjaan di era digital seperti sekarang. Banyak orang dari berbagai kalangan menggunakan media sosial digunakan sebagai platform untuk mendapatkan uang, salah satunya Facebook. Cara mendapatkan uang dari Facebook bisa dilakukan dengan berbagai hal. Nah, apa saja tips dan trik mendapatkan uang dari Facebook, yuk simak ulasannya berikut ini.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook
Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Facebook adalah salah satu media sosial yang masih eksis dan memiliki banyak pengguna hingga saat ini. Bahkan, pengguna Facebook di Indonesia sampai awal tahun 2023 tercatat menyentuh angka 119,9 juta. Angka tersebut terbilang fantastis.

Read More

Dengan begitu banyaknya pengguna di Facebook, kamu dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan uang. Ada beberapa cara untuk mendapatkan uang dari Facebook, di antaranya adalah:

1. Berjualan di Facebook Marketplace

Marketplace adalah salah satu fitur di Facebook yang memungkinkan pengguna untuk menjual berbagai jenis produk secara online. Apabila kamu memiliki barang yang ingin dijual, kamu dapat memanfaatkan fitur tersebut dan mempromosikan produk milikmu di Facebook. 

2. Mengikuti program afiliasi

Kamu dapat bergabung dengan program afiliasi dari perusahaan-perusahaan besar. Program afiliasi ini memungkinkan kamu untuk mempromosikan produk mereka melalui postingan di Facebook dan memperoleh komisi dari setiap penjualan yang terjadi melalui tautan afiliasi milikmu.

Terkait:  Cara Siaran Langsung Game di FB Lewat HP dan PC

3. Menggunakan Facebook Ads

Facebook Ads adalah sebuah program iklan milik Facebook yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan yang kamu miliki kepada target audiens yang spesifik di Facebook. Kamu dapat membuat iklan yang menarik dan menargetkan audiens dengan akurat untuk meningkatkan peluang penjualan produk.

Dengan target audiens yang spesifik, Facebook Ads dapat menjangkau calon pembeli yang lebih luas dan sesuai sasaran.

4. Monetisasi Fanpage

Cara lain mendapatkan uang dari Facebook adalah melakukan monetisasi pada fanpage. Monetisasi fanpage ini memanfaatkan iklan in-stream. Iklan berdurasi pendek tersebut dimasukkan dalam konten video seperti iklan yang muncul di video YouTube.

Monetisasi fanpage bisa dilakukan dengan berbagai topik sesuai ketentuan Facebook. Namun, pastikan video yang diunggah harus sesuai atau relevan dengan topik di fanpage. Selain itu, video tersebut harus original, bukan milik orang lain atau reuploader karena termasuk pelanggaran hak cipta. Video yang menarik dapat membuat diskusi dan engagement. Dengan begitu, video menjadi banyak penonton, populer, dan mendatangkan uang lebih banyak.

Namun, untuk melakukan monetisasi fanpage, ada syarat dan ketentuannya, seperti memiliki pengikut fanpage sebanyak 10.000 dan video memiliki 30.000 penayangan dalam 60 hari terakhir.

5. Menggunakan Fanpage Facebook untuk Menaikkan Trafik Website

Selain monetisasi fanpage atau menjual produk di sana, fanpage Facebook juga bisa digunakan untuk menarik trafik ke website. Bagikan konten-konten menarik yang dapat mendatangkan pengunjung. 

Ketika fanpage memiliki banyak pengikut, kamu bisa membagikan berbagai konten yang ditawarkan pada website milikmu. Hal ini dapat meningkatkan brand awareness dan mendatangkan penghasilan.

6. Membuat dan menjual konten digital

Cara lain mendapatkan uang dari Facebook adalah dengan membuat konten digital. Konten digital ini bisa digunakan untuk menjual produk atau branding kamu secara personal.

Terkait:  Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis: Simak 6 Tips Berikut!

Kamu bisa menjual konten, seperti jasa kursus online, template desain grafis, e-book, web developer, dan banyak lainnya. Membuat konten juga bisa digunakan untuk menarik audiens sehingga konten kamu banyak penonton dan akun Facebook memiliki banyak follower.

7. Menjadi influencer

Setelah memiliki banyak pengikut di Facebook dan popularitas meningkat, kamu bisa menjadi influencer. Pada umumnya, influencer bekerja untuk mempengaruhi pengikutnya atau orang lain agar menggunakan atau membeli suatu produk. Pihak brand biasanya menawarkan kerjasama endorsement kepada influencer untuk mempromosikan atau review produk mereka dan imbalannya adalah sejumlah uang sesuai kesepakatan.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak mudah untuk menghasilkan uang dari Facebook dan dibutuhkan usaha, waktu, serta dedikasi untuk bisa sukses. Selain itu, kamu harus mematuhi kebijakan dan aturan Facebook serta memperhatikan privasi dan keamanan pribadi dalam penggunaan platform ini.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook dengan Upload Video

Tidak hanya pengelola fanpage, akun biasa juga bisa melakukan monetisasi video dengan bergabung ke Facebook Creator. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mendapatkan uang dari Facebook dengan upload video.

Memenuhi syarat

Hal pertama untuk mendapatkan uang dari Facebook dengan upload video adalah memenuhi syarat. Pastikan bahwa akun Facebook kamu memenuhi syarat untuk menjadi mitra monetisasi. Kamu harus memiliki minimal 10.000 pengikut yang aktif dan telah menghasilkan minimal 30.000 tayangan video dalam 60 hari terakhir.

Mengaktifkan monetisasi

Setelah memenuhi syarat, aktifkan monetisasi pada akun Facebook milikmu. Kamu dapat melakukannya dengan masuk ke Creator Studio, pilih opsi Monetisasi pada menu di sebelah kiri, dan ikuti instruksi untuk mengaktifkan fitur monetisasi.

Upload video

Setelah monetisasi aktif, upload video ke akun Facebook. Video yang diunggah harus memenuhi pedoman komunitas Facebook dan tidak melanggar hak cipta orang lain.

Terkait:  Cara Menghapus Pesan Messenger

Memilih iklan

Apabila video sudah berhasil di-upload, kamu dapat memilih jenis iklan yang ingin ditampilkan pada video. Facebook menawarkan berbagai jenis iklan, seperti iklan instream, iklan display, dan iklan sponsored.

Hasilkan uang

Ketika ada yang menonton video dan iklan ditampilkan, kamu akan memperoleh sebagian dari pendapatan iklan. kamu dapat melihat penghasilan melalui menu Monetisasi pada Creator Studio.

Pastikan untuk terus memproduksi konten berkualitas dan mengembangkan audiens yang terlibat untuk meningkatkan penghasilan melalui monetisasi video di Facebook.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Reels

Cara mendapatkan dari Facebook Reels sama seperti upload video dan melakukan monetisasi. Durasi video Reels Facebook antara 3 hingga 60 detik. Syarat monetisasi Reels sama seperti di atas, yaitu harus memiliki minimal 10.000 pengikut, upload paling tidak lima video, dan mendapatkan 600.000 menit tayangan dalam 60 hari terakhir. Setelah memenuhi syarat tersebut,  kamu bisa meletakkan iklan pada Reels.

Selain monetisasi, ada juga fitur Star pada Reels di facebook. Penonton video yang mengirimkan Star dapat memungkinkan pembuat video mendapatkan uang dari sana. Setiap 1 Star senilai dengan satu sen dari Meta.

Cara mengaktifkan fitur Stars adalah dengan mengunjungi Creator Studio. Kemudian, pilih opsi “Monetisasi” pada menu di sebelah kiri, dan ikuti instruksi untuk mengaktifkan fitur Stars.

Sejak diluncurkan fitur Reels di Facebook, Meta telah melakukan berbagai strategi, seperti memberikan bonus pada Reels Play. Bonus tersebut akan diberikan kepada content creator yang bisa memperoleh 1.000 penayangan selama 30 hari. Video yang diunggah tentu harus original. Meta akan membayar content creator tersebut sebanyak $35.000 per bulan. Namun, fitur bonus Reel Play ini hanya undangan.

Program bonus bisa didapatkan oleh content creator yang mendapatkan undangan dan menyelesaikan tantangan kumulatif secara berurutan. Setelah creator menyelesaikan satu tantangan, akan ada tantangan selanjutnya dan berakhir pada hari ke 30.

Kalau kamu lebih memilih cara mendapatkan uang dari Facebook yang mana?

Related posts