Cara Menambahkan Link di Bio Tiktok

Cara Menambahkan Link di Bio TikTok
Cara Menambahkan Link di Bio TikTok

Bagi para pelaku bisnis atau content creator di TikTok penting sekali menambahkan link pada bio. Cara menambahkan link di bio TikTok bisa dilakukan tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi. Adanya link yang ditautkan pada bio akan memudahkan pengikut atau pengguna TikTok untuk mengakses informasi secara lebih detail, seperti toko online, link kontak, dan banyak lainnya. 

Cara Menambahkan Link di Bio TikTok

Cara Menambahkan Link di Bio TikTok
Cara Menambahkan Link di Bio TikTok

Menambahkan link di bio TikTok memiliki beberapa kelebihan, seperti memudahkan pengguna TikTok untuk mengakses informasi lebih lanjut tentang kamu atau bisnis yang sedang dijalani. Dengan menambahkan link di bio, kamu dapat mengarahkan pengguna ke situs web, toko online, atau platform sosial media yang lain.

Menambahkan link di bio TikTok juga dapat meningkatkan trafik website atau platform media sosial kamu. Misalkan saja kamu memiliki website landing page atau YouTube channel. Dengan menambahkan link di bio, para followers atau pengguna TikTok yang mampir ke akunmu dapat mengklik tautan dan meningkatkan views.

Selain itu, juga dapat meningkatkan kredibilitas kamu secara personal dan bisnis yang sedang dijalani di mata pengguna TikTok. Ini bisa membuat profil kamu terlihat lebih profesional dan terorganisir dengan baik.

Namun, perlu diingat bahwa TikTok hanya mengizinkan pengguna untuk menambahkan satu link di bio. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih link yang paling relevan dan penting bagi kamu atau bisnis.

Lantas, cara menambahkan link di bio TikTok untuk meningkatkan penjualan atau kredibilitas bisnis kamu? Berikut ulasan selengkapnya.

Sebelum lebih lanjut mengulas caranya, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi untuk menambahkan link di bio TikTok.

  • Akun harus berstatus bisnis bukan personal. Apabila akun TikTok yang ingin ditambahkan link di bio bersifat personal atau pribadi, maka harus terlebih dahulu mengubahnya menjadi akun bisnis.
  • Akun TikTok harus memiliki followers minimal 1.000.
Terkait:  Cara Viral di Tiktok

Sedangkan untuk mengubah akun TikTok pribadi ke akun bisnis, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi TikTok di handphone.
  • Pastikan sudah login ke akun TikTok kamu, lalu pilih halaman profil atau klik ikon individu yang terletak di pojok kanan bawah.
  • Selanjutnya, pilih ikon garis tiga di pojok kanan atas layar.
  • Pilih menu Pengaturan dan Privasi, lalu tekan Kelola Akun.
  • Pada menu Kontrol Akun, pilih opsi Alihkan ke Akun Bisnis.
  • Pada layar akan muncul informasi berisi fitur pada akun TikTok bisnis. Silakan tekan tombol Berikutnya.
  • Pilih Kategori Bisnis sesuai dengan usaha yang kamu jalani, lalu tekan Berikutnya.
  • Selesai. Kini akun TikTok kamu telah berganti telah menjadi akun bisnis.

Cara Menambahkan Link di Bio TikTok Tanpa Aplikasi

Setelah menjadi akun TikTok bisnis, berikut adalah cara menambahkan link pada bio di TikTok, antara lain:

  • Pertama, buka aplikasi TikTok di handphone. Lalu, login ke TikTok dan langsung ke halaman profil.
  • Selanjutnya, klik tombol Edit Profil dan pilih Situs Web.
  • Masukkan link yang ingin ditambahkan di bio TikTok kamu.
  • Kemudian, klik Simpan.
  • Selesai. Kini, link tersebut sudah ditambahkan pada bio TikTok.

Lalu, bagaimana cara menambahkan link di bio TikTok lebih dari satu? Untuk menambahkan link lebih dari satu di bio TikTok, kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi untuk Membuat Link di Bio TikTok

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi pihak ketiga yang dapat kamu gunakan untuk menambahkan link lebih dari satu di bio TikTok, antara lain:

1. Linktree

Aplikasi satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi bagi pengguna media sosial yang sering klik tautan di bio profil. Banyak sekali pengguna TikTok atau media sosial lain menggunakan Linktree untuk menyematkan beberapa tautan ke dalam satu akses.

Terkait:  Cara Simpan Video Tiktok Tanpa Watermark, Gampang dan Gratis

Kamu dapat dengan mudah menggabungkan berbagai link lewat aplikasi Linktree, seperti link website, marketplace, podcast, YouTube channel, dan lainnya. Dengan Linktree, pengguna dapat membuat landing page yang berisi berbagai tautan menjadi satu yang diletakkan pada bio TikTok.

Linktree dapat digunakan secara gratis tanpa dibatasi jumlah link. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui jumlah klik dari setiap link melalui fitur analitik di Linktree.

2. Desty Page

Rekomendasi aplikasi lainnya adalah Desty Page. Sama seperti Linktree, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menggabungkan berbagai link menjadi satu akses yang dapat disematkan di bio media sosial TikTok.

Desty Page juga dapat diakses secara gratis dan mudah menggunakannya. Selain dapat menggabungkan berbagai link menjadi satu landing page, tampilan aplikasi ini juga dapat didesain sesuai keinginan.

3. Linkin.bio

Aplikasi lainnya yang juga banyak digunakan untuk menggabungkan link di bio media sosial adalah Linkin bio. Sama seperti ketiga aplikasi sebelumnya, Linkin bio dapat digunakan secara gratis dan dilengkapi dengan fitur analitik.

4. Milkshake.app

Milkshake app juga salah satu aplikasi untuk menambahkan lebih dari satu link di bio TikTok yang banyak digunakan. Selain TikTok, pengguna media sosial seperti Instagram juga banyak menggunakan aplikasi satu ini.

Ada berbagai template yang tersedia di Milkshake app dan dapat kamu pilih sesuai keinginan. Kamu dapat menggunakannya untuk membuat tampilan link menjadi lebih menarik dan profesional. 

Kamu dapat menggunakan Milkshake secara gratis tanpa batas link untuk menunjang bisnis atau personal branding kamu.

5. Swipop

Rekomendasi aplikasi yang terakhir adalah Swipop. Ini merupakan salah satu tools yang dapat digunakan untuk menggabungkan berbagai link menjadi satu tautan di bio TikTok.

Terkait:  Cara Live di TikTok Tanpa 1000 Followers

Dengan tautan tersebut, kamu dapat menampilkan berbagai link, seperti toko online, merek bisnis, produk layanan, dan banyak lainnya ke dalam satu kali klik di bio.

Tidak Bisa Menambahkan Link di Bio TikTok

Apabila kamu mengalami hal demikian, ada beberapa kemungkinan yang terjadi, diantaranya:

  • Akun TikTok kamu belum memenuhi syarat dan ketentuan untuk menambahkan link di bio. Sebab, untuk dapat menambahkan link di bio TikTok, kamu harus memiliki akun yang telah diverifikasi atau jumlah pengikut yang lumayan banyak.
  • Kemungkinan lainnya adalah kamu belum memperbarui aplikasi TikTok ke versi terbaru. Karena belum di-update, beberapa fitur mungkin tidak tersedia pada versi lama.
  • Terdapat masalah dengan koneksi internet atau server TikTok. Jika terdapat masalah dengan koneksi internet atau server TikTok, kamu mungkin saja tidak dapat menambahkan link di bio.
  • Sebelumnya, kamu telah mencoba menambahkan link di bio dan TikTok menganggapnya sebagai tindakan yang berulang. TikTok mungkin memblokir pengguna yang terlalu sering mencoba menambahkan link di bio, sehingga memerlukan waktu untuk bisa kembali menambahkan link di bio.
  • Adanya kesalahan teknis pada aplikasi TikTok juga bisa menjadi salah satu penyebab tidak bisa menambahkan link di bio. Jika semua cara sudah dicoba dan tetap tidak berhasil, maka kemungkinan terjadi kesalahan teknis pada aplikasi TikTok. Kamu dapat mencoba menghubungi Customer Service TikTok untuk membantu menyelesaikan kendala yang sedang dihadapi.

Demikian informasi lengkap terkait cara menambahkan link di bio TikTok tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi. Mudah sekali, bukan?

Related posts