Cara Membersihkan Layar Laptop (7 Langkah) Benar dan Efektif

Cara Membersihkan Layar Laptop
Cara Membersihkan Layar Laptop

PindahLubang.com | Laptop sudah menjadi sebuah barang yang membutuhkan perawatan khusus lho. Layar termasuk bagian penting yang tidak bisa disepelekan, di mana bagian ini punya fungsi vital saat digunakan. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara membersihkan layar laptop dengan benar dan mudah.

Tak dapat dimungkiri banyak orang masih asal-asalan melakukannya lho. Jangan heran kalau proses pembersihan yang salah, biasanya membuat kualitas dan performa layar semakin menurun bahkan nyaris rusak total lho.

Read More

Jika kamu mempunyai laptop yang layarnya sangat kotor karena debu, cara bersihkan layar laptop dengan benar sebetulnya tidak sulit dilakukan. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana, asalkan pelan-pelan dan teliti. Kami akan membantumu untuk melakukannya melalui pembahasan artikel ini.

Cara Membersihkan Layar Laptop

Cara Membersihkan Layar Laptop
Cara Membersihkan Layar Laptop

Seperti kami sebutkan bahwa cara bersihkan layar laptop dengan benar dan mudah bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Kamu bisa memanfaatkan beberapa benda sederhana, agar layarnya dapat bersih seperti baru.

Pemilik laptop mana pun memang sangat dianjurkan untuk membersihkan layarnya secara berkala, paling tidak sepekan sekali. Tujuan utamanya bukan sekadar menjaga tampilan tetap bersih dan rapi, melainkan menjaga kualitasnya agar tampilannya dapat lebih jelas dan tidak buram.

Cara Membersihkan Layar Laptop dengan Benar

Jangan khawatir kalau layar laptop kamu berdebu atau kotor. Pasalnya, cara bersihkan layar laptop sekarang dapat kamu lakukan lewat langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Matikan Laptop

Cara bersihkan layar laptop dengan benar adalah mematikan perangkatnya terlebih dulu. Kamu bisa mencabut kabel daya dari stop kontak, sehingga proses pembersihannya dapat berjalan lancar dan guncangan apa pun tidak akan menimbulkan kerusakan.

Terkait:  Cara Gadai Laptop di Pegadaian

Langkah 2: Ketahui Jenis Layar Laptop

Kamu pun harus mengetahui jenis layar laptop yang digunakan lho. Tak dapat dimungkiri bahwa setiap merk laptop punya jenis layar berbeda. Bagi kamu yang menggunakan laptop berjenis layar LED atau LCD, pastikan proses pembersihannya dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak piksel nya.

Langkah 3: Jangan Menggunakan Larutan Abrasif

Cara bersihkan layar laptop dengan benar berikutnya adalah tidak boleh menggunakan larutan abrasif, misalnya hidrogen peroksida, pembersih semprot serba guna dan cairan yang mengandung pemutih. Hal ini dikarenakan cairan tersebut dapat merusak permukaan layar laptop kamu lho.

Langkah 4: Pakai Kain Mikrofiber

Kamu harus menggunakan kain mikrofiber saat membersihkan layar laptop. Pasalnya, kain ini terbuat dari 80% bahan polyester dan 20% polyamide. Jangan lupa memilih jenis kain yang berbahan dasar serat halus, lalu hindari penggunaan kaos, handuk maupun handuk kertas yang rentan merusak layar.

Langkah 5: Jangan Semprot Layar

Cara bersihkan layar laptop dengan benar selanjutnya adalah jangan langsung menyemprot cairan pembersih ke permukaan layar. Pasalnya, kondisi tersebut dapat mengakibatkan layar cepat rusak. Kamu dapat menyempotnya ke kain mikrofiber untuk diusap secara perlahan.

Langkah 6: Pahami Teknik Membersihkan

Tak sedikit orang masih membersihkan layar laptop nya asal-asalan, bahkan kamu sendiri. Jangan pernah membersihkan layarnya secara memutar atau berbentuk lingkaran. Gerakan memutar justru dapat meninggalkan goresan, sedangkan kamu bisa membersihkannya dengan membentuk huruf Z.

Langkah 7: Jangan Digosok

Cara bersihkan layar laptop dengan benar yang terakhir adalah jangan pernah menggosok layarnya sembarangan. Kamu cukup mengusapnya secara perlahan dan lembut, tidak boleh digosok terlalu kasar.

Jangan menghilangkan seluruh kotoran pada permukaan layar laptop kamu dengan asal-asalan lagi. Cara membersihkan layar laptop di atas adalah solusi jika kamu sulit melakukannya, apalagi kalau bagian tersebut cukup sensitif dan berjenis LCD atau LED. Semoga bermanfaat!

Terkait:  Cara Cleaning Printer HP

Related posts