Cara Melacak HP Oppo dengan IMEI

Cara Melacak HP Oppo dengan IMEI

Cara melacak HP Oppo dengan IMEI adalah salah satu alternatif terbaik untuk bisa menemukannya. HP yang tidak diketahui keberadaannya atau hilang bisa dilacak melalui IMEI.

Setiap perangkat handphone yang didistribusikan secara resmi pasti dibekali dengan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity). IMEI ini terdiri dari 15 digit nomor unik yang ada pada masing-masing HP. IMEI tidak dapat diubah ataupun dihilangkan karena merupakan sertifikat identitas handphone.

Read More

Melacak keberadaan HP juga bisa dilakukan melalui IMEI. Sebab, saat handphone menggunakan jaringan tertentu untuk menerima atau melakukan panggilan hingga menerima atau mengirim pesan, maka nomor IMEI akan terpancar dan dapat dilacak keberadaannya.

Lantas, bagaimana cara melacak keberadaan HP Oppo dengan IMEI? Inilah tutorial selengkapnya.

Cara Melacak HP Oppo dengan IMEI

Cara Melacak HP Oppo dengan IMEI
Cara Melacak HP Oppo dengan IMEI

IMEI dapat digunakan untuk mengetahui keberadaan HP Oppo dengan memanfaatkan GPS dan jaringan internet. Akan tetapi, HP Oppo sebenarnya tidak dibekali fitur khusus dan hanya dapat memanfaatkan layanan Google Find My Device. Tanpa adanya aplikasi tambahan, kamu bisa melacak keberadaan HP dengan memanfaatkan layanan Google tersebut.

Semua informasi data lokasi tidak dapat terhapus ketika Google Find My Device diaktifkan, tapi riwayat terakhir masih bisa dibaca meski HP dalam kondisi mati. 

Cara Melacak HP Oppo Lewat Google Find My Device

Ketika Google Find My Device diaktifkan, kamu bisa langsung mengetahui lokasi HP terkini. Selain menemukan lokasinya, kamu juga dapat mengunci perangkat dan menghapusnya dalam jarak jauh. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser dan klik link android.com/find, lalu masuk menggunakan akun Google.
  • Pada layar akan muncul seri HP Oppo, status baterai, hingga perkiraan lokasinya.
  • Gunakan Google Maps untuk navigasi ke lokasi dimana HP Oppo berada.
Terkait:  Cara Tahu Nomor ShopeePay (2 Metode), Cepat dan Mudah

Kamu juga dapat memilih beberapa fitur pada Google Find My Device, seperti:

  1. Putar Suara: berfungsi untuk membuat HP berbunyi selama kurang lebih 5 menit.
  2. Amankan perangkat: berfungsi untuk mengunci perangkat.
  3. Hapus Perangkat: berfungsi untuk menghapus data yang ada pada perangkat (HP Oppo).

Cara Mengetahui Keberadaan HP Oppo dengan Aplikasi Pelacak IMEI

Cara lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi pelacak IMEI yang bisa diunduh secara gratis, diantaranya adalah Where’s My Droid, Prey Anti-Theft, , CrookCatcher, Cerberus Anti-Theft, dan lainnya.

Cara menggunakan aplikasi tersebut untuk melacak HP lewat IMEI adalah dengan menginstalnya terlebih dahulu. Selanjutnya, jalankan aplikasi dan masukkan IMEI HP Oppo kamu. Aplikasi akan melacak secara otomatis lokasi HP Oppo terkini meskipun kondisi baterai lemah sekalipun.

Cara Cek IMEI Oppo

Untuk melihat IMEI HP Oppo, kamu bisa menggunakan beberapa cara, yaitu:

  1. Lihat ke box bawaan saat membeli HP. Pada kardus kemasan tersebut akan tercantum stiker IMEI.
  2. Cek IMEI lewat tombol nomor. Apabila box HP sudah hilang atau tidak dapat dilihat, kamu bisa coba cara satu ini. Pada tombol nomor panggilan, ketik kode *#06#. Namun, kamu tidak perlu menekan tombol panggil setelah memasukkan nomor tersebut karena nantinya IMEI HP akan ditampilkan pada layar.
  3. Cek IMEI melalui menu Settings atau Pengaturan HP Oppo. Kamu bisa membuka menu Pengaturan/ Settings, lalu pilih About phone atau Tentang Telepon. Selanjutnya, kamu bisa melihat informasi nomor IMEI Oppo pada layar.

Demikian beberapa cara melacak HP Oppo dengan IMEI lengkap dengan bagaimana cara cek IMEI Oppo. Semoga membantu!

Terkait:  Cara Parkir Mobil

Related posts