Home » BRI » Cara Daftar SMS Banking BRI

Cara Daftar SMS Banking BRI

Bagaimana cara daftar SMS Banking BRI? Sudah bisakah kamu melakukan cara transfer sms banking bri dan cara cek saldo sms banking bri? Kini kebanyakan orang memanfaatkan ponsel untuk berbagai kebutuhan, yang paling populer salah satunya ialah aplikasi chatting seperti BBM, Line, Whasapp, dan lain sebagainya.

Akan tetapi tetap saja sebagian orang memanfaatkan fitur lama bernama SMS. Meskipun terkesan jadul, namun fitur ini masih tetap eksis terutama untuk penggunaan transaksi perbankan berbentuk SMS Banking.

Apa itu SMS Banking BRI?

SMS Banking BRI ialah sejenis aplikasi berbasis e-banking / Internet Banking yang saat ini masih populer dan dimanfaatkan oleh Bank BRI untuk memberikan kemudahan transaksi perbankan para penggunanya. Pada dasarnya SMS Banking ini digunakan untuk memudahkan para nasabah melakukan transaksi perbankan tanpa melalui ATM atau teller di bank.

Melalui SMS Banking BRI ini, kita dapat melakukan berbagai transaksi seperti pembayaran tagihan listrik, pengecekan saldo, transfer, membeli pulsa, dan transaksi lainya. Jadi bisa disimpulkan bahwa  meskipun sudah ketinggalan zaman, tapi fitur dan layanan SMS Banking BRI tetap memberikan kemudahan sebab dirasa lebih praktis, cepat dan mudah.

SMS Banking sendiri dapat diakses dengan dua cara, diantaranya sebagai berikut :

  1. Cara pertama yaitu lewat SMS pada umumnya. Cukup dengan mengetikkan pesan berbentuk kode tertentu tergantung transaksi perbankan yang ingin kita lakukan lalu kirimkan pesan tadi ke nomor yang sudah disediakan. Misalnya, apabila kita ingin melakukan transfer, cukup mengetikkan rekening asal, rekening tujuan, nominal transfer lalu password.
  2. Cara kedua yaitu lewat SMS Toolkit melalui menu yang tersedia pada SIM Card, biasanya tergantung dari provider yang digunakan. Setiap provider sendiri memiliki menu layanan SMS Banking berbeda. Jadi, nasabah harus melakukan pendaftaran ke bank agar dapat memperoleh password untuk mengakses layanan tersebut.

Kenapa Tidak Bisa SMS Banking BRI?

Ada kalanya layanan SMS Banking BRI tidak bisa digunakan. Ada beberapa alasan kenapa SMS Banking BRI terjadi kegagalan, diantaranya transfer melebihi jumlah limit transaksi, atau bisa juga dikarenakan kita salah mengetikkan PIN.

Bagaimana Cara Mendaftar SMS Banking?

Bagi kamu yang ingin mengaktifkan layanan SMS Banking BRI, Kami akan bagikan cara daftar SMS Banking BRI dengan tutorial mudah di bawah ini!

Cara Daftar SMS Banking BRI

Cara Daftar SMS Banking BRI

Daftar SMS Banking BRI

Untuk dapat menikmati layanan SMS Banking dari BRI, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Diantaranya yakni harus melakukan registrasi SMS Banking BRI kemudian aktivasi layanan. Bagaimana langkah-langkahnya secara lebih detail? Akan dijelaskan pada paragraf berikut ini.

Daftar SMS Banking BRI Melalui Kantor Cabang

Caranya:

  • Datangi kantor cabang BRI terdekat dari lokasimu saat ini.
  • Masuklah dan ambil nomor antrian. Jika ditanya satpam, sampaikan keperluanmu kemudian akan diberikan sebuah formulir.
  • Isi formulir aplikasi permohonan registrasi SMS Banking dan melampiri fotokopi KTP yang masih berlaku, serta fotokopi kartu ATM BRI.
  • Setelah antrian dipanggil, berikan formulir beserta semua persyaratan kepada customer service.
  • Ikuti saja arahan yang diberikan Customer Service untuk mengaktifkan layanan SMS Banking BRI.
  • Selesai. SMS Banking BRI kamu sudah aktif dan dapat langsung digunakan.

Daftar SMS Banking BRI Melalui ATM

Caranya:

  • Datangi ATM BRI terdekat.
  • Masukan kartu ATM BRI ke mesin ATM.
  • Masukkan PIN ATM BRI kamu.
  • Pilih dan tekan menu Transaksi Lain.
  • Pilih dan tekan menu Registrasi.
  • Akan muncul menu SMS Banking, pilih menu tersebut.
  • Selanjutnya akan diarahkan untuk membuat PIN sebanyak 6 digit. PIN tersebut boleh berbeda dengan PIN ATM.
  • Pilih PIN yang mudah dihafal (sebaiknya hindari penggunaan tanggal lahir dan sejenisnya karena mudah ditebak).
  • Setelah selesai, akan keluar struk berisi informasi bahwa kamu berhasil mendaftar.

Cara Penggunaan Layanan SMS Banking BRI

Setelah mendaftar layanan SMS Banking BRI, tentu awal mulanya kita bingung bukan? Gimana sih cara memakai layanan SMS Banking BRI untuk bertransaksi? Tenang, berikut panduan untuk menggunakan layanan SMS Banking BRI.

1. Transfer ke Sesama Rekening BRI

Caranya:

Ketik SMS dengan format: TRANSFER <spasi> BRI (rekening tujuan) <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
Kirim Ke: 3300

2. Transfer ke Bank Lain

Caranya:

Ketik SMS dengan format: TRANSFER <spasi> KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
Kirim Ke: 3300

3. Cara Cek Saldo SMS Banking BRI

Caranya:

Ketik SMS dengan format: SALDO <spasi> PIN
Kirim Ke: 3300

4. Cara Beli Pulsa Token PLN SMS Banking BRI

Caranya:

Ketik SMS dengan format: BELI <spasi> PLNPRE <spasi> ID PLN <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
Kirim Ke: 3300

5. Cara SMS Banking BRI Isi Pulsa

Caranya:

Ketik SMS dengan format: PULSA <spasi> HP <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
Kirim Ke: 3300

Keuntungan dan Manfaat SMS Banking BRI

Mungkin satu diantara kamu masih ada yang belum tau apa saja sih manfaat dan keuntungan yang didapatkan dengan memakai layanan SMS Banking BRI? Beberapa kelebihan dan manfaat dari layanan SMS Banking BRI yakni:

  • Mendukung Berbagai Jenis Handphone
  • Mudah Digunakan
  • Mudah Diakses

Jika masih ada kesulitan kamu bisa menghubungi Call Center BRI di nomor 14017 / 1500017. Atau melalui email ke callbri@bri.co.id.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai beragam cara daftar SMS Banking BRI dengan metode termudah yang dapat digunakan. Jangan lupa untuk selalu membagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu setelah membaca dan mendapatkan manfaatnya. 😉 Nantikan update artikel menarik yang tak kamu ketahui setiap hari ya bangs! Hanya di web PindahLubang.com!