Cara Menonaktifkan Mode Terbatas YouTube

Cara Menonaktifkan Mode Terbatas YouTube
Cara Menonaktifkan Mode Terbatas YouTube

Saat YouTube diatur pada mode terbatas atau restricted mode, beberapa konten yang berpotensi vulgar akan difilter secara otomatis sehingga tidak akan muncul pada beranda atau rekomendasi video. Untuk menonaktifkan mode terbatas YouTube, caranya sangat mudah. Lantas, bagaimana cara menonaktifkan mode terbatas YouTube? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Menonaktifkan Mode Terbatas YouTube

Cara Menonaktifkan Mode Terbatas YouTube
Cara Menonaktifkan Mode Terbatas YouTube

YouTube merupakan platform video streaming terbesar dengan berbagai jenis konten yang bisa dipilih dan diakses oleh pengguna secara gratis. Namun, beberapa konten mungkin saja tidak cocok untuk beberapa pengguna, seperti anak-anak. Oleh karena itu, YouTube menyediakan fitur Mode Terbatas atau Restricted Mode.

Read More

Mode Terbatas adalah fitur pengaturan pada YouTube yang dapat membatasi konten tertentu untuk ditampilkan pada website maupun aplikasi YouTube. Ketika Mode Terbatas diaktifkan, beberapa konten mungkin tidak tersedia dan tidak dapat diakses oleh pengguna. Misalnya, konten yang berisi tindak kekerasan, konten vulgar, atau konten yang mengandung bahasa kasar mungkin dibatasi atau diblokir sepenuhnya.

Ketika Mode Terbatas diaktifkan, pengguna dapat melihat notifikasi yang menyatakan bahwa beberapa hasil pencarian atau konten tidak tersedia karena Mode Terbatas diaktifkan. Notifikasi ini juga akan muncul saat pengguna mencoba mengakses video atau saluran tertentu yang mungkin dibatasi oleh Mode Terbatas.

Jika kamu merasa tidak bisa bebas memilih dan menonton konten YouTube favorit kamu saat Mode Terbatas diaktifkan, kamu bisa mengaturnya menjadi nonaktif. Berikut tutorialnya!

Terkait:  Cara Menonaktifkan ShopeePay

Cara Menonaktifkan Mode Terbatas YouTube di PC

Berikut adalah langkah-langkah menonaktifkan Mode Terbatas YouTube di PC, antara lain:

  • Buka alamat website youtube.com, dan login ke akun milikmu.
  • Selanjutnya, pilih ikon рrоfіlе YоuTubе yang ada di роjоk kanan atas. 
  • Ketuk opsi Mоdе Tеrbаtаѕ: Aktif pada bаgіаn раlіng bawah layar.
  • Klik tombol Nоnаktіfkаn Mode Terbatas dan halaman akan dimuat ulang sehingga kamu dapat kembali mengakses semua konten di YouTube.

Jika kamu ingin kembali mengaktifkan Mode terbatas, maka ulangi cara yang sama dan klik slider Aktifkan Mode Terbatas.

Cara Menonaktifkan Mode Terbatas YouTube di Android

Sebenarnya cara menonaktifkan di PC atau Android kurang lebih sama mungkin tampilannya saja yang sedikit berbeda antara website dan aplikasi di HP. Namun, pada dasarnya sama saja. Jika kamu masih ingin tahu bagaimana cara melakukannya, berikut langkah-langkah yang diperlukan:

  • Buka aplikasi YouTube di HP Android.
  • Kemudian, klik ikon profil di pojok kanan atas layar.
  • Pilih opsi Pengaturan dari menu drop-down, lalu klik menu General.
  • Scroll ke bawah hingga kamu menemukan opsi Mode Terbatas atau Restricted Mode, dan klik opsi ini.
  • Lalu klik tombol Nonaktifkan untuk menonaktifkan Mode Terbatas.
  • Kini Mode Terbatas telah berhasil dinonaktifkan dan kamu bisa menikmati semua konten yang disajikan YouTube tanpa dibatasi.

Menonaktifkan atau mengaktifkan Mode Terbatas memang ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan menonaktifkan Mode Terbatas adalah pengguna dapat mengakses seluruh konten yang tersedia di platform YouTube tanpa pembatasan konten yang ditentukan oleh Mode Terbatas. 

Dengan menonaktifkannya, kamu dapat mencari, menonton, dan berinteraksi dengan konten dari berbagai genre, bahasa, atau lainnya tanpa batasan. Hal ini sangat penting terutama bagi pengguna yang membutuhkan akses ke konten tertentu untuk keperluan pendidikan, hiburan, atau pekerjaan.

Terkait:  Cara Mengganti Nama Youtube

Namun, penting untuk diingat bahwa beberapa konten di YouTube mungkin tidak sesuai dengan semua pengguna, terutama anak-anak. Jadi, orang tua dan wali masih perlu memantau penggunaan YouTube anak-anak mereka dan memastikan bahwa mereka hanya menonton konten yang pantas untuk usia mereka.

Itulah langkah-langkah cara menonaktifkan mode terbatas YouTube di PC maupun Android. Tidak sulit, bukan?

Related posts