Cara Mengaktifkan Facebook yang Dinonaktifkan

Cara Mengaktifkan Facebook yang Dinonaktifkan 
Cara Mengaktifkan Facebook yang Dinonaktifkan 

Sedang bingung mengapa akun kamu dinonaktifkan oleh Facebook atau justru kamu nonaktifkan sendiri tapi tidak mengerti cara mengembalikannya? Tenang! Cara mengaktifkan Facebook yang dinonaktifkan bisa kamu ketahui secara detail lewat artikel berikut.

Cara Mengaktifkan Facebook yang Dinonaktifkan 

Cara Mengaktifkan Facebook yang Dinonaktifkan 
Cara Mengaktifkan Facebook yang Dinonaktifkan

Meskipun banyak platform media sosial baru bermunculan, Facebook masih jadi pilihan banyak orang.  Menurut We Are Social, pengguna aktif Facebook per Januari 2023 sekitar 1,98 miliar. Namun, jumlah tersebut diperkirakan turun hingga 6% dari tahun sebelumnya. 

Read More

Baik dinonaktifkan sendiri maupun dari Facebook, akun kamu tetap bisa dikembalikan. Lalu, bagaimana cara mengembalikan akun Facebook yang sudah dinonaktifkan? Ikuti tutorial lengkapnya berikut ini.

Cara Mengaktifkan Akun yang Dinonaktifkan Facebook

Apabila akun kamu dinonaktifkan oleh Facebook maka ada beberapa syarat yang harus disiapkan, seperti kartu identitas KTP, Paspor, SIM, Kartu Pelajar, atau lainnya. Sebab, Facebook akan memverifikasi data untuk memastikan apakah akun kamu adalah asli atau spam. 

Umumnya, pengguna yang mengalami penonaktifan akun dari Facebook dikarenakan melanggar ketentuan dan kebijakan. Jika tidak merasa melanggar kebijakan Facebook, maka kamu bisa mengajukan untuk mengembalikan akun tersebut.

Apabila kamu merasa tidak melanggar kebijakan atau melakukan suatu kesalahan, maka kamu bisa melaporkan permasalahan ini ke pihak Facebook. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser di laptop atau komputer. Sebenarnya bisa lewat HP, tapi disarankan untuk menggunakan PC.
  • Selanjutnya, akses pusat bantuan Facebook dengan klik alamat id.facebook.com/help/contact/260749603972907.
  • Lalu, akan muncul sebuah form yang harus kamu isi.
  • Pilih untuk mengisi dengan email atau nomor telepon, ketuk salah satu.
  • Masukkan nama yang digunakan sebagai akun Facebook. Nama tersebut bukan nama asli di KTP melainkan nama yang dipakai pada akun Facebook. Namun, jika kamu menggunakan nama asli untuk akunmu, berarti itu yang harus dimasukkan.
  • Langkah selanjutnya adalah mengunggah foto kartu identitas. Pastikan foto yang diunggah terlihat jelas. Kartu identitas bisa berupa KTP, SIM, kartu pelajar, atau paspor. Apabila foto yang kamu unggah ditolak Facebook, coba saja upload hasil scan kartu identitas.
  • Jika form sudah terisi, tekan tombol Kirim.
  • Setelah itu, Facebook akan melakukan peninjauan penonaktifan akun FB kamu. Kamu akan mendapatkan balasan antara 1 hingga 3 jam setelah mengirimkan form. Jika dari peninjauan tersebut ternyata akun kamu aman, maka akun kamu akan segera diaktifkan kembali.
  • Selanjutnya pihak Facebook akan meninjau ulang proses penonaktifan akun FB milikmu. Facebook akan mengirim balasan dari facebook kurang lebih 1 hingga 3 jam setelah email berhasil terkirim. Apabila dianggap aman, maka Facebook akan mengaktifkan kembali akun Facebook milikmu.
  • Kemudian, kamu dapat login menggunakan username dan password Facebook yang biasa digunakan. Tidak sedikit pengguna yang membuat FB dengan nama alias, bukan nama asli seperti di KTP, ijazah, kartu pelajar, atau lainnya. 
  • Nah, biasanya Facebook akan menyarankan untuk mengubah nama sesuai yang tercantum pada kartu identitas. Kamu bisa mengubahnya atau tetap dengan nama alias (bebas memilih). Namun, untuk kelancaran dan keamanan proses pengembalian akun apabila ada pemblokiran atau hacking, maka sebaiknya menggunakan nama sesuai di kartu identitas.
  • Jika memilih mengubah nama lengkap asli, tekan Perbarui Nama. Selesai.
Terkait:  Cara Menonaktifkan Komentar di FB Lewat HP dan PC, Cepat dan Mudah

Cara Mengaktifkan Akun Facebook yang Dinonaktifkan Sendiri

Sementara itu, cara mengaktifkan akun FB yang kamu nonaktifkan sendiri sangatlah mudah. Kamu hanya perlu login kembali ke Facebook dengan memasukkan username serta password seperti biasa.

Pastikan bahwa kamu mempunyai akses ke nomor telepon atau email yang digunakan login. Apabila lupa password, silakan meminta kata sandi baru.

Itulah cara mengaktifkan Facebook yang dinonaktifkan sendiri maupun oleh pihak Facebook. Semoga membantu!

Related posts