Cara Cek Porsi Haji dan Umrah (2 Metode), Dijamin Akurat!

Cara Cek Porsi Haji
Cara Cek Porsi Haji

PindahLubang.com | Indonesia merupakan negara dengan jumlah penganut agama Islam terbanyak di dunia, serta mendapatkan kuota haji sebanyak 221 ribu jemaah pada tahun 2023. Jika kamu sedang menantikan giliran untuk pergi ke Tanah Suci, cara cek porsi haji wajib diketahui.

Siapa saja yang sudah mendaftarkan diri sebagai calon jemaah haji harus melakukannya, sehingga kamu dapat memastikan kapan waktu pasti untuk menginjakkan kaki di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi untuk menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut.

Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menegaskan bahwa jumlah kuota jemaah haji Indonesia adalah sebanyak 203.320 orang jemaah (haji reguler) dan 17.680 jemaah (haji khusus), sedangkan kamu sebagai salah satu yang terkait harus tahu cara mengecek porsi haji dengan akses aplikasi atau situs resminya.

Cara Cek Porsi Haji

Cara Cek Porsi Haji
Cara Cek Porsi Haji

Umat Islam mana pun ditekankan untuk melakukan rukun Islam yang kelima dengan menunaikan ibadah haji, asalkan mampu secara finansial dan fisik. Jika kamu ditunjuk sebagai salah satu tamu yang akan datang ke rumah Allah SWT, sebaiknya ketahui cara mengecek porsi haji dengan benar.

Calon jemaah haji memang dianjurkan memeriksanya untuk mengetahui kapan waktu tepat untuk bertolak ke Tanah Suci, Mekah. Jika kamu sudah tahu waktunya, maka bisa menyiapkan diri semaksimal mungkin guna ibadah khusyuk dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Cara Cek Porsi Haji Lewat Situs Resmi Kemenag

Kamu bisa mengetahui waktu keberangkatan ke Tanah Suci dengan cara cek porsi haji lewat situs resmi Kemenag. Berikut langkah-langkahnya yang dapat dilakukan secara cepat dan mudah, yakni:

Terkait:  Cara Beli Masa Aktif Telkomsel

Langkah 1: Akses Situs Resmi Kemenag

Cara mengecek porsi haji yang pertama adalah akses situs resmi Kemenag via www.haji.kemenag.go.id/v4/ melalui peramban browser HP atau PC kamu. Website ini adalah acuan sekaligus sumber informasi tentang berita dan jadwal keberangkatan umrah maupun haji di Indonesia.

Langkah 2: Pilih Menu Perkiraan Berangkat

Pada halaman utama, cara mengecek porsi haji berikutnya adalah memilih menu Perkiraan Berangkat dan tunggu beberapa saat sampai muncul halaman selanjutnya. Tugasmu adalah memasukkan nomor porsi ke kolom pencarian yang tersedia.

Langkah 3: Klik Cari

Cara mengecek porsi haji selanjutnya adalah menekan tombol Cari jika nomor porsi sudah dimasukkan dengan benar. Selain itu, proses pemindaian atau pencariannya tidak butuh waktu lama, pastikan koneksi internet lancar dan stabil.

Langkah 4: Cek Porsi Haji

Cara mengecek porsi haji yang terakhir adalah tunggu beberapa saat sampai Kemenag memberikan informasi tentang estimasi keberangkatan dengan melampirkan nomor porsi, nama, kabupaten atau kota, provinsi, posisi porsi dan kuota pada wilayah masing-masing dan perkiraan berangkat pada tahun hijriah atau masehi.

Cara Cek Porsi Haji Lewat Aplikasi Pusaka

Jika kamu tidak sempat mengakses situs resmi Kemenag, cara mengecek porsi haji lewat aplikasi Pusaka pun dapat dilakukan dengan mudah lho. Simak panduannya yang wajib kamu tahu di bawah ini:

  • Download aplikasi Pusaka via Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone).
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi.
  • Registrasi dengan menggunakan data diri yang valid.
  • Pada halaman utama, tekan tombol Islam.
  • Pilih menu Layanan Haji dan Umrah.
  • Klik Estimasi Keberangkatan.
  • Kemudian, masukkan nomor porsi ke kolom pencarian.
  • Klik Cari Nomor Porsi.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai Kemenag memberikan informasi tentang estimasi keberangkatan sesuai dengan nomor porsi, nama, kabupaten atau kota hingga perkiraan keberangkatan pada tahun hijriah dan masehi.
Terkait:  Cara Cek Pemakaian Pulsa Telkomsel (6 Metode), Ampuh!

Demikian pembahasan lengkap tentang cara cek porsi haji lewat aplikasi dan situs resmi Kemenag yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Related posts